x

Babinsa Koramil 0815/12 Ngoro Sertu Samhudi Dampingi Petani Bajak Sawah

Iklan

Anan Alkarawangi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Selasa, 17 September 2019 17:35 WIB

Dukung Swasembada Pangan, Koramil 0815/12 Ngoro Terjunkan Babinsa Dampingi Petani

Mojokerto, - Guna memaksimalkan upaya khusus ketahanan pangan, Koramil 0815/12 Ngoro Kodim 0815 Mojokerto mengerahkan para Babinsa untuk melaksanakan pendampingan pertanian di wilayah binaan masing-masing. Salah satunya Sertu Samhudi yang melaksanakan pendampingan pengolahan lahan sawah milik Sutoyo, Poktan Tani Sidorejo, Dusun Sidorejo Desa Wonosari Kecamatan Ngoro Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mojokerto, - Guna memaksimalkan upaya khusus ketahanan pangan, Koramil 0815/12 Ngoro Kodim 0815 Mojokerto mengerahkan para Babinsa untuk melaksanakan pendampingan pertanian di wilayah binaan masing-masing. Salah satunya Sertu Samhudi yang melaksanakan pendampingan pengolahan lahan sawah milik Sutoyo, Poktan Tani Sidorejo, Dusun Sidorejo Desa Wonosari Kecamatan Ngoro Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Selasa (17/09/2019).

Sertu Samhudi yang turun langsung di lokasi, mengungkapkan, areal persawahan seluas 5.000 meter2 atau setengah hektar tersebut, pengolahan lahan dilakukan menggunakan satu unit traktor tangan (hand tractor) milik kelompok tani. Menurut dia, pengolahan lahan atau pembajakan sawah ini bertujuan untuk membalikan tanah.  “Ini proses pembalikan tanah sekaligus menggemburkan lapisan tanah atas yang semula keras agar menjadi gembur dan melumpur,” kata dia.

Pembajakan ini, kata Samhudi, juga bertujuan untuk menghindari tanah jenuh karena sering ditanami yang akan mengakibatkan berkurangya kesuburan tanah. “Melalui proses pembajakan ini maka kerak tanah akan teraduk sehingga udara dan cahaya dapat menyentuh tanah kebih dalam dan meningkatkan kesuburan.”

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 Babinsa Koramil 0815/12 Ngoro Sertu Ashard Ware Wale Dampingi Petani Tanam Padi

Masih di wilayah Koramil Ngoro, kegiatan pendampingan pertanian juga berlangsung di Dusun Oro Oro Jipang Desa Purwojati. Di lokasi seluas setengah hektar milik Agus Sunarso, Pok Tani Oro Oro Jipang, dilakukan penanaman padi varietas Situ Bagendit secara manual dengan didampingi Babinsa setempat, Sertu Arshad Ware Wale.

Pada kesempatan berbeda, Danramil 0815/12 Ngoro Kapten Inf Khoiri mengungkapkan, kegiatan pendampingan pertanian merupakan aksi nyata sekaligus bentuk keseriusan para Babinsa dalam mendukung peningkatan produksi pangan, ketahanan pangan sekaligus meningkatkan pendapatan petani di wilayah.

“Melalui pendampingan ini, diharapkan semakin terjalin komunikasi dan interaksi antara Babinsa dan petani sehingga memperkokoh Kemanunggalan TNI – Rakyat,” ungkap Danramil yang asli kelahiran Ngoro Mojokerto.

Ikuti tulisan menarik Anan Alkarawangi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB