x

Iklan

Riyanto Astor

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 November 2019

Senin, 25 November 2019 18:35 WIB

5 Fakta Ajaib Bersin yang Jarang Diketahui Orang

ternyata ini lho fakta fakta ajaib mengenai bersin yang belum banyak diketahui oleh orang lain

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Semua orang pastinya pernah mengalami yang namanya firasat bersin, termasuk juga kamu dimana umumnya setiap orang hanya akan mengalami bersin satu kali saja dalam satu waktunya, akan tetapi tak jarang juga ada yang mengalaminya mulai dari tiga hingga empat kali bersin.

Nah mungkin apakah kamu penasaran kenapa sih beberapa orang bisa mengalami bersin sampai beberapa kali dalam sati waktunya, dimana biasanya kamu pasti akan menahan bersin jika ada di sekitar orang, karena bersin juga di depan banyak orang tidak sopan, nah apakah benar bahwa jantung akan berhenti berdetan saat sedang bersin?

Nah daripada penasaran, yuk mari lihat 5 fakta ajaib mengenai bersin ini yang ternyata belum banyak diketahui oleh orang lain, ini dia daftarnya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

1. Bersin Terjadi Karena Refleks

Bersin sendiri ternyata bisa terjadi karena refleks lho, dimana merupakan bentuk reaksi tubuh terhadap iritasi ataupun jika ada benda asing yang masuk ke dalam hidung, seperti bau bau makanan, kuman, debu, dan lain hal sebagainya sehingga refleks tersebut akan menjadikan kamu menjadi bersin.

2. Ini Penyebab Kamu Bisa Bersin Berkali-kali dalam Sekali Waktu

Bersin sendiri akan terjadi disaat adanya iritasi ataupun benda asing yang masuk kedalam hidung, nah tubuh kamu tentu secara otomatis akan menyesuaikan refleks dalam mengeluarkan beda tersebut, bia kamu mengalami bersin secara berkali-kali, maka itu tandanya bahwa tubuh kamu sedang berusaha keras untuk mengeluarkan benda asing tersebut keluar tubuhmu.

3. Ternyata Jantung Tak Akan Berhenti Kok Apabila Kamu Sedang Bersin

Cerita mengenai bahwa jantung akan berhenti berdetak saat sedang bersin ternyata tidak benar adanya lho, itu semua hanyalah mitos belaka. Yang betul bahwa denyut jantung kamu akan menjadi lambat. Reaksi tersebut dipicu dari perubahan pada tekanan saraf dan juga otot di dada saat kamu sedang mengalami bersin. Akibatnya bahwa ritme dan denyut jantung kamu pun akan ikut berubah juga seiring dengan perubahan pada tekanan darah.

4. Kalau Bersin Datang, Sebaiknya Jangan Ditahan

Seorang asisten profesor otalaryngology di fakultas Kedokteran Universitas Saint Lois bernama Alan Wild mengutarakan bahwa sebaiknya jika bersin datang janganlah ditahan, karena dengan begitu kamu bisa beresiko besar merusak bagian-bagian tubuhmu lho seperti pecahnya pembuluh pada darah mata, pembuluh darah otak, dan gendang telinga.

5. Mata Akan Otomatis Tertutup Ketika Bersin

Ternyata tidak ada orang yang sanggup untuk membuka matanya saat sedang bersin lho, pasalnya itu akan menjadi hal yang mustahil buat kamu. Pasalnya ketika bersin, otak pun akan mengirim perintah pada organ mata untuk segera menutup.

Ikuti tulisan menarik Riyanto Astor lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler