x

Anak dan Pesawat Terbang (Sumber: Pixabay)

Iklan

Iwan Kurniawan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Kamis, 2 April 2020 13:56 WIB

Teka-teki Tersulit di Dunia #6: Di Mana Menguburnya? (dan jawaban Teka-teki #5)

Teka teki kali ini soal hukum internasional. Para mahasiswa Hubungan Internasional silahkan membuat analisa yang meyakinkan. Teka teki ini berkaitan dengan kecelakaan pesawat.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Teka teki kali ini soal hukum internasional. Para mahasiswa Hubungan Internasional silahkan membuat analisa yang meyakinkan.

Teka tekinya demikian.

Jika sebuah pesawat terbang jatuh di perbatasan Indonesia dan Malaysia, di negara manakan korban yang selamat akan dikuburkan?

Silahkan jawab di kotak komentar di bawah ini. Saya akan menulis artikel mengenai jawabannya besok.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Selamat menebak. Tetap di rumah dan jaga kesehatan.

Jawaban Teka-teki #5: Siapa Pilot Pesawat Itu?

Kemarin saya menulis teka teki demikian:

Seorang pria dan anaknya naik sebuah pesawat terbang.

Di tengah perjalanan, sang anak ingin melihat cockpit pesawat. Sang ayah lantas membawa sang anak ke cockpit dan bertemu dengan pilot dan copilot. Setelah puas melihat-lihat, sang anak dan ayahnya kembali ke kursi mereka. Pilot pesawat itu lalu berkata kepada copilot: "Itu tadi anak saya."

Jawaban sederhana: pilot itu ibunya.

Banyak yang bingung dengan teka teki ini. Jawabannya bisa macam-macam. Sebagian masih terjebak dalam perspektif ketidaksetaraan gender sehingga susah menerima bahwa ada pilot yang perempuan.

Ada, misalnya, yang menjawab bahwa pilot itu ayah kandungnya dan pria yang membawa sang anak adalah ayah tirinya. Bisa jadi ini benar, tapi secara implisit si penjawab tampak susah menerima pandangan bahwa sang pilot itu perempuan dan mencari jawaban alternatif lain.

Teka teki ini sering digunakan para psikolog dan sosiolog untuk menguji pandangan individu atau kelompok terhadap ketidaksetaraan gender. Devorah Blachor, misalnya, menulis kembali kasus ini di situs McSweeney. Puluhan tahun lalu profesi pilot mungkin cuma diisi kaum adam tapi sekarang perempuan pilot adalah hal yang jamak. Namun, nyatanya, fakta ini pun masih sukar diterima kebanyakan orang.

Teka Teki lain

Ikuti tulisan menarik Iwan Kurniawan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler