x

Iklan

Bella Julianti

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Resep Cara Membuat Kolak Pisang Karamel Sajian Istimewa yang

pernahkah anda mencicipi resep kolak pisang modern seperti kolak pisang karamel?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Selama ini sajian kolak pisang mungkin selalu hadir dengan potongan pisang, campuran pandan dan kuah santan yang khas. Namun pernahkah anda mencicipi resep kolak pisang modern seperti kolak pisang karamel? Penyajian yang unik dengan rasa yang lebih beda membuat sajian ini terasa lebih nikmat dan sedap.

Mari simak langsung informasi resep kolak pisang dan cara pembuatannya yang mudah di bawah ini.

Bahan-Bahan:

  • 5 buah pisang nangka
  • 1/2 sendok teh air kapur sirih
  • 50 ml air panas
  • 125 gram gula pasir, untuk karamel
  • 700 ml air
  • 1/4 sendok teh garam

Bahan Saus Santan:

  • 150 ml santan instan
  • 50 ml air
  • 2 lembar daun pandan
  • 1/4 sendok teh garam

Persiapan Membuat Kolak Pisang Karamel Sajian Istimewa yang Nikmat:

1. Awali langkah kali ini dengan terlebih dahulu mempersiapkan beberapa bahan yang ada pada resep. Langkah ini akan memudahkan anda untuk membuat hidangan kali ini dengan lebih sederhana dan mudah. Maka dari itu, mari simak beberapa langkahnya di bawah ini hanya untuk anda.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

2. Persiapan bahan pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mempersiapkan pisangnya. Silahkan kupas kulit pisang dengan merata menggunakan pisau. Setelah itu, potong sajian ini dengan ukuran yang lebih pendek kira-kira 6 cm.

3. Setelah selesai kemudian masukkan sajian ini dalam sebuah wadah dan sisihkan sementara. Nantinya bahan pisang ini akan kita campurkan bersama dengan bumbu lainnya dengan merata.

4. Persiapkan pula beberapa buah panci untuk membuat hidangan kali ini. Dengan persiapan ini maka anda akan tentu lebih mudah membuat sajian kolak pisang karamel kali ini.

5. Nah, selesai dengan semua persiapan di atas maka langkah selanjutnya yang akan dapat anda lakukan adalah mulai membuat sajian pisang karamel di bawah ini.

Cara Membuat Kolak Pisang Karamel Sajian Istimewa yang Nikmat:

1. Untuk membuat sajian kali ini anda akan dapat melakukannya dengan cara yang mudah silahkan buat karamelnya terlebih dahulu dengan cara menyiapkan sebuah panci lalu gosongkan gula pasir ke dalamnya. Masukkan air panas dan aduk-aduk sajian ini dengan merata sampai larut dan warnanya berubah menjadi kecoklatan.

2. Bila sudah selesai kemudian anda akan dapat menuangkan air bersama dengan gula pasir dan tambahkan sedikit garam ke dalamnya. Lalu aduk merata dan didihkan pula sajian ini dengan merata.

3. Kemudian tuangkan pisang ke dalamnya dan masukkan pula air kapur sirih ke dalamnya. Rebus sajian ini di atas api kecil sampai mendidih dan habis airnya.

4. Lalu ketika kuah hampir habis anda bisa mengaduk sajian ini dengan perlahan dan merata supaya pisang yang anda masukkan tidak gosong. Angkat lalu sisihkan dalam sebuah wadah sebelum anda mencampurkan sajian ini bersama dengan bahan-bahan lainnya dengan merata.

5. Untuk saus santan anda akan dapat membuatnya dengan cara rebus santan dalam sebuah wadah lalu berikan air dan tuangkan sedikit garam lalu aduk-aduk sajian ini dengan merata hingga mendidih.

Nah, setelah matang dan selesai maka silahkan sajikan kolak pisang dalam wadah dan kucuri dengan menggunakan saus santan yang sudah anda buat sebelumnya.

Ikuti tulisan menarik Bella Julianti lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu