Irigasi Jadi Konsentrasi DPUPR Berau - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Nabil Irhamsyah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 Januari 2020

Rabu, 12 Februari 2020 10:00 WIB
  • Peristiwa
  • Berita Utama
  • Irigasi Jadi Konsentrasi DPUPR Berau

    Dibaca : 232 kali

    Air merupakan komponen penting bagi makhluk hidup. Baik hewan maupun tanaman sangat bergantung terhadap air. Bagi manusia, tanaman menjadi sumber pokok untuk mendapatkan energi yang berasal dari karbohidrat. Sumber karbohidrat bisa ditemukan dari tanaman-tanaman seperti singkong, jagung dan padi.


    Padi merupakan makanan pokok bagi masyarakat Indonesia pada umumnya. Padi di Indonesia sendiri biasa ditanam di sawah. Padi memerlukan air untuk perkembangan hidupnya agar bisa dikonsumsi oleh manusia. Oleh karena itu, untuk mendapatkan sawah yang bisa menghasilkan padi berkualitas baik, dibutuhkan sistem irigasi yang bagus pula untuk mencapai hasil itu.

    Saat ini, Berau memiliki lebih dari 11.241 hektare sawah dengan produksi padi mencapai 17.999 ton per tahun. Luas lahan tersebut perlu diseimbangi dengan sistem irigasi yang mumpuni. Oleh karena itu, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Berau fokus terhadap pembangunan infrastruktur irigasi.

    Proyek Irigasi ini dibangung untuk meningkatkan produktifitas dan kualitas apa yang ditanam oleh petani. Selain itu, pembangunan irigasi ini bermuara di Sungai Kelai maupun Sungai Segah sebagai sistem penanggulangan banjir saat musim hujan. Penambahan jalur irigasi tersebut akan memangkas anggaran saluran irigasi. Program ini bertujuan untuk membantu Rumah Tangga Miskin dalam pengelolaan lahan pertanian.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.