Solusi Aksi yang Rinci dari Menteri Nadiem Makarim - Analisis - www.indonesiana.id
x

Ferguso Kubangun

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Rabu, 27 November 2019 15:16 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Solusi Aksi yang Rinci dari Menteri Nadiem Makarim

    Isi pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim untuk peringatan Hari Guru Nasional 2019 memang arahan. Tapi arahan untuk mengajak jadi lebih baik kompetensi Guru dan pendidikan Indonesia.

    Dibaca : 2.393 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Isi pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim untuk peringatan Hari Guru Nasional 2019 memang arahan. Tapi arahan untuk mengajak jadi lebih baik kompetensi Guru dan pendidikan Indonesia.

    Telah saatnya. Sudah waktunya. Perubahan diperlukan pada budaya pengajaran Guru. Begitu juga skema belajar mengajar di Indonesia. Perubahan itu sesuai semangat zaman.

    Jadi sangat bodoh kalau ada yang menolak ajakan perubahan Menteri Nadiem. Sangat berpikir mundur bila menganggap isi pidato Menteri Nadiem untuk Hari Guru Nasional 2019 tidak mencerminkan subtansi.

    Menteri Nadiem juga tidak sedang menulis puisi. Menteri Nadiem bukan Sastrawan. Menteri Nadiem seorang inovator. Anak muda visioner dan kreatif. Terlihat pada pikirannya gagasan masa depan. Telah terbukti.

    Bahkan, kancah nasional dan internasional telah mengakuinya sebagai Tokoh Perubahan. Gojek yang dirintisnya berkembang jadi perusahaan start up kelas dunia. Memberi warna pada kebiasaan transportasi. Memberi manfaat lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

    Karakter dan sikap perubahan pada diri Menteri Nadiem jelas tercermin di pidatonya untuk Hari Guru Nasional 2019. Menteri Nadiem dengan gamblang dan rinci menyampaikan solusi tentang perubahan budaya Guru dan belajar mengajar.

    Ada langkah-langkah konkrit disampaikan Menteri Nadiem di dalam isi pidatonya. Menyentuh langsung persoalan pendidikan selama ini. Termasuk ke para Guru yang selama ini masih kaku dengan pola lama. Padahal zaman berubah.

    Arahan, ajakan perubahan berperilaku Guru dalam belajar mengajar adalah untuk melahirkan kualitas. Menteri Nadiem menjelaskan semua yang menghambat terwujudnya kualitas pendidikan nasional dan berkembangnya Guru sesuai kebutuhan masa depan dan solusi perubahan di naskah pidatonya.

    Ikuti tulisan menarik Ferguso Kubangun lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.








    Oleh: Hadirat Syukurman Gea

    3 hari lalu

    Analisis Sistem Jual-Beli Ijon pada Komoditas Mangga Berdasar Ekonomo Makro

    Dibaca : 202 kali

    Mangga merupakan salah satu komoditas buah yang digemari hampir seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Mangga turut menyumbang perekonomian Indonesia karena menjadi komoditas yang di ekspor. Pada tahun 2015, ekspor mangga sebesar 1.515 jutatonyangsebagianbesarmerupakanjenis Mangga Gedong Gincu dan Mangga Arumanis. Kabupaten Kediri merupakan salahsatudaerahyang menjadikan mangga khususnya Mangga Podang sebagai oleh - oleh khas daerah dikarenakan banyaknya pohon mangga yang tumbuh di sekitar lereng GunungWilis.ManggaPodangkhasKediri banyak ditemukan di daerah sekitar lereng Gunung Wilis yaitu Kecamatan Banyakan, Tarokan, Grogol, Mojo, dan Semen. Semakin berkembang perekonomian suatudaerahmakasemakinberagam pula cara produsen dan konsumen melakukan jual beli.Salah satu sistem jual beli yang dilarang dalam Islam adalah jual beli yang mengandung unsur gharar. Sistem jual beli ijon adalah salah satu sistem jual beli yang mengandung unsur gharar sehingga dilarang oleh Allah SWT. Ijon berkaitan dengan perilaku produsen dan konsumen. Hal ini dapat dikaitkan dengan ekonomi mikro berupa keputusan pengusaha dan konsumen, terbentuknya harga barang atau jasa dan faktor produksi tertentu di pasar, dan alokasi sumber daya ekonomi.Penelitian ini menggunaka nmetode penelitian studi literatur. Jenis data yang digunakan berupa data sekunder dengan metode pengumpulan data berupa pengumpulan sejumlah studi pustaka. Berdasarkan studi literatur terkait sistem jual beli ijon dan ekonomi mikro, diperoleh hasil analisis bahwa sistem jual beli ijon dan ekonomi mikro saling berhubungan. Hal ini dikarenakan ijon berkaitan langsung dengan perilaku produsen dan konsumen dan ekonomi mikro turut mengatur perilaku produsen dan konsumen. Keywords: Ijon, Komoditas Mangga,Ekonomi Mikro