Kendalikan Hama WBC Babinsa Sumberkarang Bersama BPP & Poktan Semprot Tanaman Padi - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Babinsa Sumberkarang Koramil Dlanggu Sertu Mochammad Sholeh bareng bersama BPP, Petugas POPT, PPL dan Poktan lakukan penyemprotan tanaman padi, antisipasi hama WBC

Anan Alkarawangi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 21 Maret 2020 13:12 WIB
  • Peristiwa
  • Berita Utama
  • Kendalikan Hama WBC Babinsa Sumberkarang Bersama BPP & Poktan Semprot Tanaman Padi

    Dibaca : 975 kali

    Mojokerto, – Babinsa Sumberkarang Koramil 0815/14 Dlanggu Kodim 0815/Mojokerto Sertu Mochamad Soleh bersama BPP, Petugas POPT, PPL dan Poktan melaksanakan gerakan penyemprotan tanaman padi guna mengendalikan hama wereng batang coklat (WBC) di Dusun Sumbersari Desa Sumberkarang Kecamatan Dlanggu Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Jum’at (20/03/2020) pagi.

    Seperti kita ketahui bersama, pada umumnya hama wereng batang coklat (WBC) bisa menjadi ancaman serius bagi para petani karena keberadaan hama tersebut paling berbahaya dan merugikan. Hama WBC saat menyerang tanaman padi dengan cara menghisap cairan tumbuhan dan sekaligus juga menyebarkan beberapa virus (terutama reovirus) yang menyebabkan penyakit tungro.

    Kali ini, sebagai langkah antisipasi meluasnya serangan hama wereng tersebut, Babinsa Sumberkarang Sertu Mochamad Soleh bersama BPP, PPL dan petani yang tergabung dalam Poktan Sumber Makmur-2 melakukan penyemprotan secara massal di lahan tanaman padi seluas 3 hektare.

    Babinsa Sumberkarang Koramil Dlanggu Sertu Mochammad Sholeh bareng bersama BPP, Petugas POPT, PPL dan Poktan lakukan penyemprotan tanaman padi, antisipasi hama WBC

    Pantauan Babinsa di lapangan, penyemprotan tanaman padi varietas Ciherang berumur 75 hari di areal tersebut menggunakan insektisida Winder 25 WP dengan menggunakan sejumlah semprotan tangan (handsprayer) milik Gapoktan. 

    Menurut Babinsa, pada kesempatan tersebut, Ka BPP Kecamatan Dlanggu, Amin, SP dan Petugas Pengamat Organisme Pengganggu Tanaman (POPT) H. Slamet yang didampingi PPL Yudi Setiawan, SP., menghimbau para petani untuk mewaspadai serangan hama wereng batang coklat.

    “Hama wereng batang coklat ini harus cepat diatasi, karena bila terlambat dalam penanganan, maka potensi gagal panen bisa dialami petani sehingga berdampak pada kestabilan ketersediaan pangan di wilayah,” ungkapnya.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.