Kapan Sih Kita Harus Mulai Merencanakan Dana Pensiun?

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
img-content
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Ketimpangan keuangan ini kerap membuat mereka menjerit. Mereka lantas baru sadar bahwa selama ini mereka tidak serius menyiapkan masa pensiun dengan baik.

Banyak pensiunan menjerit karena merasa tidak cukup happy menjalani hari tua hanya dengan berbekal uang pensiun yang diterima setiap bulannya dari kantor tempatnya pernah bekerja. Ternyata, banyak dari mereka tidak bisa mengubah gaya hidup pada saat pensiun dan terus saja menjalani gaya hidup pada saat sebelum pensiun.

 

Sementara kebutuhan hidup makin meningkat, pemasukan bulanan berkurang. Ketimpangan keuangan ini kerap membuat mereka menjerit. Mereka lantas baru sadar bahwa selama ini mereka tidak serius menyiapkan masa pensiun dengan baik.

 

Tapi begitulah, banyak anggota masyarakat Indonesia memang memiliki keterbatasan informasi terkait investasi. Keterbatasan informasi ini membuat mereka berpandangan bahwa investasi harus dengan dimulai dengan biaya yang besar.

 

Anggapan biaya yang besar dalam investasi pun membuat masyarakat takut untuk mulai berinvestasi. Konsekuensi nyatanya, mereka tidak terlalu memikirkan biaya untuk dana pensiun. Padahal, perencanaan dana pensiun harus dimulai saat ini, tepatnya justru sejak kita masih sangat produktif.

 

Nah, sebelum mengatur perencanaan keuangan untuk dana pensiun, penting bagi kita untuk mengetahui kapan kita akan mengakhiri masa produktif kita dalam bekerja. Hal itu lah yang akan menjadi acuan kita dalam menentukan besaran dana pensiun yang harus kita kumpulkan.

 

Setelah itu, jangan lupa bahwa kita juga harus memperhitungkan nilai inflasi yang selalu terjadi setiap tahunnya. Inflasi inilah yang menyebabkan menabung saja tidak cukup alias kita harus mulai untuk melakukan investasi secara rutin.

 

Dengan segala keterbatasan informasi mengenai investasi, hal paling mudah yang dapat kita lakukan adalah dengan memulai investasi melalui reksa dana. Tapi jangan lupa, pemilihan jenis reksa dana harus bergantung kepada tujuan dan durasi investasi yang akan dilakukan.

 

Memulai investasi pada reksa dana sebanarnya juga sangat cocok bagi kita yang cukup sibuk dalam mengerjakan pekerjaan kita sehari-hari atau tidak memiliki banyak waktu dalam mengelola investasi sendiri.

 

Reksa dana adalah investasi paling gampang karena dana kita akan dikelola oleh pihak Manajer Investasi yang akan secara profesional membantu dalam pengelolaan dana pensiun kita.

 

Enaknya lagi, di era serba digital seperti saat ini, memulai investasi reksa dana sangat lah mudah. Kita tidak perlu datang jauh-jauh ke perusahaan Manager Investasi.

 

Saat ini investasi reksa dana dapat dilakukan secara online. Reksa Dana Premier Pasar Uang II keluaran PT. Indo Premier Investment Management telah gampang dinikmati dengan aplikasi tabungan online bernama IPOTPAY yang bakal membantu merencanakan kebutuhan dana pensiun anggota masyarakat.

 

Jadi, untuk mulai merencanakan investasi untuk dana pensiun, kita dapat memulainya dengan memanfaatkan IPOTPAY. Platform tabungan online yang mudah, fleksibel, dan tentu nya aman ini bisa menjadi tempat berinvestasi. Jadi tunggu apa lagi, segera atur perencanaan dana pensiun kita saat ini juga dan mulai berinvestasi reksa dana.

Bagikan Artikel Ini
img-content
Dhea

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
img-content
img-content
Lihat semua