x

Sumber gambar: Times Now

Iklan

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Selasa, 30 April 2024 08:59 WIB

10 Dimensi Paling Penting dari Semua Hubungan

Anda dapat mengevaluasi hubungan secara rutin menggunakan 10 dimensi. Hal ini dapat memberi tahu Anda apakah hubungan masihbsehat atau berada dalam jalur bermasalah.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Langkah-langkah hubungan ini dapat memberi tahu Anda apakah hubungan Anda sehat atau tidak.

Poin-Poin Penting

  • Semua hubungan meninggalkan bekas luka.
  • Masa lalu hanya boleh digunakan untuk berdiskusi, jangan pernah diulangi lagi.
  • Memendam dendam atau kekecewaan akan membuat pasangan terjebak.
  • Setiap orang perlu tertantang dan ingin tahu.

Hubungan adalah entitas hidup. Mereka bergerak mundur dan maju dalam waktu. Mereka berevolusi dan membusuk; mereka bisa mati dan terlahir kembali. Mereka dapat terkurung dalam keterbatasan mereka atau berubah melampaui batas tersebut.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Anda dapat mengevaluasi hubungan Anda secara rutin menggunakan sepuluh dimensi terpenting berikut. Mereka dapat memberi tahu Anda apakah hubungan Anda sehat atau berada dalam jalur yang bermasalah, dan mereka dapat memberi Anda kesempatan untuk mengubah apa yang mungkin kurang atau meningkatkan apa yang diperlukan agar hubungan Anda kembali ke jalurnya.

Bacalah semuanya bersama pasangan Anda dan bagikan tanggapan Anda satu sama lain. Bicarakan tentang apa yang Anda setujui dan apa yang Anda lihat secara berbeda.

1. Jaringan Parut dan Meluas

Semua hubungan bekas luka. Tidak peduli seberapa besar Anda peduli satu sama lain, Anda pasti akan membuat kesalahan dan menyebabkan kesulitan dalam hubungan Anda. Jaringan parut fisik atau emosional bersifat jinak. Ia tidak dapat lagi menerima makanan atau melepaskan toksisitasnya. Namun hubungan juga bisa tumbuh melampaui bekas luka yang ada, mengelilingi titik-titik mati tersebut dengan potensi pertumbuhan baru.

Ada empat kombinasi luka dan pertumbuhan dalam suatu hubungan. Jaringan parut yang tinggi dan pertumbuhan yang rendah. Jaringan parut rendah dan pertumbuhan rendah. Jaringan parut yang tinggi dan pertumbuhan yang tinggi. Jaringan parut rendah dan pertumbuhan tinggi. Dari empat kombinasi, kombinasi terakhir memprediksi hasil hubungan terbaik.

2. Pendalaman

Hubungan akan semakin dalam atau menjadi dangkal. Mempertahankan keingintahuan yang tulus dalam pikiran, perasaan, harapan, ketakutan, frustrasi, dan keinginan baru pasangan Anda sangatlah penting. Ketika Anda berpikir Anda sudah mengenal satu sama lain dengan baik sehingga Anda tidak perlu terus mengeksplorasi satu sama lain lagi, hubungan Anda mengarah ke teman sekamar paralel daripada kekasih intim. Jangan tertipu oleh kompatibilitas yang mudah.

3. Memanfaatkan Kesalahan Masa Lalu untuk Menciptakan Masa Depan yang Lebih Baik

Berfokus pada kesalahan masa lalu dengan terus mengulanginya adalah kabar buruk bagi segala kemungkinan masa depan yang berbeda. Masa lalu hanya boleh digunakan untuk berdiskusi, jangan pernah diulangi lagi. Apa yang kita lakukan yang tidak baik bagi kita? Bagaimana kita bisa melakukannya dengan lebih baik di lain waktu? Apakah kita menerima pertanggungjawaban atau hanya menyalahkan pihak lain? Apakah kita mencari pilihan dibandingkan menerima keterbatasan kita? Masa lalu akan menentukan masa depan Anda jika Anda tidak menggunakannya untuk merencanakan cara lain untuk bersama.

4. Ketahanan

Bagaimana kemampuan bangkit kembali Anda? Apakah Anda terjebak dalam hal-hal negatif yang merusak hubungan dalam jangka waktu yang lama, atau bisakah Anda kembali lebih cepat untuk memperbaiki dan memulai kembali? Ketahanan dalam diri seorang individu, maupun dalam hubungan, adalah kualitas yang positif. Memendam dendam atau kekecewaan, betapapun wajarnya, akan membuat Anda terjebak.

5. Fleksibilitas

Hubungan yang terbatas pada tanggapan satu arah dan reaksi yang berulang-ulang tidak dapat berkembang. Seperti makhluk hidup lainnya, hubungan yang kaku tidak bisa melampaui apa yang sudah ada sebelumnya. Konflik yang tidak terduga akan selalu muncul. Kerugian tidak dapat diprediksi. Bisakah Anda menerima tantangan dan membuang pola-pola lama ketika Anda perlu membuka diri terhadap cara-cara baru?

6. Menyambut Tantangan

Tidak ada jalur hubungan yang mulus. Kerugian tak terduga atau godaan untuk berhenti adalah pilihan bagi Anda kapan saja. Tim yang hebat tidak hanya siap mengubah persepsi dan mempelajari keterampilan baru, namun juga menyambutnya. Kebutuhan akan rasa aman sering kali menjadi penghambat pertumbuhan ketika Anda sangat perlu mengambil risiko yang akan memperkuat kemampuan Anda sebagai sebuah tim. Ketika tantangan baru datang, dapatkah Anda menggunakannya untuk memperdalam dan memperkuat ikatan Anda?

7. Mempertahankan Intrik

Sama-sama, sama-sama tua adalah pertanda kebosanan dan peringatan. Jika Anda merasa kegembiraan, gairah, atau minat satu sama lain memudar, Anda akan lebih rentan untuk mencari hal tersebut di tempat lain. Setiap orang perlu tertantang dan ingin tahu. Jika Anda tetap menjadi entitas yang dapat diprediksi dan dikenal, pasangan Anda tidak akan lagi tertarik pada Anda. Koneksi Anda akan menjadi lebih jarang dan bertahan dalam waktu yang lebih singkat. “Aku tahu apa yang kamu pikirkan, jadi aku tidak perlu bertanya atau mendalami lebih jauh” artinya Anda tidak berbagi lagi.

8. Tetap Terbuka terhadap Restrukturisasi

Hubungan yang terus berjalan dengan cara yang sama, menghadapi gangguan dan tantangan hidup seperti biasanya, menjadi jalan buntu bagi kemungkinan transformasi dan arah baru. Sekalipun segala sesuatunya tampak baik-baik saja, Anda harus berkomitmen untuk terus bertumbuh dan bertransformasi, baik secara pribadi maupun dalam hubungan Anda. Apakah Anda terus-menerus menantang satu sama lain untuk menjadi orang terbaik? Jika Anda adalah orang yang lebih menarik dan hidup di luar hubungan, Anda mungkin menuju ke arah yang salah.

9. Menahan Badai dan Bertumbuh Darinya

Hidup terkadang bisa menjadi sangat berat dan sulit. Orang-orang jatuh sakit. Keluarga berubah dalam ketersediaan mereka. Teman menjauh. Pekerjaan hilang. Depresi dan kecemasan dapat menggunakan sumber daya secara berlebihan. Penyalahgunaan obat-obatan atau alkohol dapat merusak keintiman. Hubungan yang sukses mengetahui cara menggunakan sumber dayanya saat berada dalam masalah dan cara mendelegasikan secara adil. Jika Anda tidak belajar dari masa-masa sulit dan saling mencintai melalui masa-masa sulit tersebut, Anda mungkin akan dikalahkan oleh masa-masa sulit tersebut saat masalah tersebut muncul lagi.

10. Merasa Itu Bermanfaat

Hubungan adalah investasi waktu, energi, uang, ketersediaan, dan cinta. Seperti investasi apa pun, jika seiring waktu biayanya lebih besar daripada keuntungannya, kemungkinan besar investasi tersebut akan menjadi kurang penting bagi salah satu atau Anda berdua. Apakah Anda merasa hubungan Anda masih sering membuahkan hasil? Apakah ekspektasi Anda sejalan dengan probabilitas? Bisakah Anda lebih memusatkan perhatian pada hal-hal positif dari hubungan tersebut untuk mengubah cara Anda menjalaninya?

Semua dimensi ini terbuka terhadap tantangan dan perubahan. Sering kali, pasangan dalam hubungan yang berkomitmen hanya memberikan perhatian pada evaluasi ulang dan restrukturisasi dan, begitu dihadapkan pada kesadaran, dapat dengan mudah membuat segala sesuatunya berjalan kembali.

***

Solo, Senin, 29 April 2024. 1:59 pm

Suko Waspodo

Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler