x

Iklan

Antonius Satria Hadi
Bergabung Sejak: 17 Maret 2024

Kamis, 2 Mei 2024 20:13 WIB

Kunjungan Jawa Pos Radar Jogja ke UWM, Mengokohkan Kolaborasi Media dan Pendidikan

Radar Jogja ingin mengembalikan citra Yogyakarta sebagai pusat pendidikan disamping reputasinya sebagai destinasi pariwisata. Radar Jogja juga ingin sekali memberi pelatihan jurnalistik di berbagai kampus.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Jawa Pos Radar Jogja melakukan kunjungan sekaligus silaturahmi ke Universitas Widya Mataram (UWM) pada Kamis (02/05/2024) pukul 10.00–11.30 WIB di Kampus Terpadu UWM. Ananto Priyatno, selaku Direktur Jawa Pos Radar Jogja, beserta Joko Suhendro sebagai Manajer Bisnis, serta beberapa pejabat lainnya turut hadir dalam kesempatan tersebut. Dari UWM, hadir Rektor Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec., Direktur Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tommy Satriadi Nur Arifin, S.I.Kom., M.A., Direktur Kantor Urusan Internasional (KUI) Antonius Satria Hadi, PhD., dan dosen Prodi Sosiologi Puji Qomariyah, S.Sos., M.Si.

Prof. Edy, dalam sambutannya, menggarisbawahi pentingnya hubungan UWM dengan media, mengingat latar belakangnya sebagai seorang jurnalis terdahulu. “Harapan saya adalah agar kerjasama antara UWM dan Radar Jogja dapat saling menguntungkan dan memperkuat dalam menghadapi tantangan di era digitalisasi sekarang ini”, ucap Prof. Edy yang pernah menjadi redaktur koran Kedaulatan Rakyat ini.

Sementara Ananto Priyatno dalam diskusinya, menyampaikan niatan untuk mengembalikan citra Yogyakarta sebagai pusat pendidikan, di samping reputasinya sebagai destinasi pariwisata. “Rencana program Radar Jogja kedepannya adalah pelatihan jurnalistik di berbagai kampus. Kami juga menyampaikan keberhasilan Jawa Pos Radar Jogja online yang mencapai 2500 view setiap hari, menjadikan media online kami memperoleh predikat Top 50 di Indonesia”, terangnya.

Joko Suhendro menambahkan program pendidikan dari Radar Jogja, khususnya “jurnalistik goes to campus” memperkenalkan dan melatih mahasiswa dalam dunia jurnalistik. “Kami juga membuka peluang magang bagi mahasiswa yang tertarik bekerja di Radar Jogja”, tambahnya.

Di sisi lain Tommy menyoroti tantangan PMB UWM dan pentingnya adaptasi strategi promosi dengan perubahan zaman. “Pendidikan dan pariwisata menjadi pendorong ekonomi di Yogyakarta, yang menuntut perguruan tinggi untuk bersaing dalam akreditasi internasional”, ujarnya.

Pentingnya kerjasama yang solid antara UWM dan Radar Jogja, termasuk program magang bagi mahasiswa adalah hal yang disoroti oleh Dr. Antonius. Beliau juga menyampaikan bahwa para dosen saat ini masih melirik media online untuk karir maupun personal branding. “Publikasi di media online maupun cetak memiliki nilai penting dalam kenaikan jabatan fungsional bagi dosen”, ucapnya.

Puji Qomariyah menambahkan peran media dalam promosi dan publikasi UWM, terutama dalam menghadapi tahun yang sulit bagi PMB di Yogyakarta. “Tren minat pada media online sebagai sarana informasi dan promosi sekarang meningkat pesat”, ujarnya.

Ikuti tulisan menarik lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler