x

Bati Tuud Koramil 0815/18 Gondang saat membekali Wasbang Peserta LDKMS SMAN 1 Gondang

Iklan

Anan Alkarawangi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Rabu, 11 September 2019 15:03 WIB

Koramil 0815/18 Gondang Bekali Wasbang Peserta LDKMS SMAN 1 Gondang

Mojokerto, - Untuk membantu mewujudkan generasi muda yang berkarakter, Koramil 0815/18 Gondang melalui Bati Tuud Pelda Rudy Suhartono dan Babinsa Serda Nur Hidayat membekali materi PBB dan wawasan kebangsaan (Wasbang) bagi Siswa-siswi SMAN 1 Gondang, Jalan Raya Pugeran Nomor 61, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mojokerto, - Untuk membantu mewujudkan generasi muda yang berkarakter, Koramil 0815/18 Gondang melalui Bati Tuud Pelda Rudy Suhartono dan Babinsa Serda Nur Hidayat membekali materi PBB dan wawasan kebangsaan (Wasbang) bagi Siswa-siswi SMAN 1 Gondang, Jalan Raya Pugeran Nomor 61, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Selasa (10/09/2019).

Kegiatan diawali dengan pelatihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) oleh Serda Nur Hidayat, meliputi gerakan di tempat, gerakan berjalan dan penghormatan. Lalu ada materi tata upacara bendera oleh Pelda Rudy Suhartono dan Serda Nur Hidayat.

Tidak hanya sebatas materi PBB dan tata upacara bendera, Personel Koramil 0815/18 Gondang juga membekali wawasan kebangsaan dan kepemimpinan bagi 75 orang siswa-siswi Kelas X – XI SMAN 1 Gondang yang menjadi peserta Latihan Dasar Kepemimpinan & Managemen Siswa (LDKMS). Latihan ini bertema “Satukan Niat Bulatkan Tekad, Bergerak Cepat, Membangun Dengan Tepat".

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Disiplin adalah kepatuhan untuk menghormati dan melaksanakan suatu sistem yang mengharuskan seseorang untuk tunduk kepada keputusan, perintah dan peraturan yang berlaku. Demikian disampaikan Pelda Rudy Suhartono saat mengawali materi Wasbang bertajuk “Membentuk Sikap Disiplin”.

Terkait dengan Kepemimpinan, Pelda Rudy menjelaskan konsep kepemimpinan atau yang dikenal dengan semboyan pendidikan Ki Hadjar Dewantara, yakni Ing Ngarso Sung Tulodho, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani, yang artinya di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat, dan di belakang memberi dorongan. 

“Kepemimpinan sebagai konsep managemen dalam kehidupan organisasi yang diajarkan Ki Hadjar Dewantara ini sampai saat ini masih dikenal dan diajarkan di kalangan dunia pendidikan,” ungkap pria kelahiran Mojokerto.

Bati Tuud dan Babinsa Koramil Gondang saat membekali PBB dan Tata Upacara Peserta LDKMS SMAan 1 Gondang

Sebelum mengakhiri materinya, Pelda Rudy mengajak para siswa agar membekali diri dengan ilmu agama da ilmu pengetahuan sehingga menjadi generasi yang bermoral, disiplin, unggul dan tangguh serta tetap memiliki sikap toleran dan semangat gotong royong.

Untuk melatih kekompakan dan menumbuhkembangkan semangat kebersamaan, saat ishoma, para siswa-siswa peserta LDKMS juga diharuskan makan siang bersama dengan didampingi Bati Tuud, Babinsa dan guru pendamping.

Danramil 0815/18 Gondang, Kapten Inf Wiyanto, saat ditemui di Makoramil Gondang, Rabu (11/09) mengungkapkan, pembekalan materi PBB dan wawasan kebangsaan di sekolah-sekolah bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai disiplin, semangat kebangsaan dan cinta tanah air, bagi para siswa. “Melalui Wasbang ini dimaksudkan agar pada diri siswa-siswi tertanam nilai-nilai disiplin, semangat kebangsaan dan cinta tanah air,” ungkap Danramil.

Ikuti tulisan menarik Anan Alkarawangi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler