x

Iklan

willy windya

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Sayur Bayam Akan Beracun Jika Dipanaskan Kembali?

Bayam merupakan tumbuhan yang ditanam untuk tujuan dikonsumsi bagian daunnya. Tapi apakah benar Sayur Bayam Akan Beracun Jika Dipanaskan Kembali?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Faktaataumitos | Bayam merupakan tumbuhan yang ditanam untuk tujuan dikonsumsi bagian daunnya. Bayam sering sekali kita temui di Indonesia karena memang banyak yang menyukai sayuran tersebut. Selain memiliki rasa yang lezat, sayuran tersebut juga mengandung zat – zat yang tentunya bermanfaat bagi kesehatan tubuh seperti zat besi, fosfor, asam folat, dan kalsium. Dibalik manfaat yang diberikan saat mengkonsumsi sayur bayam tersebut ada pernyataan yang mengatakan bahwa mengkonsumsi bayam yang dipanaskan kembali kemungkinan akan menimbulkan racun. Tapi apakah pernyataan tersebut merupakan fakta? atau hanya mitos yang dibuat – buat saja? simak artikel ini sampai habis untuk mengethui jawabannya.

Benarkah Sayur Bayam Yang Dipanaskan Kembali Menyebabkan Racun?

Saat ini banyak sekali orang yang mempercayai pernyataan tersebut. Ini terjadi karena bayam memiliki kandungan yang bernama nitrat yang dikabarkan bahwa proses pemanasan kembali sayuran tersebut akan menjadikan kandungan nitrat tersebut menjadi racun yang berbahaya bagai tubuh kita. Nitrat yang kita konsumsi sebenarnya baik untuk tubuh kita karena dapat melemaskan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Jadi bisa kita pastikan bahwa pernyataan tentang memanaskan kembali sayuran bayam dapat menyebabkan racun merupakan sebuah mitos saja.

Bolehkah Memanaskan Sayur Bayam Kembali?

Sebenarnya memanaskan kembali sayuran bayam itu tidak berbahaya dan boleh saja dilakukan, tetapi harus dilakukan dengan benar supaya zat yang terkandung didalam bayam tidak hilang. Jika kamu ingin memanaskan kembali sayuran bayam cara yang baik cukup mudah kok, kamu hanya perlu memanaskan sayuran tersebut menggunakan api yang tidak terlalu besar dan tidak memanaskan terlalu lama.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Namun memang memanaskan kembali sayuran apapun tidak direkomendasikan, karena faktanya sayuran apapun yang dipanaskan kembali apalagi secara berkali – kali dapat menghilangkan zat gizi yang terkandung dalam sayuran tersebut. Jadi saat kamu mengkonsumsi sayuran yang dipanaskan kembali tersebut kamu tidak akan mendapatkan manfaat apapun. Hal tersebut disebabkan banyak zat gizi, vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayuran tidak terlalu tahan terhadap suhu yang tinggi maka dari itu pada saat proses pemanasan kembali sayuran bisa dipastikan kandungan tersebut perlahan – lahan akan menguap karena suhu yang tinggi.

Baca Juga : Benarkah Makanan Pedas Menjadi Penyebab Maag?

Itu saja pembahasan mengenai “Sayur Bayam Akan Beracun Jika Dipanaskan Kembali?”  yang telah kami sajikan untuk para pembaca. semoga dengan membaca artikel tersebut bisa bermanfaat bagi kamu dan orang sekitar kamu. jika kamu menyukai artikel tersebut maka kamu bisa share artikel tersebut agar saudara, teman kamu bisa mengetahui hal tersebut juga. ingin bertanya? tulisa saja di kolom komentar.

Source : faktaataumitos.com ( Blog Saya Sendiri ) 

Ikuti tulisan menarik willy windya lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu