x

Iklan

Muhammad Khairur Rasyid

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Esa Unggul Gelar Seminar Sosialisasi Tracer Study

Universitas Esa Unggul hari ini selasa menggelar Seminar Sosialisasi Tracer Study Dan Konseling Mahasiswa yang diadakan di ruang 207.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Esaunggul.ac.id, Universitas Esa Unggul hari ini selasa menggelar Seminar Sosialisasi Tracer Study Dan Konseling Mahasiswa yang diadakan di ruang 207, Universitas Esa Unggul Kebon Jeruk. Pembicara yang dihadirkan dalam Seminar Sosialisasi kali ini yakni Dr.drg. Sandra Fikawati, MPH., Ir. Ahmad Syafiq, M.Sc, Ph.D., Dra. Sulis Mariyanti, M.Si, P.si dan Devi R. Latif, S.I.Kom.

Hadir dalam acara seminar Sosialisasi tersebut yakni Rektor Universitas Esa Unggul Dr.Ir. Arief Kusuma, M.B.A memberikan sambutan. Dalam sambutannya, Arief mengatakan Tracer Study sangat penting dilakukan guna mengetahui kualitas dari lulusan sebuah Perguruan Tinggi. Selain itu, hasil yang didapatkan dalam tracer study ini dapat dijadikan acuan dalam proses akademik guna meningkatkan proses pembelajaran.

“Universitas Esa Unggul secara konsisten menggelar seminar dan sosialisasi Tracer Study untuk mengetahui kondisi alumni setelah lulus, bagaimana perkembanganya dan apakah yang mesti kita, sebagai pendidik yakni Perguruan Tinggi berbenah agar materi pembelajaran yang kita berikan berkorelasi dengan dunia kerja,” terang Arief di Universitas Esa Unggul, Jakarta Barat, Selasa (4/12).

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Arief pun mengatakan Salah satu upaya yang dapat diperbaiki oleh Perguruan Tinggi dari hasil Tracer Study berkaitan dengan kurikulum, Sistem perkuliahan yang diterapkan hingga pelatihan-pelatihan yang perlu dipersiapkan untuk mahasiswa yang nantinya bisa menjadi lulusan maupun alumni yang siap kerja.

Sementara dalam hal konseling. Arief menyoroti terkait peningkatan prestasi atau nilai yang didapatkan oleh para mahasiswa Esa Unggul khususnya mahasiswa yang memiliki masalah terkait akademik, keuangan maupun perilaku setelah melakukan konseling. Menurutnya, data konseling ini perlu dijadikan acuan, apakah pendekatan melalui Psikologi dapat efektif untuk mengatasi masalah yang dihadapi oleh para mahasiswa.

Dirinya pun berharap dari hasil Seminar dan Sosialisasi ini, Sivitas Esa Unggul terutama dosen, Kepala Program Studi, Dekan hingga kepala lembaga terkait dapat mengambil sejumlah masukan yang diberikan oleh para pembicara seminar dan sosialisasi Tracer Study dan Konseling. Karena dengan adanya masukan dari sejumlah pihak dalam acara ini, ke depannya mampu meningkatkan kulitas pendidikan dan pembelajaran di Esa Unggul.

“Saya berharap kita dapat memanfaatkan acara ini, sebagai tempat mendengar masukan yang disampaikan oleh para pembicara sehingga kita pun mengetahui kekurangan apa yang mesti diperbaiki agar lulusan dan mahasiswa kita butuhkan,” tutupnya.

 

Ikuti tulisan menarik Muhammad Khairur Rasyid lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Epigenesis

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Kembang Jepun

Oleh: Handoko Widagdo

Kamis, 15 Februari 2024 10:19 WIB

Terkini

Terpopuler

Epigenesis

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Kembang Jepun

Oleh: Handoko Widagdo

Kamis, 15 Februari 2024 10:19 WIB