x

Iklan

Bella Julianti

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Resep Ayam Geprek Krispi Pedas Rawit yang Nikmat dan Sedap

Sajikan bumbu ayam geprek krispi pedas rawit di rumah anda sebagai kreasi sajian istimewa untuk santap siang bersama dengan keluarga

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sajikan bumbu ayam geprek krispi pedas rawit di rumah anda sebagai kreasi sajian istimewa untuk santap siang bersama dengan keluarga. Dengan resep ayam kali ini maka anda akan tentu bisa membuat hidangan ini dengan mudah.

Bahan-Bahan:

  • Ayam kampung 1 ekor

Bumbu Ayam:

  • Merica 1 sendok teh
  • Ketumbar bubuk 1 sendok makan
  • Bawang putih 2 siung
  • Garam 2 sendok teh

Bahan Pelapis:

  • Tepung terigu 4 sendok makan
  • Garam secukupnya
  • Lada secukupnya
  • Telur 1 butir
  • Merica secukupnya
  • Baking powder 1/2 sendok teh

Bahan Sambal Ayam Geprek Rawit:

  • Bawang putih 3 siung
  • Tomat 1 buah
  • Bawang merah 4 buah
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Cabe rawit 10 buah (sesuai selera)

Cara Membuat Ayam Goreng Krispi:

1. Cara pertama untuk membuat sajian kali ini sebenarnya cukup mudah dan sederhana. Anda hanya perlu untuk mempersiapkan beberapa bahan yang akan diperlukan untuk membuat sajian kali ini. Selain itu, bersihkan pula ayam kampung tanpa tulang yang sudah anda persiapkan kali ini. Cara ini dilakukan untuk membersihkan ayam dari kotoran dan menjaga bahan kali ini tetap segar.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

2. Selesai membersihkan ayam secara merata kemudian potong-potong ayam dengan ukuran yang sedang. Gunakan pisau dan potong diatas tatakan untuk memudahkan anda melakukannya. Setelah dipotong masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara bahan ini.

3. Selanjutnya silahkan kucuri daging ayam dengan menggunakan air jeruk nipis secara merata. Lalu aduk-aduk semua bahan ini dengan merata sampai sempurna. Kemudian taburi dengan menggunakan garam dan aduk kembali sampai semuanya tercampur dengan merata. Dan diamkan 10 menit.

4. Setelah itu, siapkan sebuah kukusan. Setelah menunggu 1o menit dan kukusan panas kemudian lumuri ayam dengan bumbu marinasi dengan merata. Pastikan semua bahan ini tercampur dengan merata sampai sempurna.

5. Kukus sajian ini sampai matang selama kurang lebih 10 menit hingga ayam matang dan bumbu meresap ke dalamnya dengan merata. Angkat dan tiriskan apabila sajian ini sudah matang dengan merata.

6. Siapkan sebuah wadah dan masukkan ke dalamnya telur bersama dengan garam dan tambahkan merica bersama dengan 1 sdm tepung terigu. Lalu aduk dengan merata semua bahan ini sampai tercampur.

7. Kemudian tuangkan pula sebanyak 3 sdm tepung terigu bersama dengan lada dan garam serta baking powder dalam sebuah piring datar untuk membuat campuran bahan kering. Sisihkan.

8. Ambil sepotong ayam, celupkan dalam bahan pencelup basah. Lalu kemudian gulingkan diatas bahan lapisan kering dengan merata dan sempurna. Lakukan hal yang sama pada ayam yang masih ada.

9. Siapkan sebuah wajan dan masukkan minyak goreng ke dalamnya. Tunggu sampai minyak menjadi lebih panas merata lalu kemudian goreng sajian ini sampai matang dan merata hingga berwarna keemasan dan merata. Angkat sajian ini dan sisihkan sementara.

Cara Membuat Sambal Ayam Geprek Rawit:

1. Untuk membuat sajian ayam geprek rawit kali ini anda akan dapat melakukannya dengan cara siapkan sebuah wajan boleh bekas menggoreng ayam namun sisihkan sedikit minyaknya dalam wajan. Panaskan dengan merata.

2. Baru masukkan semua bahan sambal ke dalamnya dengan merata dan aduk-aduk semua bahan ini sampai tercampur dan berubah menjadi layu.

3. Siapkan sebuah ulekan dan haluskan bahan ini dengan merata. Jangan lupa masukkan garam, gula dan penyedap rasa. Lalu aduk dengan merata dan ambil ayam krispi lalu geprek dan campurkan dengan sambal tersebut.

 

Ikuti tulisan menarik Bella Julianti lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB