7 Tip Mengadakan Lomba Agustusan agar Meriah - Urban - www.indonesiana.id
x

Danramil 0815/07 Kapten Inf Sasminto bersama Forpimka Jetis saat memberangkatkan peserta Gerak Jalan HUT Ke-74 Kemerdekaan RI

Panduan Menulis

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 11 November 2019

Selasa, 7 Januari 2020 06:07 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • 7 Tip Mengadakan Lomba Agustusan agar Meriah

    Banyak hal yang dapat Anda kerjakan supaya penyelenggaraan lomba 17 Agustus dapat berjalan sukses di bawah ini tips-tipsnya.

    Dibaca : 2.949 kali

    Mengadakan lomba 17 Agustus banyak dilakukan warga untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia. Acara tahunan ini umumnya berisi beberapa perlombaan untuk memperkuat kebersamaan masyarakat.

    Walau umumnya lomba diselenggarakan dalam rasio kecil, tetapi jika diurus secara baik karena itu acara dapat berjalan lebih lancar dan baik. Serta buat beberapa Karang Taruna yang serius mengurus momen ini, dapat jadi tempat pemberdayaan ekonomi warga. Ada acara, terdapat beberapa pemirsa, rotasi ekonomi juga berjalan.

    Banyak hal yang dapat Anda kerjakan supaya penyelenggaraan lomba 17 Agustus dapat berjalan sukses di bawah ini tips-tipsnya.

    Cara Menyusun Rencana Pengadaan Lomba Agustusan

    Menyiapkan gelaran lomba 17 Agustus jadi satu hal yang mutlak dibutuhkan supaya acara dapat berjalan dengan lancar. Banyak hal yang penting dikerjakan dalam persiapan ini salah satunya ialah;

    1. Membuat panitia pelaksana.

    Panitia pelaksana lomba 17 Agustus ini dibuat untuk mengatur beberapa hal tentang jalannya lomba, dari mulai rencana, memastikan materi lomba, waktu serta tempat penyelenggaraan, penggalangan dana, penerapan lomba, penyerahan hadian serta pelajari jalannya lomba.

    Banyak minimal panitia yang akan diikutsertakan dalam penyelenggaraan lomba 17 Agustus benar-benar bergantung dari kecil besarnya lomba yang akan diselenggarakan. Makin besar rasio lomba, maka semakin banyak juga panitia yang akan diikutsertakan.

    Susunan panitia pelaksana umumnya terbagi dalam ketua, sekretaris, bendahara, serta seksi-seksi lomba yang lain. Jumlahnya lomba yang akan diselenggarakan akan memengaruhi jumlahnya panitia yang akan diikutsertakan.

    2. Memastikan jenis lomba yang akan diadakan

    Terdapat beberapa jenis lomba 17 Agustus yang seringkali dikerjakan warga. Walau terdapat beberapa pilihan lomba, tetapi tetapkan jenis lomba itu berdasar keperluan warga seputar.

    Tanyakan dengan beberapa tokoh warga, sebab penentuan jenis lomba akan memengaruhi keperluan permodalan, usia serta jumlahnya calon peserta, dan tempat penyelenggaraan lomba.

    3. Memastikan waktu serta tempat perlombaan

    Waktu penyelenggaraan lomba 17 Agustus semakin lebih baik bila dikerjakan sebelum tanggal Hari Kemerdekaan. Mengenai waktu penerapan ialah pada sore hari sesudah beberapa anak pulang sekolah atau manfaatkan waktu libur sekolah.

    Penyelenggaraan lomba yang dikerjakan sebelum tanggal 17 Agustus ditujukan supaya penyerahan hadiah dapat dikerjakan disela-sela waktu upacara bendera atau waktu malam tirakatan.

    Tempat untuk penyelenggaraan lomba 17 Agustus seharusnya dalam tempat terbuka seperti lapangan atau pelataran balai desa/kelurahan. Bila tempat terbuka tidak ada dapat memakai jalan kampung, tetapi ketentuannya harus ada jalan pilihan bila sangat terpaksa penyelenggaraan lomba harus tutup jalan.

    4. Memastikan hadiah lomba 17 Agustus

    Bukan rahasia bila hadiah lomba ialah daya tarik paling ampuh untuk menarik ketertarikan peserta lomba. Makin tinggi nailai hadiah yang disiapkan, pasti makin banyak peserta yang bersedia terjebak diacara itu.

    Cek : Macam Macam Bonsai

    Nilai satu hadiah sebetulnya bukan sekedar seberapa uang banyak yang disiapkan panitia. Tetapi jenis penghargaan itu dapat berupa beberapa macam. Dari mulai hadiah berbentuk barang, marchandise, uang, piala, piagam, dan gengsi acara tersebut.

    Memastikan besaran hadiah lomba umumnya dipastikan berdasar unsur kesusahan jenis lomba yang diadakan, usia peserta yang diikutsertakan, serta pasti jumlahnya dana yang ada.

    5. Memastikan skema promo serta register peserta lomba

    Skema regristasi lomba 17 Agustus dapat dikerjakan dengan cara-cara yang dapat ditempuh. Panitia pelaksana dapat mencatat langsung siapapun yang direncanakan bisa ikuti perlombaan, selanjutnya mengontak orang berkaitan untuk pastikan kesediaannya untuk ikuti lomba.

    Langkah ke-2 yakni dengan membuat pengumuman yang ditempel di papan-papan info. Langkah ke-3 yakni dengan menginformasikan pekerjaan lomba 17 Agustus di acara ibu-ibu PKK, acara kelompok RT, serta acara-acara yang lain.

    Simak : Pengertian Bonsai

    6. Perizinan acara lomba

    Walau cuma hanya acara lomba 17 Agustus, semakin lebih baik bila acara itu punya izin sah dari pemangku kebijaksanaan dilingkungan seputar. Dapat diawali dari izin RT/RW, lurah/Kepala Desa, atau kepolisian ditempat.

    Perizinan jika dapat bukan sekedar berbentuk lisan, tetapi tercatat berbentuk surat izin penyelenggaraan acara. Ini penting, sebab tidak hanya bermanfaat untuk berjaga-jaga bila berlangsung suatu hal yang tidak diharapkan, perizinan ini bermanfaat untuk lampiran proposal pekerjaan bila ingin ajukan permodalan ke faksi sponsor.

    7. Sarana informasi

    Sesudah semua persiapan telah dipastikan, satu hal yang tidak kalah penting ialah membuat beberapa fasilitas info pekerjaan lomba 17 Agustus.

    Fasilitas info lomba ini dapat berbentuk tulisan atau pertanda untuk menerangkan beberapa hal yang tersangkut keperluan lomba, contohnya papan penunjuk tempat parkir, tempat register lagi, toilet, tempat lomba, nomor peserta, ID card panitia, dan lain-lain. Info ini bermanfaat untuk memudahkan kebanyakan orang yang terjebak dalam lomba itu.

    Baca Juga : Jenis Bonsai Terbaik

    8. Penggalangan Dana

    Sekecil apa saja lomba 17 Agustus yang akan diadakan, tentu tidak lepas dari masalah dana. Sesudah segalanya mengenai perlombaan dipastikan, langkah setelah itu memastikan besaran dana yang diperlukan serta bagaimanakah cara untuk memperoleh dana itu.

    Beberapa sumber dana yang dapat dibuka untuk menyukseskan acara lomba 17 Agustus salah satunya, pungutan masyarakat, register peserta, donatur, dana pemerintah, sponsorship atau lewat proposal, itu pun sudah banyak contoh proposal 17 Agustus yang bisa ditiru. Upayakan semua jalan ditempuh supaya acara lomba dapat berjalan dengan lancar. Jangan malas untuk bikin proposal.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.