x

Iklan

Bella Julianti

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Mendeteksi Ciri Kehamilan Sejak Dini

Kurangnya pengetahuan dalam mendeteksi ciri kehamilan adalah salah satu penyebab banyak wanita pesimis dengan dirinya sendiri dan mengira bahwa hamil bukan

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kehamilan adalah sebuah anugerah yang dinanti oleh setiap wanita yang sudah menikah. Karena tentunya, kita semua sepakat bahwa tujuan utama dari sebuah pernikahan adalah menghasilkan keturunan. Sayangnya, tidak semua wanita diberkahi dengan keberuntungan yang mudah untuk bisa mendapatkan kehamilan seperti yang telah di dambakan.

Kurangnya pengetahuan dalam mendeteksi ciri kehamilan adalah salah satu penyebab banyak wanita pesimis dengan dirinya sendiri dan mengira bahwa hamil bukanlah hal yang mudah untuk di dapatkan. Padahal, mendeteksi ciri hamil sejak dini akan membantu para ibu untuk mempersiapkan diri dan mental menjelang kehamilannya. Sebab hamil sendiri adalah sebuah proses dan perjalanan yang panjang.

Nah, maka dari itu mari simak beberapa ciri kehamilan yang penting untuk anda pahami. Agar demikian, asupan makanan dan gaya hidup yang seringkali anda jalani dapat lebih diperbaiki setelah anda mengetahui bahwa anda tengah mengandung.

Payudara Terasa Nyeri

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Gejala kehamilan pada umumnya memang mirip seperti tanda haid bulanan yang didapatkan oleh para wanita. Sehingga hal inilah yang seringkali membuat banyak wanita melewatkan tanda kehamilan yang satu ini dengan menganggap bahwa mereka hendak menjalani siklus bulanan mereka. Nyeri pada payudara mungkin menjadi kondisi yang normal yang banyak dihadapi para wanita yang akan menjalani siklus haid bulanan mereka.

Akan tetapi, bila ketika anda merasakan gejala ini namun rupanya siklus bulanan anda tak kunjung datang maka tidak ada salahnya segera melakukan test kehamilan paling sederhana, yakni melalui test pack. Adapun perubahan payudara yang terjadi pada seorang wanita hamil lebih banyak disebabkan oleh perubahan hormon pada awal kehamilan yang membuat payudara menjadi lebih melunak, sensitif atau bahkan terasa sakit.

Mual dengan Atau Tanpa Muntah

Ciri hamil selanjutnya yang paling banyak terjadi pada perempuan adalah timbulnya mual. Kondisi mual yang terjadi bisa hanya sebatas mual atau bahkan disertai dengan muntah. Gejala ini biasanya dapat mempengaruhi nafsu makan. Tidak sedikit wanita yang mengalami gejala hamil yang satu ini salah mengartikan sebagai gejala dari masuk angin.

Mual dan muntah pada masuk angin biasanya tidak terlalu mempengaruhi nafsu makan dengan terlalu berarti. Selain itu, lamanya kondisi mual dan muntah akan dapat menghilang dengan sendirinya dan tidak terlalu lama. Akan tetapi, lain halnya dengan mual muntah pada kehamilan dimana kondisi ini akan cenderung terjadi dengan rutin.

Seringnya dirasakan pada saat pagi atau malam hari. Bila anda merasakan kondisi ini dan sudah lewat siklus menstruasi anda maka tidak ada salahnya memeriksakan kondisi ini ke dokter atau lakukan pengecekan kehamilan di rumah.

Mudah Lelah

Mudah lelah menjadi salah satu gejala yang masuk ke dalam daftar gejala awal kehamilan yang paling tinggi. Kondisi ini terjadi sebab pada saat hamil, tubuh wanita mengalami peningkatan hormon progesteron dimana hormon ini akan membuat anda mudah mengantuk. Jadi demikian, meski anda tidak melakukan banyak aktivitas yang terlalu berat sekalipun. Namun perasaan mudah lelah dan ngantuk yang berat akan cenderung anda rasakan.

Sering Buang Air Kecil

Ciri hamil selanjutnya yang mungkin dirasakan pada beberapa wanita adalah intensitas buang air kecil yang lebih meningkat daripada biasanya. Kondisi ini terjadi sebab adanya pembengkakan bagian rahim yang menekan saluran air kencing sehingga membuat si wanita merasa ingin pipis terus. 

Ikuti tulisan menarik Bella Julianti lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler