x

Iklan

Elvanius Brilliant

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 20 Februari 2020

Selasa, 3 Maret 2020 17:31 WIB

3 Tips Mendidik Anak Berkarakter, Semua Orang Tua Wajib Tahu

Apakah Anda ingin anak Anda menjadi anak berkarakter? Saya yakin, semua orang tua ingin mendidik anak berkarakter, tetapi tidak semuanya tahu bagaimana caranya untuk mendidik anak berkarakter.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Apakah Anda ingin anak Anda menjadi anak berkarakter? Saya yakin, semua orang tua ingin mendidik anak berkarakter, tetapi tidak semuanya tahu bagaimana caranya untuk mendidik anak berkarakter.

 

1. Ingat, Anak Anda Selalu Meniru Anda

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Tips pertama untuk mendidik anak berkarakter adalah Anda harus selalu ingat bahwa setiap saat anak Anda memperhatikan Anda. Karena anak adalah peniru yang baik maka sudah menjadi tugas Anda untuk menjadi teladan dalam karakter, perkataan, etika, sopan santun, dan hal-hal positif lainnya. Anda tidak perlu terlalu khawatir karena anak tidak mendengarkan Anda, tapi yang perlu Anda ingat adalah anak Anda memperhatikan dan meniru teladan dan karakter Anda.

 2. Aktif

Tips kedua untuk mendidik anak berkarakter terinspirasi dari salah satu artis ternama di Indonesia, Dian Sastrowardo, ketika diwawancarai dan ditanya mengenai masa kecilnya, dia berkata bahwa untuk menjadi anak berkarakter adalah harus aktif berbagai kegiatan apapun itu selagi positif. Bisa dengan mengikuti kelas seni, musik, olahraga, organisasi, atau apapun itu. Aktif di berbagai kegiatan positif yang bisa membentuk anak berkarakter. Selain Dian Sastro, ada juga tokoh Educator di Indonesia yaitu Merry Riana yang juga fokus membentuk anak berkarakter melalui penanaman nilai-nilai penting dalam kehidupan seperti networking, karakter, cara mudah bergaul dan bersosialisasi, pentingya mengenal tujuan hidup, dan lain sebagainya.

 

3. Ajarkan Pentingnya Spiritual

Tips mendidik anak berkarakter yang terakhir adalah pentingnya pendidikan agama. Apapun agamanya, sangat penting untuk mengajarkan anak untuk menjadi anak yang taat akan Tuhan. Seringkali anak berkarakter merupakan anak yang juga takut akan Tuhan. Dengan nilai spiritual yang kuat, anak akan lebih tangguh ketika menghadapi persoalan hidup.

 

Itulah dia 3 tips sederhana bagaimana mendidik anak berkarakter. Semoga bermanfaat!

Ikuti tulisan menarik Elvanius Brilliant lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu