Millenial Marzukiana, Konser Klasik Keren Ananda Sukarlan - Seleb - www.indonesiana.id
x

Thomas Jan Bernadus SE

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB
  • Seleb
  • Pilihan
  • Millenial Marzukiana, Konser Klasik Keren Ananda Sukarlan

    Dibaca : 358 kali

    Menonton konser, bagi saya bukan hanya sekali. Sedari jaman masih mahasiswa, saya sudah menonton konser di kampus, seperti Kahitna, Dewa 19, konser Band Lokal dan banyak lagi.

     
    Saya juga pernah menyaksikan konser Bon Jovi di Jakarta, tahun 1995 dan terakhir, Konser Guns n Roses di Gelora Bung Karno. Tapi bagaimana dengan konser musik klasik. Ini benar-benar belum pernah saya lakukan.
     
    Kesempatan untuk menonton konser musik klasik, akhirnya saya dapatkan melalui Ananda Sukarlan. Ananda Sukarlan, menggelar konser Musik Klasik bertajuk Millennial Marzukiana 13 Januari lalu. Dan saya mendapat undangan. Ya karena saya seorang penulis juga sih dan sudah beberapa kali menulis tentang Ananda.
     
    Pengalaman pertama? Gimana nih?
     
    Awalnya, saya sudah hampir tidak ada niat untuk menonton Konser ini. Maklum, saya ini masih belum paham-paham amat soal konser musik klasik. Dan bukan penggemar juga sih. Tapi ya, namanya pengalaman pertama, kenapa tidak dicoba?
     
    Akhirnya saya pun menonton Konser ini. Sebelum konser, ada pengumuman, mengenai peraturan menonton konser. Dan konser pun dimulai. Konser ini dibuat dua babak. Babak I dan Babak II. Seperti menonton bola saja. Istirahatnya pun 15 menit. 
     
    Di Babak I ini, yang sangat menarik adalah penampilan dari Handry Satriago. CEO General Electric Indonesia ini, membacakan cerita Malin Kundang, kisah klasik Indonesia, dan diiringi oleh Ananda Sukarlan Orchestra.
     
    Ini yang sangat menarik bagi saya. Karena saya serasa menonton opera. Handry mampu membawakan narasi Malin Kundang dengan sangat baik. Ditambah musik dari Ananda Sukarlan Orchestra makin apik. Serasa menonton film dengan soundtrack yang keren.
     
    Babak ke II, Ananda Sukarlan Orchestra membawakan lagu-lagu dari Ismail Marzuki. Soloist yang memainkan Biola, Harpa dan Piano tampil sempurna. Ketika lagu Halo Halo Bandung dimainkan, saya yang menonton sempat menyanyi walaupun suaranya kecil.
     
    Anthony Hartono yang tampil pamungkas, tidak kalah keren. Indonesia Pusaka dan Selendang Sutra mengalun dengan sangat indah. Melody lagu-lagu Ismail Marzuki ini memang indah dan dimainkan dengan Indah oleh para musisi yang tampil.
     
    Yang tidak kalah penting dari konser ini adalah pembacaan Memoar Ismail Marzuki oleh Charles Bonar Sirait. Sejarah lagu Bandung Selatan sampai Indonesia Pusaka diceritakan oleh Charles.
     
    Sampai saat ini, saya masih terkesan dengan konser ini. Konser Musik Klasik Pertama saya, memang sangat berkesan. Terima kasih Mas Ananda.
     
    Foto : Julie Putra


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.