x

Iklan

Panduan Menulis

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 11 November 2019

Rabu, 11 Desember 2019 06:04 WIB

Tip Lulus Tepat Waktu Kuliah di STAN

Apakah Anda benar-benar ingin menjadi Mahasiswa PKN STAN? Apakah Anda ingin lulus USM PKN STAN dengan tepat waktu? Berikut ini merupakan Tips Lulus Tepat Waktu Kuliah di STAN.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Apakah Anda benar-benar ingin menjadi Mahasiswa PKN STAN? Apakah Anda ingin lulus USM PKN STAN dengan tepat waktu? Berikut ini merupakan Tips Lulus Tepat Waktu Kuliah di STAN.

Belajar

Ya. belajar, belajar dan belajar. Anda harus belajar semua materi yang akan diujikan di USM PKN STAN. Pelajari dengan betul tiap model soal dengan segala variasinya. Seperti dalam Tes Potensi Akademik atau TPA, terdapat subtopik seperti sinonim, analogi, antonim, lalu di bagian matematika, terdapat aritmatika dasar, subtopik statistik, soal cerita penalaran dan lain sebagainya.

Semuanya harus Anda pelajari agar nanti Anda bisa menjawab soal tersebut walau dengan variasi yang berbeda dari yang Anda pelajari. Anda bisa belajar dari buku persiapan USM PKN STAN. Di sana biasanya sudah ada rangkuman materi setiap bagian/topik. Pelajarilah dengan sungguh-sungguh.

Mengumpulkan Semua Bahan Materi

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Carilah dan kumpulkan bahan dan juga materi USM PKN STAN sebanyak-banyaknya. Anda bisa membeli buku persiapan USM STAN di toko buku atau membelinya secara online. Jangan lupakan kekuatan internet. Anda akan menemukan banyak bahan dan materi dari internet yang dapat Anda download secara gratis

Berikan Perhatian Khusus pada Bahasa Inggris

Banyak peserta yang gagal karena tidak mampu menaklukkan Bahasa Inggris. Mereka tidak mampu menjawab 1/3 soal Bahasa Inggris dengan benar. Hal itu  berarti nilai mati atau tidak lulus untuk bagian Bahasa Inggris, meskipun nilai TPA sangat bagus.

Sayang sekali bukan? Penyebabnya karena Bahasa Inggris pada USM STAN ini berbeda dengan ujian bahasa Inggris di SMA ada 3 model soal pada Bahasa Inggris, yaitu Grammar (tatabahasa), Error Correction (mencari kesalahan) dan Reading (Membaca teks).

Sebaiknya Anda fokus untuk mempelajari bagian grammar dan error correction karena bagian ini yang paling susah. Belilah buku khusus bahasa inggris yang membahas materi grammar seperti buku TOEFL. Buku TOEFL sangat mudah ditemui di toko buku.

Manajemen Waktu Sangat Penting

Menguasai seluruh materi saja tidak cukup. Anda harus pintar membagi waktumu. Anda hanya diberikan waktu 90 menit untuk soal TPA yang jumlahnya 120 soal dan 50 menit untuk 60 soal Bahasa Inggris. Waktu sangat terbatas, jadi gunakan dengan sebaik mungkin. Lewati soal-soal yang menguras banyak waktu.

Llogikanya, Anda menghabiskan waktu 5 menit untuk satu soal yang rumit, padahal, Anda bisa menjawab soal selanjutnya yang lebih mudah kurang dari 1 menit. Soal mudah dan soal sulit skornya sama 4 point jika Anda menjawabnya dengan benar.

Saatnya Simulasi

Lakukan simulasi USM PKN STAN seolah-olah Anda ada di ruang ujian. Setting waktu sesuai ketentuan, lalu kerjakan soal-soal tryout. Selesai simulasi, coba hitung berapa soal yang dapat Anda jawab dengan benar. Jika sudah melewati nilai mati (1/3 soal terjawab dengan benar) untuk masing-masing bagian TPA dan Bahasa Inggris, berarti Anda lulus. Jika tidak lulus, berlatihlah lebih giat lagi.

Kesehatan

Jangan sampai melupakan kesehatan karena belajar dan berlatih terus menerus. Anda tetap harus menjaga porsi waktu untuk beristirahat, refreshing, dan juga rekreasi yang bisa meringankan beban dan kelelahan sehabis belajar USM STAN.

Makan dengan teratur dan sehat, disertai dengan olahraga rutin. Tubuh yang fit akan membantu Anda untuk berpikir yang cepat dan jernih. Jangan sampai Anda gagal masuk STAN karena sakit.

DOA

Segala upaya sudah dilakukan mulai dari belajar dan berlatih sepanjang hari. Ketika hari itu tiba, Anda harus mengikhlaskan diri. Ikhlas dalam artian, Tuhanlah yang menentukan hasil dari usahamu. Maka dari itu berdoalah sebelum USM. Jika memang Anda ditakdirkan untuk menjadi Mahasiswa PKN STAN, maka Anda akan lulus. Jadi percayalah, Tuhan memberikan jalan yang terbaik bagi umatnya jika ia mau berusaha.

Ikuti tulisan menarik Panduan Menulis lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu