x

Teknik dan trik fotografi keren dengan kamera handphone

Iklan

Candra Bi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Februari 2020

Senin, 30 Desember 2019 08:01 WIB

Trik Fotografi Keren dengan Kamera HP

Teknik fotografi dengan kamera HP Android dengan hasil yang sangat keren.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Seiring berkembang pesatnya teknologi kamera smartphone seperti sekarang ini, banyak kalangan pecinta dunia fotografi yang memanfaatkan kamera handphone miliknya untuk mengabadikan berbagai momen penting.

Jika Anda mengetahui triknya, Anda bisa menghasilkan gambar yang cukup bagus meskipun tidak menggunakan kamera DSLR. Cukup dengan kamera HP Android, Anda bisa menerapkan teknik fotografi keren dengan kamera HP, tentu saja hasilnya memukau.

Trik Fotografi Keren dengan Kamera Handphone

Nah apa saja yang perlu diperhatikan dan dipahami agar bisa memotret gambar dengan hasil fantastis menggunakan kamera handphone semacam smartphone Android yang terus menawarkan resolusi tinggi?

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Simak tips fotografi dengan kamera HP seperti diulas berikut ini yang dilansir dari situs info teknologi:

1. Cahaya merupakan modal terpenting

Fotografi pada dasarnya adalah melukis dengan cahaya. Jadi, pastikan saat Anda memotret memiliki terdapat cahaya yang cukup.

2. Usahakan objeknya diam

Salah satu kelebihan utama kamera DSLR atau mirrorless dalam memotret adalah kemampuan membekukan objek dengan kecepatan tinggi, nah ini tidak dimiliki kamera HP.

Oleh sebab itu, usahakan agar objek yang akan Anda potret dalam keadaan pasif atau diam agar hasilnya lebih optimal.

3. Tangan tidak boleh goyang

Jika tangan Anda gemetaran atau goyang saat mengambil gambar, maka hasilnya tidak akan bagus. Jadi, Anda perlu melatih tangan Anda agar tidak gemetaran saat memotret gambar.

4. Pilih sudut yang paling tepat

Untuk mendapatkan hasil foto yang bagus, Anda perlu memilih sudut pengambilan gambar yang paling tepat, terutama untuk pencahayaan.

5. Gunakan aplikasi bila perlu

Untuk mendapatkan efek tambahan, misalkan efek 360, Anda bisa memasang aplikasi kamera di smartphone Anda. Aplikasi semacam ini bisa ditemukan dengan mudah di Google Play.

6. Pelajari komposisi foto

Anda perlu memahami kecocokan objek dan background, warna, bentuk, dan garis karena komposisi foto itu memang sangat penting. Jika Anda sudah pernah membaca buku teknik fotografi dasar, Anda sudah fasih dengan hal ini.

7. Lensa kamera harus bersih

Lensa kamera HP mudah terkena debu. Sebelum Anda mengambil foto, pastikan lensa kamera dalam keadaan bersih karena debu yang menempel pada bagian lensa akan menyebabkan hasil potretan bermasalah.

8. Gunakan mode HDR disaat yang tepat

Fitur HDR bisa digunakan saat memotret dalam kondisi dengan kontras yang tinggi. Misalnya memotret di siang hari tapi objeknya dibagian yang gelap, misalnya karena terdapat pepohonan disekitarnya.

9. Jangan menggunakan zoom maksimal

Zoom berfungsi untuk mendekatkan objek. Namun, ada ukuran tersendiri sampai batas mana Anda bisa menggunakan efek zoom. Usahakan untuk menggunakan zoom sampai batas maksimalnya karena kualitas gambar akan mejadi buruk.

10. Gunakan kamera HP terbaik

Kamera HP yang bagus pasti mahal, kan? tidak juga. Saat ini cukup banyak pilihan HP Android triple kamera terbaik 1 jutaan. Anda hanya perlu memilah-milah dulu sebelum membeli. Cek spesifikasi kameranya sebelum beli.

11. Aktifkan mode burst

Pada beberapa tipe smartphone telah tersedia fitur burst, yaitu pilihan untuk memotret banyak foto secara berturut-turut. Agar momen yang Anda potret bisa terekam dengan sempurna, silahkan aktifkan mode ini.

Itulah beberapa trik fotografi keren dengan kamera HP, Anda bisa menerapkannya dan lihatlah hasilnya - Anda akan terkesan dengan kualitas jepretan Anda.

Ikuti tulisan menarik Candra Bi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler