x

Iklan

Andika bagas triantoro

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Senin, 6 Mei 2019 13:40 WIB

Penerapan Metode Harga Pokok Proses dalam Proses Produksi Manufaktur.

Penulis : Andika Bagas Triantoro Dosen : Sri Dewi Wahyundaru Email : sridewi@unissula.ac.id Mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan S1 Akuntansi Universitas Islam Sultan Agung Semarang

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Di era industri 4.0 yang seperti ini telah menyebabkan persaingan dalam dunia usaha semakin tajam dan sangat kompetitif.Untuk memenangkan persaingan tersebut, perusahaan dituntut untuk dapat menghasilkan produk yang bermutu tinggi dengan harga jual yang kompetitif. Penetapan harga jual yang kompetitif dipengaruhi oleh berbagai faktor yang terbentuk di pasar dan biasanya sulit untuk diramalkan, misalnya seperti selera konsumen, jumlah pesaing yang memasuki pasar, dan harga jual yang ditetapkan pesaing.

Satu-satunya faktor yang memiliki kepastian tinggi dan dapat digunakan oleh manajer sebagai dasar untuk menetapkan harga jual adalah biaya. Khusus untuk biaya produksi dapat dikumpulkan dengan dua metode, yaitu metode harga pokok proses dan metode harga pokok pesanan. Jika perusahaan memproduksi secara massa, kemudian sifat produknya homogen dan produksinya ditujukan untuk memenuhi persediaan di gudang maka metode pengumpulan biayanya memakai metode harga pokok proses. Jadi berbagai biaya yang terjadi di dalam perusahaan harus dikumpulkan, dicatat, dilaporkan, dan dianalisis dengan cara yang memadai dan metode yang sesuai sehingga biaya-biaya tersebut dapat dijadikan dasar untuk menetapkan harga jual yang akurat.

Di masa industry 4.0 yang memiliki persaingan sangat kompetitif ini Manajemen perusahaan manufaktur, dituntut untuk melaksanakan penyempurnaan aktivitas secara berkesinambungan di setiap prosesnya, hal tersebut di maksutkan agar perusahaan memiliki daya saing yang tinggi di pasar dalam jangka panjang. Hal ini mendorong pimpinan perusahaan untuk merencanakan, mengendalikan, serta mengawasi setiap kegiatan yang dilakukan agar tujuan perusahaan dapat tercapai.salah satunya dengan penerapan metode harga pokok proses dalam memproduksi suatu produk.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Dengan digunakannya metode harga pokok proses yang bermanfaat maka penetapan harga pokok produksi yang ditetapkan akan tepat,pembebanan harga pokok dan perhitungan harga pokok didalam melakukan perhitungan harga pokok produksi harus sesuai dengan kegiatan perusahaan. Metode Harga Pokok Proses juga bermanfaat di dalam penetapan harga pokok produksi dengan memberikan informasi mengenai perhitungan harga pokok produksi dan membantu manajemen dalam penyusunan laporan keuangan terutama dalam laporan laba rugi. Selain itu dapat digunakan sebagai penyusunan neraca perusahaan.

Dengan demikian penetapan harga pokok produksi akan efektif apabila didukung dengan adanya perhitungan laporan harga pokok produksi yang digunakan secara tepat dan benar dalam pelaksaan dari laporan harga pokok produksi karena laporan harga pokok produksi dapat menunjukkan tingkat keberhasilan manajemen dalam mencapai tujuan yang diharapkan.

Ikuti tulisan menarik Andika bagas triantoro lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler