x

maria fatima

Iklan

Indonesiana

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Selasa, 5 November 2019 06:52 WIB

Kaderisasi GMNI Jangkau ITB dan UNPAD

Problem kebangsaan berupa penyebaran faham radikalisme di kalangan mahasiswa harus ditangani oleh mahasiswa sendiri.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Oleh: Maria Fatima, Ketua DPC GMNI Sumedang

Problem kebangsaan berupa penyebaran faham radikalisme di kalangan mahasiswa harus ditangani oleh mahasiswa sendiri. Kaderisasi sebagai sarana membentuk para mahasiswa untuk menjadi pejuang pemikir dilaksanakan DPC GMNI Kab Sumedang yakni berupa Kaderisasi Tingkat Dasar (KTD).

KTD tersebut diikuti 30 mahasiswa-mahasiswa se-Jawa Barat dan Jakarta, diantaranya UNPAD, ITB, Universitas Majalengka, STIKES Ahmad Yani Cimahi, Universitas Jakarta, Universitas Nasional, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, dan Universitas Galuh Ciamis. Rangkaian kegiatan dilaksanakan pada hari Sabtu (2/11/19) hingga Minggu (3/11/19) di Jatinangor, Sumedang.

Salah satu narasumber, Vayireh Sitohang (Guru Kader GMNI Alumni IPB Bogor) menjelaskan mengenai Metode Berfikir Bung Karno yang akhirnya menghasilkan buah pemikiran untuk landasan bangsa Indonesia dalam bernegara, yakni Pancasila.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

“Marhaenisme yang digagas oleh Bung Karno saat kuliah di ITB Bandung menjadi landasan pemikiran untuk terbentuknya Pancasila yang dapat merangkul seluruh golongan-golongan di Indonesia , sekaligus mencegah exploitation de l’homme par l’homme atau eksploitasi manusia oleh manusia lain.” jelas Vayireh

Ketua DPP GMNI pusat Immanuel Karo-karo yang turut hadir dalam kegiatan, menambahkan bahwa GMNI harus dapat menjangkau seluruh universitas di Indonesia dan melahirkan kader-kader nasionalis-religius sehingga dapat menangkal radikalisme agama sebagai akar perpecahan bangsa.

Beberapa narasumber yang merupakan alumni lintas kampus PTN adalah Andria Perangin-Angin, Anastacia Wella, dan Denny Indra. Secara keseluruhan hasil dari kaderisasi ini meneguhkan bahwa Pancasila dan pemikiran-pemikiran lain Bung Karno harus terus diekspose ke masyarakat khususnya mahasiswa agar Pancasila tetap hidup menjadi pedoman dalam berbangsa dan bernegara tanpa digantikan oleh ideologi lain yang tidak sesuai dengan natur dan kultur bangsa Indonesia itu sendiri.

“Kedepannya kami mengharapkan bahwa penjaringan kader khususnya di Sumedang (ITB, UNPAD, dan universitas lain) dapat terus bertambah demi terwujudnya mahaiswa-mahasiswa Indonesia yang progresif, revolusioner, dan berjuang mengedepankan persatuan“ ujar Maria Fatima, Ketua DPC GMNI Sumedang yang masih aktif menjadi mahasiswa di ITB.


Sumedang, 4/11/2019
Maria Fatima
Ketua DPC GMNI Sumedang

Ikuti tulisan menarik Indonesiana lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Sengketa?

Oleh: sucahyo adi swasono

47 menit lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB