x

Iklan

Maydelin Tandipuang

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Mahasiswa Teknik Elektro UPH Juara Lomba Sumo Robo

Mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Elektro Universitas Pelita Harapan Juara 3 Lomba Sumo Robo Kategori 3 Kg dalam TECH-INFINITY 2018

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pertama kali mengikuti lomba dan langsung meraih juara. Itulah yang dialami oleh tiga mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Elektro Universitas Pelita Harapan (UPH), Budi Khusnandar, Josavan Ezekhiel Taniara, dan Louise Hotnida Ann. Mereka berkelompok dalam membuat robot sumo bernama Nyan Cat yang menjadi Juara 3 Lomba Sumo Robo Kategori 3 Kg dalam TECH-INFINITY 2018 yang diadakan oleh BINUS ASO School of Engineering, Tangerang, pada 15-17 November 2018.

 

Dalam lomba ini, terdapat dua kategori yang dipertandingkan, yaitu Sumo Robo 1 Kg dan 3 Kg. Sebanyak 12 tim dari tingkat universitas dan Sekolah Menengah Atas (SMA) bertanding di kategori 3 Kg. Tiap tim diundi untuk saling bertanding. Pada lomba yang baru pertama kali diadakan ini, tim dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) berhasil meraih juara 1 dan 2.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

“Sebenarnya kami memiliki tipe robot yang sama, tapi mereka memiliki motor penggerak yang lebih bagus karena lebih mahal biaya pembuatannya. Kami terbatas dalam biaya karena memakai biaya sendiri dan bantuan juga dari prodi,” terang Budi.

 

Hal ini membuat Ketua Prodi Teknik Elektro UPH, Dr. Ir. Henri P. Uranus, M.T., beranggapan positif.

 

“Padahal mereka baru pertama kali ikut lomba, dan persiapannya dalam waktu singkat. Lawannya juga tidak sembarangan karena memakai motor yang mahal. Di tengah keterbatasan dan kendala yang mahasiswa hadapi, malah mereka bisa meraih juara 3 dan ada 1 tim lainnya yang berhasil masuk final juga. Itu sudah sangat membanggakan. Jadi saya ucapkan selamat kepada semua tim beserta dosen pembimbing mereka, Dr. Eng. Endrowednes Kuantama S.T., M.Eng.,” ujar Henri.

 

Selain Budi, Ezekhiel, dan Louise, Prodi Teknik Elektro UPH juga mengirim lima tim lainnya untuk berlaga dalam lomba ini. Dalam waktu dua minggu, mereka membuat total enam buah robot. Ini bukan perkara yang mudah, mengingat mereka juga harus tetap mengikuti perkuliahan seperti biasa. Tak pelak selama dua minggu itu mereka membuat robot sampai malam dan bahkan menginap di Ruang Workshop Teknik Elektro UPH.

 

“Waktu yang singkat sebenarnya termasuk salah satu kendala bagi kami, tapi karena prosesnya dinikmati, jadi bisa memberikan pengalaman yang tidak terlupakan. Apalagi kami bisa mendapat tambahan ilmu dan skill selama proses pengerjaannya, juga belajar menyusun taktik yang baik untuk memenangkan pertandingan,” ungkap Ezekhiel.

 

Pengalaman menarik dialami juga oleh Louise. Sebagai satu-satunya perempuan dalam keseluruhan tim yang ikut serta, ia mengaku tak mendapat hambatan berarti.

 

“Saya mendapat experience baru dengan ikut bersama-sama membuat robot untuk lomba ini. Jadi teori yang telah didapatkan dalam bangku perkuliahan, contohnya pada mata kuliah Teknik Tenaga Listrik, bisa saya aplikasikan. Meski tidak bisa ikut menginap bersama teman-teman, tapi saya ikut mengerjakan robot itu sampai malam. Padahal sebelumnya saya tidak pernah pulang malam, jadi ini pengalaman yang seru,” ungkap Louise.

Ke depannya, para mahasiswa ini tertarik mengikuti lomba membuat sesuatu yang baru dan memiliki hak paten, seperti lomba membuat drone. Keinginan tersebut juga didukung oleh Prodi Teknik Elektro UPH.

 

“Sejak dulu saya selalu mendorong mahasiswa untuk mengikuti bermacam-macam lomba, bukan hanya robot sumo. Yang perlu diingat adalah jangan lupa untuk mengerjakan kewajiban-kewajiban dalam perkuliahan,” tutup Henri. (it)

Ikuti tulisan menarik Maydelin Tandipuang lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terkini

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB