x

Iklan

Rosse Hutapea

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

UPH Eagles Sumbang Perak di ASEAN University Games 2018

Tim Basket Putra UPH Eagles berhasil meraih juara kedua pada ASEAN University Games 2018 di Naypyidaw Myanmar pada 7-19 Desember 2018.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Satu lagi kemenangan diraih Tim Basket Putra UPH Eagles, sebagai juara kedua dalam ASEAN University Games 2018 di Naypyidaw Myanmar pada 7-19 Desember 2018. Kemenangan gemilang ini diraih setelah bertanding melawan sebanyak 11 universitas.

Tim Basket putra UPH Eagles menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia untuk cabang olah raga basket yang seluruhnya beranggotakan student athlete UPH. Menurut Rev. Stephen Metcalfe, MA. sebagai pelatih sekaligus executive director dari UPH Sports yang sudah lebih 15 tahun membina tim UPH Sports,  perjalanan ini bukanlah suatu proses yang cepat dan mudah. Selama 8 tahun, Metcalfe telah membuktikan pada pemerintah bahwa UPH  Sports layak maju berlaga mewakili Indonesia pada skala internasional dan cita-cita tersebut tercapai dengan diberangkatkannya tim UPH Sport ke  Asean University Games 2018 pada Desember lalu.

Kepercayaan pemerintah ini diperoleh dengan kerja keras UPH Sport membuktikan kesungguhan dan kemampuannya  khususnya cabang olahraga bola Basket. Diawali dengan prestasi gemilang berturut-turut selama 8 tahun pada event laga dua tahunan Pomnas, UPH membuktikan bahwa tim sport nya memang spesial dan berbeda dari yang lain. Tercatat UPH Eagle Sports mengantongi juara kedua pada 3 kompetisi Pomnas berturut-turut, dan yang terakhir pada tahun 2018 bahkan juara 1 mengalahkan para tim dari berbagai provinsi se-Indonesia.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ternyata kepercayaan itu tidak disia-siakan, dari kemenangan Pomnas itulah UPH Eagle Sports dapat berangkat mewakili dan mengharumkan nama Indonesia di ASEAN University Games 2018 dengan menyumbangkan medali perak setelah kompetisi yang sengit melawan Thailand.

Kemenangan ini sekaligus merepresntasikan Indonesia, propinsi Banten, UPH sebagai universitas dan program student-athlete UPH.

“Di Myanmar kami sebagai perwakilan Indonesia, kami hanya tim dari UPH berhadapan dengan para pemain unggulan dan profesional berbagai ngeara se-ASEAN. Salah satu yang membedakan tim UPH dengan peserta dari negara lainnya, adalah originalitas student-athlete UPH yang turun bertanding. Ini sangat berbeda dengan tim dari negara lainnya. Itulah uniknya,” cerita Mr. Met seperti biasa dia dipanggil.

Metcalfe sendiri mengaku bahwa latihan yang dipersiapkan tidak jauh berbeda dari biasanya, para tim yang terdiri dari para student-athlete UPH juga harus tetap memprioritaskan kuliah mereka. Setiap pagi para student-athlete ini berlatih sebelum kuliah mereka dimulai. Metcalfe menekankan pentingnya kekonsistenan serta perfection setiap hari, ada atau bahkan tidak ada pertandingan.

Kemenangan ini berbuah manis bagi tim sport UPH, dengan diperolehnya kartu hijau untuk mewakili Indonesia berlaga di World University Games di Italy di bulan Juli 2019 mendatang. Kita tidak sekedar mengejar kemenangan .

"Kita tahu kita akan berhadapan dengan tim yang banyak sekali yang bahkan jauh lebih baik dari kita. But the opportunity to compete at the highest level possible, there is nothing beyond that,” tandas Metcalfe.

Selamat berjuang UPH Eagles!

Ikuti tulisan menarik Rosse Hutapea lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler