x

Ilustrasi Pigura. Pixabayy

Iklan

Iwan Kurniawan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Minggu, 29 Maret 2020 14:47 WIB

Jawaban Teka Teki Tersulit di Dunia: Foto Siapa di Dinding?

Teka teki Foto Siapa di Dinding itu sangat terkenal tapi sering mengecoh banyak orang. Saking menariknya tebakan itu, matematikawan Amerika Serikat Raymond M. Smullyan memasukkannya ke dalam salah satu buku kumpulan teka teki logika dan matematikanya yang populer.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kemarin saya sudah menulis tentang "Teka Teki Tersulit di Dunia: Foto Siapa di Dinding?". Teka teki Foto Siapa di Dinding itu sangat terkenal tapi sering mengecoh banyak orang.

Saking menariknya tebakan itu, matematikawan Amerika Serikat Raymond M. Smullyan memasukkannya ke dalam salah satu buku kumpulan teka teki logika dan matematikanya yang populer, "What is the Name of This Book? : The Riddle of Dracula and Other Logical Puzzles" (1978).

Teka teki itu secara ringkas demikian:

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Seorang pria melihat sebuah foto di dinding dan berkata, "Saya tak punya saudara lelaki dan perempuan tapi bapak lelaki ini adalah ayah putra saya."

Nah, pembaca, apakah kalian sudah menjawabnya?

Apakah ada yang menjawab bahwa pria itu melihat fotonya sendiri di dinding? Kalau ada yang menjawab demikian, maaf, Anda keliru.

Tapi, tenang saja, banyak orang yang yakin benar bahwa pria itu melihat fotonya sendiri. Biasanya mereka menempatkan diri sebagai sang pria yang melihat foto itu sehingga penalarannya demikian: "Karena saya tak punya saudara lelaki dan perempuan, maka putra ayah saya pastilah saya. Maka, saya melihat foto saya sendiri di dinding itu."

Mari kita urai jawaban itu.

Pernyataan pertama itu benar: "Karena saya tak punya saudara lelaki dan perempuan, maka putra ayah saya pastilah saya". Tapi, tak bisa disimpulkan kemudian bahwa foto itu adalah "saya sendiri". Kalau kalimat kedua berbunyi "lelaki ini adalah ayah putra saya", maka kesimpulan itu memang benar. Masalahnya, kalimat kedua adalah "Bapak lelaki ini adalah ayah putra saya".

Mari kita jernihkan dulu duduk perkaranya.

"Ayah putra saya" pada kalimat kedua itu tentulah "saya" atau si pria yang melihat foto sehingga kalimat kedua itu dapat diubah menjadi "Bapak lelaki ini adalah saya". Maka, dengam mudah kita simpulkan bahwa pria itu melihat foto putranya.

Bagaimana? Sudah yakin?

Nah, mari kita coba teka teki lain.

BONUS: Teka Teki Foto di Dinding #2

Andaikan, dalam situasi yang sama, pria itu menyatakan: "Saya tak punya saudara lelaki dan perempuan tapi putra lelaki ini adalah ayah putra saya." Nah, sekarang foto siapa di dinding itu?

Jawabannya: pria itu melihat foto ayahnya. Ada yang bisa menjelaskan jawaban ini?

Selamat menebak. Sampai jumpa pada teka-teki berikutnya. Tetap di rumah dan jaga kesehatan.

Ikuti tulisan menarik Iwan Kurniawan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu