Bisnis yang Kamu Jalani Mandek? Kenali 6 Tanda Kebangkrutan dan Cara Mengatasinya - Analisa - www.indonesiana.id
x

Olivia Florendra

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 23 November 2019

Sabtu, 23 November 2019 06:06 WIB
  • Analisa
  • Berita Utama
  • Bisnis yang Kamu Jalani Mandek? Kenali 6 Tanda Kebangkrutan dan Cara Mengatasinya

    Dibaca : 274 kali

    Dalam dunia bisnis tidak selalu hanya masa kesuksesan yang kamu capai. Tapi juga akan ada masa sulit atau penurunan yang juga akan kamu hadapi. Jika masa penurunan ini tidak langsung dihadapi maka hal terburuk dapat terjadi, yaitu bisnis kamu mengalami kebangkrutan. Apa saja tanda-tanda dan cara mengatasinya? Kamu bisa simak informasi di bawah ini yang dirangkum melalui laman Gres.web.id secara lengkap.

    1. Keuangan bisnis dalam kesulitan

    Hal pertama yang membawa bisnis kamu menurun dan bisa masuk tahap bangkrut adalah keuangan bisnis dalam kesulitan. Salah satu bentuknya adalah cash flow bisnis mengalami kerugian. Beberapa cara yang sering dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan pemotongan biaya operasional yang memberatkan keuangan bisnis.

    2. Tidak bisa bayar hutang

    Meminjam uang memang menjadi salah satu bentuk dari permulaan bisnis kamu terutama dalam mendukung modal. Tapi utang juga mampu membuat bisnis kamu jatuh. Dengan tidak membayar utang karena menganggap enteng bunga pinjaman yang kecil, tambah lama akan semakin besar bunga pinjaman yang kamu tanggung.

    3. Usaha sudah berjalan bertahun-tahun tapi belum memberikan profit berarti

    Jika bisnis kamu sudah lebih dari 5 tahun berjalan dan masih tidak memiliki profit yang tinggi, berarti kamu harus pikirkan apakah layak untuk dipertahankan atau tidak. Tapi jika masih di bawah 5 tahun dan keuangannya masih bisa untuk diatasi, atasilah itu dengan cepat dan bijak supaya tidak mengalami kebangkrutan.

    4. Kondisi pasar dan kompetitor

    Dalam dunia bisnis akan selalu ada kompetitor dan itu penting untuk diperhatikan. Jika ada beberapa kompetitor yang lebih kuat dari bisnis kamu, perhatikan bagaimana cara mereka menjalankan bisnisnya dan buatlah inovasi yang baru untuk bisnismu.

    5. Rekan bisnis

    Memiliki rekan bisnis merupakan penting dalam berbisnis, tapi kamu juga harus memilih rekan bisnis yang tepat dan sesuai. Jangan sampai karena kesalahan memilih membuat bisnismu menurun. Kenali dengan baik siapa rekan bisnis kamu.

    6. Jangan pikirkan omzet, tapi profit

    Memang omset penting untuk penjumlahan pendapatan, tapi ingat bahwa yang terpenting dalam bisnis itu adalah profit. Jadi daripada kamu memikirkan bagaimana mengejar omset sesuai pencapaian, lebih baik pikirkan cara meningkatkan profit bisnis.

    Itulah tanda-tanda yang mampu membuat bisnis kamu bangkrut. Jika kamu mengalami hal di atas, cepat atasi dan minta bantuan orang terpercaya serta alokasikan keuangan dengan baik pada bagian bisnis yang terpenting.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.