x

Amy Search penyanyi terkenal Malaysia, lagunya yang terkenal di Indonesia, antara lain, Isabella dan Cinta kita. Dok. TEMPO/Nickmatulhuda

Iklan

Candra Bi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 6 November 2019

Rabu, 11 Desember 2019 06:46 WIB

10 Lagu Malaysia Terfavorit Banget

Sebelum serial Upin Ipin dan Boboiboy mengekspansi Indonesia, musisi-musisi Malaysia pernah mendapatkan tempat yang istimewa di telinga beberapa pencinta musik Tanah Air. Tidak hanya cukup enak didengar, lirik-lirik yang terdapat tidak jarang-jarang bikit hati tersayat-sayat.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sebelum serial Upin Ipin dan Boboiboy mengekspansi Indonesia, musisi-musisi Malaysia pernah mendapatkan tempat yang istimewa di telinga beberapa pencinta musik Tanah Air. Tidak hanya cukup enak didengar, lirik-lirik yang terdapat tidak jarang-jarang bikit hati tersayat-sayat.

Intinya, banyak pelajaran bernilai dari masing-masing bait liriknya, deh. Jika termasuk generasi ’90-an, lo langsung ikut-ikutan nyanyi setiap kali dengar sepuluh lagu ini diputar. Baca dahulu deh agar tidak penasaran.

“Adakah Kau Setia” – Stings

Dari judulnya saja, lo tentu tahu kalau lagu ini bercerita satu orang cowok yang menanyakan kesetiaan ceweknya waktu LDR-an. LDR tuh memang buat gemez. Di satu bagian tidak dapat terlepas, maunya bareng-bareng terus, tetapi di lain sisi tetap saja berprasangka buruk, pacar ngapain disana. Mungkin karena bahas mengenai perasaan beberapa pelaku LDR di luar sana, karena itu lagu ini menjadi terkenal di masa ‘90-an.

“Di Sini Menunggu” – UKS

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Masih mengenai LDR, band UKS (bukan Unit Kesehatan Sekolah yang tentu) punya lagu yang sempat terkenal di tahun ‘90-an. Kalau yag barusan cowoknya curigaan, ini cowoknya respek sekali sama ceweknya. Bagaimana tidak, ceweknya tabah sekali nungguin cowoknya balik sampai si cowok jadi tidak tega. Liriknya tentu masih mengena di hati lo sampai saat ini. Lagu ini cocok sekali bikin yang LDR-an agar tegar dan sama-sama yakin. Namun, mengapa melodinya susah ya?

3. “Buih Jadi Permadani” – Exist

Band ini ialah favorite sejumlah besar generasi ’90-an. Lagu ini menceritakan mengenai cowok yang tidak diterima karena nembak cewek cantik. Lewat lagu ini, Exist ingin nyampaiin ke kita untuk berkaca diri karena percaya diri yang terlalu berlebih dapat buat lo sakit hati seperti narasi dalam lagu itu.

4. “Fantasia Bulan Madu” – Search

Wah, lagu ini, sich, sampai saat ini masih seringkali didendangkan sama vokalis macem Soimah di acara tv. Lo pasti juga pernah denger Sule nyanyiin selintas di sejumlah acara. Ini lagu tahun 90-an punya band Search yang vokalisnya namanya Amy dan suaranya kece badai! Sepertinya sampai saat ini masih sulit deh nemuin yang suaranya dapat seperti pacar. Karena itu lagu ini dapat terkenal baget di sini. Lihat saja di video ini, mic-nya sampai pacar pegang di muka perut karena sangat tingginya range vokal pacar.

5. “Puncak Kasih” – Ziana Zain

Nyatanya bukan hanya band Malaysia yang sempat terkenal di Indonesia tahun 90-an. Vokalis solo perempuannya juga. Ziana Zein diantaranya. Pacar bahkan sudah populer sampai ke semua Asia dan sempat jadi bintang tamu di acara Asia Bagus (anak 90-an pasti juga tahu acara ini).

Satu diantara lagunya ialah Pucuk Kasih. Lagu ini mengajari kita mengenai kesetiaan dalam pernikahan. Katanya, kalau kesetiaan sudah tidak ada, kehidupan pernikahan pasti juga tidak akan bahagia. Bahkan pacar menanyakan kedahsyatan cinta dalam lagu ini. Duh, berat , ya. Kemungkinan karena berikut lagu ini dapat terkenal.

6. “Gerimis Mengundang” – Slam

Apa sih yang paling diingat generasi ‘90-an kalau gerimis? Diantaranya tentu ialah lagu dari Slam yang berjudul Gerimis Mengundang ini. Dari masing-masing liriknya, kita tahu kalau lagu ini bercerita cowok yang ditinggalin ceweknya. Wah, patut saja dahulu terkenal. Soalnya, tentu sangat banyak yang terkena sama pengalaman di lagu ini.

7. “Aku Cinta Padamu” – Siti Nurhaliza

Tante Siti, nih, sampai saat ini bahkan masih populer di Indonesia. Dari belum gunakan jilbab sampai saat ini sudah gunakan jilbab, Tante Siti tetap cantik! Lagu ini satu diantara lagu bahagia antara lagu-lagu Malaysia sendu yang populer di Indonesia. Nih, lihat liriknya. Tante Siti in betul-betul contoh bikin jomblo dan praktisi LDR di sini. Mengapa? Karena ia saja ingin menanti meskipun seribu tahun, waktu lo tidak?

8. “Suci dalam Debu” – Iklim

Sama kaya Fantasia Bulan Madu, lagu ini seringkali sekali dinyanyiin sama Sule dan Soimah (sepertinya memang hanya mereka yang masih nyanyiin lagu-lagu ini). Lirik yang puitis dan alunan suara yang simpel buat lagu ini menjadi terkenal. Lagu ini menceritakan mengenai cinta yang bukan hanya dalam beberapa kata, dan juga tindakan. Ibaratnya, susah-senang kita bersamanya.

9. “Mencari Alasan” – Exist

Manis di bibir, memutar kata

Justru kau tuduh akulah semua penyebabnya

Kalau kalian langsung ikut-ikutan nyanyi, bermakna kalian ialah generasi ‘90-an yang sebetulnya. Tidak ada generasi ‘90-an yang tidak tahu lagu ini. Lagu ini menceritakan mengenai cowok yang seringkali dibohongin ceweknya, terus meminta putus.

Cocok putus, cowoknya justru lebih tenang dan merasakan lebih baik putus dibanding terus bersama dengan, tetapi tidak bahagia. Begitu berharganya pelajaran yang dapat kita mengambil dari lagu ini. Karena itu lagu ini terus diingat sampai saat ini.

10. “Isabella” – Search

Status lo jadi generasi 90-an akan prima kalau lo sudah tahu semua 9 lagu di atas, terhitung lagu ini. Siapa yang tidak mengenal Isabella? Ini bukanlah nama tokoh di telenovela, tetapi nama cewek yang disebut simbol cinta yang lara. Isabella tidak dapat menyatu sama cintanya karena tradisi yang berlainan.

Nyatanya Isabella ini bule, tetapi cowoknya orang Malaysia. Pada akhirnya, si Isabella tidak mampu menjaga cinta mereka dan pilih lelaki lain. Susah, ya.

Itu barusan 10 lagu Malaysia yang tentu sudah akrab sekali di telinga beberapa generasi ’90-an. Kamu bisa dowload lagu Malaysia kesukaan kamu di situs officialnya atau dengan beli album resminya.

Ikuti tulisan menarik Candra Bi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler