x

lantai kayu merbau di kamar tidur tampil elegan dan nyaman digunakan

Iklan

IT Team (wijdan)

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 Januari 2020

Kamis, 16 Januari 2020 05:54 WIB

Benarkah Lantai Kayu Lebih Baik dari Lantai Keramik?

disini kita mengulas perbandingan antara lantai keramik dan lantai parket kayu dengan kekurangan kelebihan diantara keduanya dan mana yang lebih baik untuk hunian anda

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

sekarang ini pemilihan lantai untuk hunian semakin berpariasi baik dari bahan buatnya, coraknya juga modelnya. Bahkan yang  baru-baru ini kita mengenal lantai bambu atau lantai dari bahan kimia.

Meskipun demikian eksistensi dari lantai keramik dan lantai kayu masih mendominasi pasar lantai untuk hunian. Apalagi jenis lantai keramik, lantai yang memiliki harga ekonomis namun sangat tahan lama ini memang selalu menjadi andalan orang-orang untuk menjadi lapisan bawah rumahnya.

Lantai kayu tidak mau kalah, dengan adanya teknologi finishing dan juga system oven untuk meningkatkan daya tahan pada lantai kayu yang dikembangkan oleh para produsen lantai kayu ini juga akhir-akhir ini banyak menjadi pilihan untuk di pasang.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Jika anda sedang mencari lantai terbaik untuk hunian masih meragukan apakah lantai kayu ini mampu menandingi kualitas dari lantai keramik atau tidak, ok kali ini mari kita sedikit buka informasi mengenal lantai kayu ini.

Apa itu lantai kayu ?

 lantai kayu solid dari kayu jati dan Merbau

Lantai kayu atau dikenal juga dengan sebutan lantai parket dan parket kayu adalah jenis lantai yang terbuat dari kayu, baik itu dari kayu utuh ataupun serbuk kayu yang diolah kembali. Lantai kayu yang terbuat dari kayu utuh ini disebut parket solid sedangkan lantai kayu serbuk kayu dikenal dengan nama laminated flooring.

Lantai kayu parket ini dapat dikatakan lebih baik dari keramik karena :

  • memiliki corak yang lebih menarik karena terbuat dari bahan alami kayu, dimana kayu ini memiliki corak-corak alami yang sulit di tebak arahnya, dan masing-masing kayu untuk lantai ini berbeda-beda desain coraknya
  • memiliki karakteristik lebih empuk di banding keramik. empuknya lantai ini tentu dapat membuat anda lebih nyaman saat berjalan diatasnya.
  • tidak mudah terlihat kotor. Dengan warna yang dominan gelap, lantai parket kayu ini memang akan terlihat lebih bersih dibandingkan lantai keramik
  • lebih nyaman. Meskipun kenyaman seseorang berbeda-beda, akan tetapi bagi kami atau saya khususnya, ketika menggunakan lantai parket kayu ini rasanya jauh lebih nyaman dibandingkan menggunakan lantai keramik kita melangkah diatasnya.
  • Lebih ramah terhadap kesehatan. karena tempelaturnya yang tidak dingin akan mengurangi resiko dari penyakit keramik juga kayu ini dinilai banyak mengandung ion negatif dimana ion negatif ini sangat baik untuk sehatan.

meskipun demikian, kadang orang akan berpikir ulang untuk menggunakan lantai kayu karena :

  • Harganya yang lebih mahal. wajar juga jika harga lantai kayu ini sangat mahal karena jumlah kayu sendiri sangatlah terbatas
  • biaya pasangnya yang mahal. selain harga material parketnya, biaya pemasangannya juga terbilang cukup mahal untuk jenis kayu solid, biaya pasang lantai kayu ini mahal karena banyak tahapan yang harus dilalui untuk memasang parket lantai kayu
  • resiko rusak lebih tinggi. Lantai kayu ini memang merupakan jenis lantai yang cukup awet, akan tetapi jika dibandingkan dengan lantai keramik tentu bahan kayu ada batasan usianya dan ini merupakan pertimbangan tersendiri ketika anda hendak menggunakan lantai parket kayu

Kesimpulan

dari pertanyaan “benarkan lantai kayu lebih baik dari lantai keramik?” ada bagian dimana lantai kayu tersebut lebih baik dan ada juga beberapa bagian dimana lantai keramik lebih baik dari parket kayu. Oleh karenanya, untuk menentukan yang mana yang paling baik adalah sesuai dengan kebutuhan anda.

Jika anda membutuhkan lantai yang memiliki estetika tinggi maka pilihlah lantai kayu, namun jika anda inginkan lantai yang sangat awet dan murah bisa memilih lantai keramik.

Ikuti tulisan menarik IT Team (wijdan) lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler