x

Timnas SEA Games

Iklan

Supartono JW

Pengamat
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 7 Desember 2019 13:46 WIB

Dua Langkah Lagi Timnas Menggapai Emas, Langkah Pertama Libas Myanmar

Dua langkah lagi targer meraih medali emas SEA Games tergapai, langkah pertama libas Myanmar

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya


Dua langkah lagi, target mengenggam medali emas Sepak bola SEA Games Filipina 2019 akan digapai pasukan Indra Sjafri, dan mengulang torehan sejarah SEA Games 1991 di negara yang sama. Aamiin.

Optimisme tersebut, saya dapat ungkap setelah memerhatikan seluruh partai fase Grup A dan Grup B yang menghasilkan Myanmar dan Kamboja sebagai urutan 1 dan 2 Grup A serta Vietnam dan Indonesia ranking 1 dan 2 Grup B.

Secara matematis, pasukan Indonesia yang hanya kalah dari Vietnam karena persoalan komposisi pemain dan strategi yang tidak berjalan semestinya, maka saya prediksi akan kembali bersua Vietnam di laga final.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pada laga final nanti, Indonesia akan menuntaskan dendam dan membalikkan keadaan dengan mengalahkan Vietnam.

Keyakinan ini berdasarkan fakta dan data di lapangan, bila semua berjalan sesuai rencana dan Indra Sjafri menurunkan komposisi pemain yang tepat dan strategi menekan yang tepat, maka sebelum partai final, dalam laga semifinal meladeni Myanmar yang akan berlangsung di Stadion Rizal Memorial, Sabtu (7/12/2019), kemenangan digaransi akan menjadi milik Indonesia, asal.seluruh penggawa muda Indonesia tidak jemawa.

Sebab, pelatih Myanmar, Velizar Popov, menilai perjuangan Myanmar mencapai babak semifinal sudah sangat baik terlebih dengan status juara Grup A, padahal sebelum turnamen, semua orang lebih menjagokan Malaysia dan Filipina, seperti yang diungkap Velizar dalam konfrensi pers, Jumat (6/12/2019).

"Kami sudah mencapai target. Kami nothing to lose untuk laga melawan Indonesia. Dengan seperti ini, kami berharap bisa bermain lebih baik," kata Velizar.

Sebagai juara Grup A, di luar prediksi berbagai pihak di fase grup, Myanmar ternyata tidak terkalahkan dan hanya sekali meraih hasil seri.

Hal itu didapat saat bermain imbang 1-1 melawan finalis tahun lalu, Malaysia, di laga pembuka.

Setelah itu, secara beruntun mengalahkan Filipina (2-1), Timor Leste (3-1), dan Kamboja (2-1). Ini menjadi keberhasilan Myanmar kedua secara beruntun mencapai babak semifinal SEA Games.

SEA Games sebelumnya, Myanmar gagal ke final setelah kalah tipis 0-1 dari Thailand yang mendapat emas dan akhirnya harus puas mengakhiri SEA Games 2017 tanpa medali setelah kalah 1-3 dari Indonesia pada laga perebutan perunggu.

Untuk itu, Evan Dimas dan rekan-rekan tidak boleh lengah sedikitpun dan wajib terus menekan, pasalnya memori takluk dari Indonesia di edisi sebelumnya dipastikan menjadi motivasi para pemain Myanmar untuk membalas dendam.

Sejatinya lawan terberat di SEA Games kali ini hanyalah Vietnam dan Thailand. Thailand sudah dapat dijinakkan dan Vietnam sudah terukur untuk membalik keadaan.

Jadi, laga Timnas U-22 Indonesia vs Myanmar sore nanti, pukul 15.00 WIB, tentu akan menjadi partai yang sangat menarik untuk ditonton.

Untuk langkah menuju final, syaratnya, komposisi pemain yang diturunkan tepat, permainan tetap.dengan ciri khas racikan Indra Sjafri, selalu menekan, menggunakan tempo dan irama pertandingan sendiri, penuh konsentrasi.

Lebih utama lagi, seluruh pemain cerdaa TIPS, tidak ada yang egois dan individualis dan tidak ada yang menghambat kemenangan tim.

Ayo Timnas U-22, dari.dua langkah lagi menggenggam medali emas, langkah pertama nanti sore, jangan kendor, libas Myanmar. Aamiin. Bravo Garuda Muda!

 

Ikuti tulisan menarik Supartono JW lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu