x

ilustr: Washington Post

Iklan

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Jumat, 28 Februari 2020 09:56 WIB

Empati Seseorang Dapat Dideteksi Saat Otaknya Sedang Beristirahat

Tentang peran otak dalam empati seseorang.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Temuan dapat membantu para profesional perawatan kesehatan menilai lebih baik mereka yang menderita autisme, skizofrenia. 

Peneliti UCLA telah menemukan bahwa adalah mungkin untuk menilai kemampuan seseorang untuk merasakan empati dengan mempelajari aktivitas otak mereka saat mereka beristirahat daripada saat mereka terlibat dalam tugas tertentu.

Secara tradisional, empati dinilai melalui penggunaan kuesioner dan penilaian psikologis. Temuan penelitian ini menawarkan alternatif bagi orang yang mungkin mengalami kesulitan mengisi kuesioner, seperti orang dengan penyakit mental atau autisme yang parah, kata penulis senior Dr. Marco Iacoboni, profesor ilmu psikiatri dan ilmu biobehavioral di David Geffen School of Medicine di UCLA. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Menilai empati seringkali paling sulit dalam populasi yang paling membutuhkannya," kata Iacoboni. "Empati adalah landasan kesehatan mental dan kesejahteraan. Ia mempromosikan perilaku sosial dan kooperatif melalui kepedulian kita terhadap orang lain. Ini juga membantu kita untuk menyimpulkan dan memprediksi perasaan, perilaku, dan niat internal orang lain." 

Iacoboni telah lama mempelajari empati pada manusia. Penelitian sebelumnya melibatkan pengujian empati pada orang yang mengalami dilema moral atau menyaksikan seseorang kesakitan. 

Untuk studi saat ini, yang diterbitkan dalam Frontiers in Integrative Neuroscience, peneliti merekrut 58 peserta pria dan wanita berusia 18 hingga 35 tahun. 

Data aktivitas otak yang istirahat dikumpulkan menggunakan pencitraan resonansi magnetik fungsional, atau fMRI, teknik non-invasif untuk mengukur dan memetakan aktivitas otak melalui perubahan kecil dalam aliran darah. Peserta diminta untuk membiarkan pikiran mereka berkeliaran sambil menjaga mata mereka tetap diam, dengan melihat salib fiksasi pada layar hitam. 

Setelah itu, para peserta mengisi kuesioner yang dirancang untuk mengukur empati. Mereka menilai bagaimana pernyataan seperti "Saya sering memiliki perasaan lembut dan peduli kepada orang-orang yang kurang beruntung daripada saya" dan "Saya kadang-kadang mencoba memahami teman-teman saya lebih baik dengan membayangkan bagaimana hal-hal terlihat dari perspektif mereka" menggambarkan mereka pada skala lima poin dari " tidak baik "menjadi" sangat baik. " 

Para peneliti ingin mengukur seberapa akurat mereka dapat memprediksi disposisi empati peserta, yang ditandai sebagai kesediaan dan kemampuan untuk memahami situasi orang lain, dengan menganalisis pemindaian otak. 

Prediksi dibuat dengan melihat aktivitas istirahat di jaringan otak tertentu yang penelitian sebelumnya menunjukkan penting untuk empati. Para peneliti menggunakan suatu bentuk kecerdasan buatan yang disebut pembelajaran mesin, yang dapat mengambil pola-pola halus dalam data yang mungkin tidak dianalisis oleh data yang lebih tradisional. 

"Kami menemukan bahwa bahkan ketika tidak terlibat secara langsung dalam tugas yang melibatkan empati, aktivitas otak dalam jaringan ini dapat mengungkapkan disposisi empatik orang," kata Iacoboni. "Keindahan dari penelitian ini adalah bahwa MRI membantu kami memprediksi hasil kuesioner masing-masing peserta." 

Temuan ini dapat membantu profesional perawatan kesehatan menilai empati lebih baik pada orang dengan autisme atau skizofrenia, yang mungkin mengalami kesulitan mengisi kuesioner atau mengekspresikan emosi. 

"Orang dengan kondisi ini dianggap kurang empati," katanya. "Tetapi jika kita dapat menunjukkan bahwa otak mereka memiliki kemampuan untuk empati, kita dapat bekerja untuk memperbaikinya melalui pelatihan dan penggunaan terapi lain." 

Lebih lanjut, kata penulis utama Leonardo Christov-Moore, seorang postdoctoral fellow saat ini di USC's Brain and Creativity Institute, teknik ini dapat diperluas untuk meningkatkan perawatan serta diagnosis.

"Kekuatan prediktif dari algoritma pembelajaran mesin seperti ini, ketika diterapkan pada data otak, juga dapat membantu kami memprediksi seberapa baik pasien yang diberikan akan menanggapi intervensi yang diberikan, membantu kami menyesuaikan strategi terapi yang optimal sejak awal."

Studi ini menambah badan penelitian yang menunjukkan bahwa otak saat istirahat sama aktifnya dengan otak yang terlibat dalam suatu tugas, dan bahwa jaringan otak di otak yang beristirahat dapat berinteraksi dengan cara yang sama seperti ketika mereka terlibat dalam suatu tugas.

Iacoboni mengatakan di masa depan, studi yang lebih besar dapat membantu mengidentifikasi daerah lain dari otak yang terkait dengan empati.

(Sumber Bacaan: ScienceDaily)

***
Solo, Jumat, 28 Februari 2020. 8:53 am
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko

Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler