Tren Belajar Online Karena Corona - - www.indonesiana.id
x

Allifna Rohmatal ' Aza

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 Januari 2020

Rabu, 1 April 2020 16:33 WIB

  • Topik Utama
  • Tren Belajar Online Karena Corona


    Dibaca : 1.260 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Ar Raayah.Com

    Tidak diragukan lagi bahwa virus covid-19 yang baru-baru ini menyerang dunia berdampak besar di berbagai bidang, salah satunya Pendidikan. Adanya social distancing membuat pembelajaran secara tatap muka terhenti dan digantikan dengan sistem belajar online. Salah satu pelajar SMA di Mataram, NTB Aisya Kamalunnisa mengatakan bahwa sistem ini memiliki plus dan minus dalam penerapannya. “Belajar dengan sistem ini ada plus minusnya. Tapi, kebanyakan minusnya karena di awal pembelajaran kita fokus sama tugas, namun jika ada notifikasi chat, konsentrasinya jadi buyar dan malah menghiraukan chatnya. Kalo plusnya sih enak karena gak perlu keluar dan lebih nyantai.”

              Ketika ditanya di kediamannya Jalan Jalak Putih V Singaraja-Bali, ia mengaku tidak mendukung sistem ini karena merasa tidak nyaman. “Saya ngerasa gak nyaman aja, yang seharusnya jam mapelnya selesai malah ada tambahan tugas tiba-tiba dan harus dikumpul secepatnya. Jadinya, planning yang udah dibuat jadi berantakan”, ujarnya.

              Ibu Aisya mengatakan pada Sabtu (28/3) bahwa sistem ini menjadi efektif karena keadaan darurat. “Yaa, mau dibilang efektif bagaimana karena yang seharusnya itu siswa berhadapan dengan gurunya. Tapi karena keadaan yang mendesak, mau gak mau ya harus mengikuti pemerintah”, ucap sang ibu. Dia juga berkata bahwa kebijakan ini mendatangkan kebahagiaan karena dapat berkumpul bersama keluarga dengan lengkap. “Alhamdulillah, ya seneng bisa kumpul sama anak-anak yang biasanya pulang setahun sekali atau setahun dua kali. Ada juga yang bantu bersih-bersih rumah dan mengerjakan pekerjaan lainnya.”

              Kebijakan yang diambil pemerintah memang ada kerugian dan kelebihannya. Namun yang menjadi harapan kita bahwa pendidikan di negeri ini harus tetap berjalan dan maju untuk membangun sebuah bangsa yang diimpikan rakyat bagaimanapun keadaannya.

     

     

    Ikuti tulisan menarik Allifna Rohmatal ' Aza lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.