x

pixabay/stevepb

Iklan

Aulia Akmal Kahasiwi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 5 Agustus 2019

Minggu, 14 November 2021 05:38 WIB

Cara Menurunkan Darah Tinggi


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tekanan darah tinggi atau juga disebut hipertensi merupakan kondisi semakin menyempitnya pembuluh arteri, sehingga tekanan darah meningkat. Seseorang dikatakan memiliki tekanan darah tinggi apabila tekanan darah di atas 120/90 mmHg, sedangkan normalnya manusia memiliki tekanan darah kurang dari 120/80 mmHg.

Tekanan darah tinggi disebabkan oleh faktor gaya hidup, keturunan (genetik), atau keduanya. Jika Anda terlanjur memiliki tekanan darah tinggi, tak perlu khawatir untuk mengatasinya karena penyakit ini dapat diatasi tanpa perlu obat-obatan. Dengan mengubah gaya hidup, Anda bisa menurunkan tekanan darah dengan efektif.

Berikut cara terbaik dalam menurunkan tekanan darah.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

  1. Tingkatkan aktivitas fisik

Aktivitas fisik yang sering dilakukan dapat membuat jantung lebih kuat dan memompa darah dengan lebih usaha, sehingga akan menghambat meningkatnya tekanan darah. Ada banyak aktivitas fisik yang dapat Anda lakukan. Selain berolahraga, Anda bisa menaiki tangga, berjalan kaki, melakukan pekerjaan rumah, dan bersepeda. American College of Cardiology dan American Heart Association menyarankan untuk rutin melakukan aktivitas fisik 3-4 kali seminggu dengan durasi masing-masing 40 menit.

 

  1. Menjaga Berat Badan

Memiliki berat badan yang ideal dapat membantu menjaga tekanan darah Anda. Jika berat badan berlebih, sebaiknya kurangi agar tekanan darah ikut menurun. Beberapa penelitian pada 2016 menunjukkan bahwa mengurangi berat badan dapat mengurangi tekanan darah rata-rata 3,2 hingga 4,5 mmHg. Selain itu, dengan menjaga berat badan Anda juga bisa terhindar dari risiko penyakit obesitas lainnya.

 

  1. Kurangi konsumsi gula dan karbohidrat olahan

Jika Anda ingin melakukan diet, cobalah diet rendah karbohidrat dan gula. Selain menurunkan berat badan, diet rendah karbohidrat juga dapat menurunkan tekanan darah sebesar 4,5 hingga 5,9 mmHg. Banyak penelitian ilmiah yang menyatakan bahwa membatasi gula dan karbohidrat olahan dapat bantu menurunkan tekanan darah.

 

  1. Sedikit sodium, perbanyak potasium

Konsumsi garam yang berlebih menjadi salah satu pemicu tingginya tekanan darah. Cobalah kurangi konsumsi garam dan mulai tingkatkan konsumsi potasium atau kalium untuk menjaga tekanan darah Anda, karena potasium dapat mengurangi efek garam terhadap tubuh dan mengurangi ketegangan pada pembuluh darah. Anda dapat mengonsumsi makanan olahan susu seperti yoghurt, ikan, buah seperti pisang dan jeruk, dan sayuran berupa kentang dan tomat.

  1. Kurangi makanan cepat saji

Makanan olahan dan cepat saji seperti sup kalengan, pizza, keripik, dan cemilan lainnya memang sangat menggugah selera, namun itu berbahaya bagi tekanan darah Anda karena banyak mengandung garam. Selain itu, makanan berlabel low fat biasanya juga mengandung kadar gula dan garam yang tinggi. Kurangi konsumsi makanan cepat saji, dengan begitu tekanan darah juga akan ikut menurun.

 

  1. Berhenti merokok

Setiap batang rokok yang Anda hirup dapat memacu tekanan darah dan meningkatkan detak jantung. Dalam jangka panjang, zat kimia pada tembakau dapat meningkatkan tekanan darah dengan merusak dinding pembuluh darah dan mempersempit arteri. Oleh karena itu, berhentilah merokok untuk menjaga tekanan darah Anda di masa depan.

 

  1. Kurangi stres

Stres dapat menjadi salah satu penyebab tekanan darah tinggi, maka dari itu penting untuk menghilangkan stres untuk menjaga kesehatan tekanan darah. Ini bisa dilakukan dengan mengetahui apa yang menjadi pemicu stres dan ketahui cara menanganinya. Untuk menangani stres, Anda bisa lakukan berbagai kegiatan seperti menonton, mendengarkan musik, atau melakukan kegiatan lain yang Anda sukai.

 

  1. Konsumsi cokelat hitam

Jika Anda gemar cemilan namun khawatir tekanan darah meningkat, cokelat hitam bisa menjadi pilihan yang tepat. Menurut studi dari Harvard Medical School, seperti dikutip Healthline, mengonsumsi satu potong cokelat hitam dapat membantu turunkan tekanan darah. Kandungan flavonoid yang ada pada cokelat hitam akan memperlebar pembuluh darah, sehingga tekanan darah pun akan menurun. Konsumsi cokelat dengan kandungan kakao 60 hingga 70 persen untuk menjaga tekanan darah Anda.

 

Sumber: 8 Cara Terbaik dan Mudah Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Ikuti tulisan menarik Aulia Akmal Kahasiwi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB