x

Iklan

Muhammad Khairur Rasyid

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Menampilkan Realitas Kehidupan Dalam Sebuah Karya

"Realitas Kehidupan" begitulah tema dari pameran mahasiswa DKV kali ini ujar Dosen DKV Esa Unggul Drs. Teguh Imanto. Teguh

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 

Esaunggul.ac.id, Pemandangan berbeda terlihat di Lobi Gedung Utama Universitas Esa Unggul, terlihat sejumlah karya lukis berjejeran menghiasi pelataran lobi UEU. Tak disangka, Karya lukis yang banyak menyita perhatian mahasiswa, dosen hingga masyarakat itu merupakan karya yang dibuat oleh mahasiswa semester satu Prodi Desain Komunikasi Visual, Universitas Esa Unggul.

"Realitas Kehidupan" begitulah tema dari pameran mahasiswa DKV kali ini ujar Dosen DKV Esa Unggul Drs. Teguh Imanto. Teguh mengatakan karya yang ditampilkan dalam pameran ini merupakan tugas dari matakuliah Gambar Bentuk yang dikerjakan oleh sekitar 86 Mahasiswa Semester satu DKV Esa Unggul. Dirinya pun menambahkan pameran ini diselenggarakan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam hal mengambarkan suatu objek sebenarnya di alam.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Jadi Pameran seni kali ini dikerjakan oleh 54 mahasiswa Reguler dan 32 mahasiswa paralel DKV, prosesnya mereka kerjakan selama satu semester. Karya-karya yang ditampilakan dalam pameran ini merupakan karya-karya terbaik mereka yang mendapatkan nilai A dan A min," ucap Teguh di Universitas Esa Unggul, Jakarta Barat.

Teguh pun menerangkan sebelum karya tersebut dipamerkan, karya-karya itu harus diseleksi lebih dahulu serta harus mendapatkan asistensi dari dirinya langsung sebelum akhirnya dieksekusi menjadi karya utuh. "Prosesnya itu lumayan panjang untuk menjadi satu karya, awal pertemuan masih banyak mahasiswa yang kebingungan untuk membuat karya, untuk itu mereka harus aktif bertanya kepada saya sebagai dosen mata kuliah ini." terangnya

Hal utama yang menjadi perhatian Teguh dalam menilai karya-karya yang dihasilkan oleh mahasiswa yakni proporsi dari hasil gambar dengan realitas benda yang menjadi objek. "Pertama mereka melakukan pengamatan terhadap suatu benda kemudian membuat sketsa lalu diasistensi oleh saya apakah proporsinya tepat atau tidak, terutama proporsi ukuran agar tidak janggal dan juga memperhatikan gelap terangnya. Jika sudah, maka langsung saya suruh arsir dan mengeksekusi karya mereka," ungkapnya.

Kategori-kategori yang dihadirkan dalam pameran tersebut, Teguh melanjutkan dipisahkan berdasarkan teknik pengambaran yang berbeda sesuai dengan mata kuliah Gambar Bentuk. Gambar bentuk menjadi mata kuliah yang diajarkan di semester awal mahasiswa DKV Esa Unggul, menurut teguh Mata kuliah ini penting diajarkan guna memperkenalkan gambar secara nyata sesuai dengan objek dilapangan kepada mahasiswa. Mata kuliah ini juga menjadi pengantar mahasiswa untuk masuk ke mata kuliah gambar ilustrasi di semester selanjutnya.

Teguh berharap dari pameran seni ini mahasiswa mampu meningkatkan kemampuan dalam hal seni menggambarkan sehingga ke depanya mereka mampu menelurkan suatu karya dan prestasi yang dapat membanggakan dirinya dan berguna di masa depan. "Mudah-mudahan dalam pameran ini, mahasiswa mendapatkan pengalaman yang sangat besar terutama dalam membuat sebuah karya yang dapat dinikmati dan diapresiasi oleh berbagai kalangan, dan perlu diingat para mahasiswa ini merupakan para calon seniman yang tentunya harus menghasilkan suatu karya, jangan hanya omdo," tutupnya.

Pameran seni "Realitas Kehidupan" akan diselenggarakan mulai tanggal 31 Januari hingga akhir Februari 2019. Pembukaan dari pameran Seni ini dilakukan langsung oleh Rektor Universitas Esa Unggul Dr.Ir. Arief Kusuma, M.B.A. Pengunjung dalam pameran ini juga bisa membeli karya yang ditampilkan loh!

Ikuti tulisan menarik Muhammad Khairur Rasyid lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Epigenesis

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Jumat, 16 Februari 2024 14:31 WIB

Terkini

Semangat

Oleh: Malik Ibnu Zaman

8 jam lalu

Terpopuler

Epigenesis

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Jumat, 16 Februari 2024 14:31 WIB