Teka-teki Tersulit Di Dunia #3: Presiden Pelupa dan Menteri Pembohong

Senin, 30 Maret 2020 10:32 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
img-content
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Teka teki kali ini merupakan modifikasi dari salah satu materi dalam buku matematiawan Amerika Serikat Raymond M. Smullyan, "What is the Name of This Book? : The Riddle of Dracula and Other Logical Puzzles" (1978). Ini bukan tebakan matematika tapi lebih pada penalaran logis.

Teka teki kali ini merupakan modifikasi dari salah satu materi dalam buku matematiawan Amerika Serikat Raymond M. Smullyan, "hat is the Name of This Book? : The Riddle ofDracula and Other Logical Puzzles (1978). Ini bukan tebakan matematika tapi lebih pada penalaran logis.

Diclaimer: Cerita ini fiktif belaka dan kemiripan karakter-karaternya, kalau ada, hanyalah kebetulan.

#Presiden Pelupa dan Menteri Pembohong

Sebuah negeri bernama Republik Antah Berantah dipimpin seorang presiden. Namanya Presiden Lontong. Dia kini kena penyakit lupa. Untungnya, dia tidak lupa semuanya. Dia hanya lupa hal-hal tertentu, seperti hari apa hari ini.

Sang presiden punya dua menteri di Kabinet Kebingungan. Namanya Jenong dan Jenang. Keduanya punya kebiasaan tak terpuji. Jenong selalu berbohong di hari Senin, Selasa, dan Rabu tapi berbicara jujur di hari lain. Adapun Jenang selalu berbohong di hari Kamis, Jumat, dan Sabtu tapi berbicara jujur di hari lain.

Suatu hari, Presiden Lontong bertemu Jenong dan Jenang sedang bersantai-santai di bawah pohon beringin di depan istana. Presiden Lontong lalu bertanya: "Hari apa hari ini?" Kedua menteri menjawab demikian:

Jenong: "Kemarin adalah hari saya berbicara bohong."

Jenang: "Kemarin adalah hari saya berbicara bohong juga."

Mendengar jawaban itu, Presiden Lontong langsung bergegas kembali ke Istana karena dia sudah tahu hari apa hari itu.

Nah, menurut kamu, hari apa hari itu?

Silahkan jawab di kotak komentar di bawah ini. Saya akan menulis artikel mengenai jawabannya besok. Selamat menebak. Tetap di rumah dan jaga kesehatan.

Bagikan Artikel Ini

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
Lihat semua