Pokdarwis Banuanta, Kebanggan Berau - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Mentari Pagi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 Januari 2020

Kamis, 30 Januari 2020 06:32 WIB

  • Peristiwa
  • Berita Utama
  • Pokdarwis Banuanta, Kebanggan Berau


    Dibaca : 1.245 kali

    Memajukan sektor pariwisata adalah jalan panjang yang membutuhkan kerja bersama antara banyak instansi dan masyarakat. Upaya ini dibutuhkan agar pariwisata berkelanjutan bisa terus berjalan. Salah satu implementasinya adalah pembentukan Kelompok Sadar Wisata alias Pokdarwis. Tugas pokok dan fungsi Pokdarwis antara lain adalah mengelola potensi wisata daerah serta melakukan pengontrolan supaya tempat wisata tersebut tetap terjaga. Pokdarwis umumnya beranggotakan pemuda lokal dan perangkat-perangkat daerah yang nantinya akan membentuk struktur kepengurusan tersendiri yang terdiri dari ketua, sekretaris, bendahara dan beberapa divisi.

    Kini beberapa Pokdarwis telah serius dan berhasil menggarap potensi daerahnya. Kekreatifan yang dihasilkan tidak tanggung-tanggung. Seperti misal Pokdarwis Banuanta di Tanjung Redeb, Berau. Pokdarwis Banuanta pada Juli 2019 silam berhasil memenangkan kompetisi Pokdarwis se-kabupaten Berau dan membawa mereka ke kompetisi Pokdarwis tingkat provinsi pada September 2019.

    Pada penilaian pokdarwis di tingkat kabupaten, Pokdarwis Banuanta dinilai memiliki nilai tambah dalam hal inovasi. Inovasi yang dilakukan adalah membuat wisata Kampung Batik Gang Alam dan menghubungkan wisata religi Makam Syech HM Ali Junaidi serta wisata kuliner di Jalan Pulau Derawan dan Ahmad Yani. Dari poin ini, kita bisa melihat bahwa sejatinya memang dibutuhkan kecerdikan dan kecerdasan dalam melakukan pengelolaan potensi wisata daerah. Matinya inovasi akan melemahkan sektor pariwisata secara langsung, apalagi jika tempat wisata tersebut ramai karena tren. Jika tren mati dan tidak dibarengi dengan inovasi dari pengelola, maka tidak perlu menunggu lama, pasti akan segera menjadi sepi.

    Muharram selaku Bupati Berau yang turut hadir dalam penilaian Pokdarwis Banuanta menyatakan harapannya agar pokdarwis-pokdarwis lain bisa terus berinovasi dan bisa bekerjasama dengan pihak terkait, seperti Dinas Pariwisata tingkat provinsi supaya meningkatkan ilmu dan juga jejaring.

     

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.