x

Sang Raja (Source: Pixabay)

Iklan

Iwan Kurniawan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Senin, 30 Maret 2020 10:32 WIB

Teka-teki Tersulit Di Dunia #3: Presiden Pelupa dan Menteri Pembohong

Teka teki kali ini merupakan modifikasi dari salah satu materi dalam buku matematiawan Amerika Serikat Raymond M. Smullyan, "What is the Name of This Book? : The Riddle of Dracula and Other Logical Puzzles" (1978). Ini bukan tebakan matematika tapi lebih pada penalaran logis.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Teka teki kali ini merupakan modifikasi dari salah satu materi dalam buku matematiawan Amerika Serikat Raymond M. Smullyan, "hat is the Name of This Book? : The Riddle ofDracula and Other Logical Puzzles (1978). Ini bukan tebakan matematika tapi lebih pada penalaran logis.

Diclaimer: Cerita ini fiktif belaka dan kemiripan karakter-karaternya, kalau ada, hanyalah kebetulan.

#Presiden Pelupa dan Menteri Pembohong

Sebuah negeri bernama Republik Antah Berantah dipimpin seorang presiden. Namanya Presiden Lontong. Dia kini kena penyakit lupa. Untungnya, dia tidak lupa semuanya. Dia hanya lupa hal-hal tertentu, seperti hari apa hari ini.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sang presiden punya dua menteri di Kabinet Kebingungan. Namanya Jenong dan Jenang. Keduanya punya kebiasaan tak terpuji. Jenong selalu berbohong di hari Senin, Selasa, dan Rabu tapi berbicara jujur di hari lain. Adapun Jenang selalu berbohong di hari Kamis, Jumat, dan Sabtu tapi berbicara jujur di hari lain.

Suatu hari, Presiden Lontong bertemu Jenong dan Jenang sedang bersantai-santai di bawah pohon beringin di depan istana. Presiden Lontong lalu bertanya: "Hari apa hari ini?" Kedua menteri menjawab demikian:

Jenong: "Kemarin adalah hari saya berbicara bohong."

Jenang: "Kemarin adalah hari saya berbicara bohong juga."

Mendengar jawaban itu, Presiden Lontong langsung bergegas kembali ke Istana karena dia sudah tahu hari apa hari itu.

Nah, menurut kamu, hari apa hari itu?

Silahkan jawab di kotak komentar di bawah ini. Saya akan menulis artikel mengenai jawabannya besok. Selamat menebak. Tetap di rumah dan jaga kesehatan.

Ikuti tulisan menarik Iwan Kurniawan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler