x

Iklan

Nirvana Harapan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Desember 2019

Kamis, 16 Januari 2020 14:00 WIB

Google Ads: Pengertian, Cara Kerja, dan Jenis-jenisnya

Google Ads adalah layanan yang disediakan oleh Google untuk pengusaha untuk beriklan di platform di bawah naungan Google. Sebagai perusahaan teknologi digital terbesar di dunia, beriklan melalui Google berarti Anda akan memiliki kesempatan untuk tampil di iklan di halaman pencarian Google.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Jenis iklan Google apa yang terbaik untuk Anda?

Tujuan dari Iklan Google adalah untuk meningkatkan visibilitas bisnis Anda. Dapatkan lebih banyak orang untuk memasuki situs Anda, menarik lebih banyak orang untuk membeli produk Anda, memberi tahu lebih banyak orang tentang produk atau fitur baru yang ditemukan dalam merek Anda, dll. Google menyediakan beberapa jenis penempatan iklan yang dapat dipilih berdasarkan jenis iklan atau kampanye perusahaan/merek Anda.

Anda dapat memilih satu atau beberapa jenis iklan untuk ditampilkan, yang paling mudah diakses oleh konsumen target Anda, lakukan pengujian platform yang memiliki hasil paling memuaskan, yang paling menguntungkan, dll. Ini adalah jenis jasa Google Ads yang dapat dipilih:

1. Cari halaman iklan

Jenis iklan ini dapat menjadi langkah pertama untuk menguji kualitas iklan Anda dan merupakan jenis iklan yang paling banyak dipilih oleh spesialis pemasaran. Iklan halaman pencarian adalah iklan yang muncul ketika pengguna Internet menulis kata kunci dari iklan target mereka. Iklan akan muncul di bagian atas hasil pencarian atau di bagian bawah dan ditandai dengan kata-kata "Iklan" di kotak kecil. Dengan iklan yang muncul di hasil pencarian, Anda pasti akan menambahkan lebih banyak lalu lintas ke halaman arahan situs Anda dan melakukan apa yang diminta untuk Anda lakukan ke halaman arahan

2. Beriklan di jaringan situs online

Jenis kedua Google Ads adalah iklan yang muncul di situs online yang dibuka pengguna melalui Internet. Fungsi Google Ads adalah untuk menarik orang untuk mengklik spanduk iklan yang dipasang di situs online, situs media, blog dan situs lain yang membuka platform bagi Google untuk memasang iklan gambar dan video.

Penggunaan jenis iklan ini sedikit lebih rumit karena kinerja iklan tergantung pada kualitas konten iklan karena pengguna cukup mengklik tombol tutup, yang berarti bahwa iklan tidak akan ditampilkan kepada pengguna oleh kedua kalinya

3. Membeli iklan jaringan

Iklan ini mirip dengan katalog yang hanya menampilkan foto produk, nama produk, dan harga. Cocok untuk perusahaan yang ingin menawarkan produk langsung dan bukan layanan, apalagi cerita tentang nilai merek. Jenis iklan ini banyak digunakan oleh pebisnis online yang memiliki toko online, baik di toko online maupun di pasar. Iklan tidak hanya muncul di Google Shopping, tetapi juga muncul ketika pengguna Internet mengetik kata kunci tertentu yang mengaktifkan tampilan iklan Google Shopping.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

4. Iklan jaringan video

Iklan Google Iklan ini akan menampilkan kampanye iklan Anda di video YouTube yang relevan dengan kategori iklan. Iklan dapat muncul di awal atau di tengah saat menonton video. Dalam jenis iklan ini, penampil video memiliki opsi untuk tidak melihat iklan sampai selesai dengan mengklik tombol Lewati iklan. Semua iklan yang ditekan dengan tombol Lewati iklan tidak akan dikenakan biaya iklan. Pemirsa video yang tertarik dengan iklan Anda cukup klik pada video yang kemudian akan diarahkan langsung ke halaman arahan Anda.

5. Aplikasi periklanan jaringan

Iklan ini umumnya digunakan untuk mendorong lebih banyak orang mengunduh aplikasi seluler Anda, mengunduh konten digitalnya, atau mendorong lebih banyak kegiatan yang dilakukan dengan aplikasi Anda. Google Adsense ini hanya ditampilkan di smartphone dan tablet yang kemudian akan diarahkan ke halaman pengunduhan aplikasi. Platform ini umumnya digunakan untuk iklan yang ditujukan untuk audiens muda.

Ikuti tulisan menarik Nirvana Harapan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler