Mudahkan Lulusan, Career Expo UPH Salah Satu Wujud ‘Pengabdian kepada Masyarakat’ - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Aurelia Natasya

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 Juli 2019

Kamis, 20 Februari 2020 05:58 WIB
  • Peristiwa
  • Berita Utama
  • Mudahkan Lulusan, Career Expo UPH Salah Satu Wujud ‘Pengabdian kepada Masyarakat’

    Dibaca : 1.040 kali

    Kontribusi Universitas Pelita Harapan (UPH) tidak terbatas dikerahkan pada mahasiswa atau lulusannya saja, masyarakat luas pun turut dapat merasakannya. Hal ini membuktikan bahwa UPH mewujudkan salah satu aspek yang terdapat pada Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Salah satunya melalui Career Expo UPH 2020, bertajuk “Make Your Own Way”, berlangsung pada 14-15 Februari 2020.

    Berbeda dari tahun sebelumnya, kali ini Career Expo UPH menyediakan sistem digital yang semakin memudahkan para pencari kerja yang hadir. “Tahun ini kami melakukan kerja sama dengan mahasiswa SISTECH UPH untuk membuat sistem digital dimana job seeker bisa langsung upload CV dan apply melalui platform digital tersebut. Hal ini dapat memudahkan dan mempersingkat waktu mereka dalam melamar pekerjaan yang diinginkan,” kata Dharamanita Kusumaningrum – Manager of Corporate Relations UPH.

    Kali ini terdapat 50 perusahaan besar di berbagai bidang yang telah memiliki banyak lini usaha hadir dalam Career Expo UPH 2020, seperti Honda Prospect Motor, Astra, BMW, Bank Centra Asia, JD.ID, PT Charoen Pokphand Indonesia, dan masih banyak lagi. Acara yang juga terbuka bagi publik ini dikunjungi oleh kurang lebih 800 orang.

    Tentunya setiap perusahaan yang hadir dalam acara ini berharap untuk mendapatkan pekerja sebanyak-banyaknya seperti yang diakui oleh Klara yang merupakan staf HR PT Charoen Pokphand Indonesia.

    “Kami baru pertama kali mengikuti acara ini, karena memang kami ingin menyasar beberapa program studi di UPH, di antaranya adalah Biotechnology dan Food Technology. Kedua jurusan ini sangat relevan dengan bidang pekerjaan yang sedang kami perlukan, yaitu Food Business. Harapannya adalah PT Charoen Pokphand bisa memperoleh kandidat, khususnya lulusan baru UPH yang banyak dari acara ini,” ucap Klara.

    Hal serupa juga dikatakan oleh Ledy sebagai staf HR BMW, dia menyatakan bahwa dengan mengikuti Career Expo UPH ini langkah perusahaannya dalam mencari kandidat atau calon pekerja menjadi lebih terarah.

    “Kami baru pertama kali ikut Career Expo di UPH dan membuka lowongan untuk Sales Consultant dan Business Consultant, lowongan ini terbuka bagi seluruh program studi. Bahkan, kami sudah memiliki lulusan UPH di BMW. Kinerja dari lulusan UPH ini sangat bagus, bahkan ia menjadi top sales di BMW,” tutur Ledy.

    Jika kedua perusahaan sebelumnya baru pertama kali mengikuti Career Expo UPH, lain halnya dengan Honda Prospect Motor yang telah mengikuti acara ini sebanyak tiga kali.

    “Kami tertarik untuk kembali mengikuti Career Expo UPH karena di HPM sendiri sudah ada beberapa lulusan UPH yang menurut kami kinerjanya bagus. Bahkan ada yang sudah menjadi Manager. Selain itu, beberapa program studi seperti Teknik Industri dan Manajemen yang ada di UPH juga relevan dengan profesi pekerjaan yang kami butuhkan,” ujar Tami – Staf HR Honda Prospect Motor.

    Sementara itu, sebagai peserta manfaat dari Career Expo UPH ini juga dirasakan oleh para lulusan baru. Salah satunya adalah Rizka Lesmana yang berasal dari Universitas Multimedia Nusantara mengaku merasa terbantu dengan adanya acara ini.

    “Melalui acara ini saya bisa bertemu dengan staf HRD langsung, dan juga dapat mempercepat proses untuk apply pekerjaan, karena tadi sudah daftar langsung. Jadi, saya merasa sangat terbantu dengan adanya acara ini,” katanya.

    Hal senada juga dikatakan oleh Yasmine yang merupakan lulusan baru dari program studi Manajemen UPH. Yasmine menyadari bahwa acara ini memberikan manfaat bagi dirinya, terutama dalam mencari perusahaan yang diinginkannya, yaitu dengan bidang pekerjaan retail.

    Berlangsungnya acara ini tidak lepas dari adanya kerja sama antara Career Center dan BEM UPH. Dengan adanya acara ini, BEM UPH pun membuktikan kontribusinya dalam melayani masyarakat di luar UPH, khususnya dalam hal mencari pekerjaan bagi lulusan baru.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.