x

berbagi

Iklan

Supartono JW

Pengamat
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Kamis, 9 April 2020 15:21 WIB

Menyemangati dan Menginspirasi Diri serta Orang Lain dengan Hal-hal Positif

Dalam situasi seperti sekarang, berbagilah segala sesuatu yang dapat memberi semangat dan menginsiprasi diri sendiri dan orang lain dalam setiap hal yang positif

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Dalam situasi seperti sekarang, berbagilah segala sesuatu yang dapat memberi semangat dan menginsiprasi diri sendiri dan orang lain dalam setiap hal yang positif

Dalam situasi penyebaran virus corona yang terus meningkat di Indonesia, maka hampir seluruh  netizen di Indonesia kini, sudah seperti fungsi media massa. Saling sebar informasi, saling meneruskan informasi, sampai saling berdebat hingga akhirnya ada yang tanpa disadari atau malah disengaja, melakukan perbuatan melawan hukum dan membuat hoax.

Untuk itu, agar kita tak ikut-ikutan terpancing, hingga terjerumus melakukan hal-hal yang melawan hukum, dengan #dirumahaja, secara individu dapat melakukan kegiatan positif untuk diri sendiri dan juga bisa bermanfaat bagi orang lain.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Setiap Individu dengan berbagai hal yang menjadi hobi nya, keahliannya, kesenangannya, dapat dengan khusu mengerjakan hal positif tersebut. Lupakaan, persoalan virus corona. Tetap semangat dan sibukkan diri dengan apa yang menjadi kesenangan dan hobi kita masing-masing. Dengan demikian, kita telah membantu mental diri kita sendiri dan mental orang lain untuk tetap kuat dan optimis bahwa wabah corona akan segera berlalu. Keluarga kita masing-masing tetap sehat, masyarakat yang kini terpapar corona segera sembuh. Karena kita semua mengikuti peraturan pemerintah dengan tertib dan bertanggungjawab. 

#dirumahaja nya, saya

Untuk itu, saya sendiri juga mencoba memahami dan mengevaluasi diri. Selama ini, apa yang saya kerjakan. Ternyata, selama ini, hingga hadir pandemi corona, saya terus asyik dan setia menulis artikel dengan berbagai tema untuk berbagai media massa,  membuat saya hanya fokus mengikuti pergerakan dan aliran informasi ter-update setiap detik, setiap waktu tentang berbagai persoalan di Indonesia, demi niatan berbagi saya. Tidak lebih dari itu. 

Namun, selama ini, tak henti pula saya mendapat pertanyaan, kapan buku-buku saya akan diterbitkan. Menulis artikel dan menulis buku adalah dua hal yang sangat berbeda. 

Singkat cerita, selama ini saya sudah menulis buku dan penilai buku di Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Puskurbuk) Depdiknas, menjadi penulis buku di salah satu Penerbit Buku Pelajaran di Jakarta, menulis Buku Panduan untuk Pusat Pengelola Komplek Gelora Bung Karno (PPKGB), dan menulis buku yang diterbitkan untuk kalangan sendiri dan karya tulis lain seperti naskah drama, lagu, dan quote. 

Sejak, wabah virus corona merebak di dunia dan akhirnya hadir di Indonesia, setelah beberapa hari ini mengikuti anjuran pemerintah untuk belajar, bekerja, dan beribadah di rumah, serta menjaga jarak demi pencegahan, antisipasi, dan penanganan virus corona secara mandiri, ternyata selain terus asyik mengikuti perkembangan berbagI hal #dariRumahaja, sambil mengidentifikasi rencana cetak buku-buku saya, yang sebagian sudah selesai dan sebagian lagi masih dalam proses, ternyata butuh waktu dan kesabaran untuk menyelesaikan semua itu. 

Namun, setiap kali mencoba untuk masuk dan menyelesaikan buku-buku itu, saya selalu lebih tergoda dan lebih mempriorotaskan menulis artikel terbaru sesuai dengan kondisi dan kontekstual yang terjadi di Indonesia. 

Padahal, setelah saya identifikasi, sekarang ada sejumlah buku yang sebagian besar sedang proses penyelesaian. 

Semoga #diRumahAja, membuat saya benar-benar dapat fokus untuk menyelesaikan dan menuntaskan buku-buku saya, sebagai berikut: 1. Inovasi Pembelajaran untuk Guru 2. ISEAKI 3. Juara Inovasi Pembelajaran 4. Kisah Menjadi Aktor Teater KOMA 5. Kisah Perjalanan Eropa 6. Kisah Perjalanan Menjadi Guru 7. Kumpulan Artikel IJSL 8. Kumpulan Artikel Campuran (Harian Republika, Majalah Puskurbuk dll) 9. Kumpulan Artikel Harian Radar Depok 10. Kumpulan Artikel Harian ToSkor 11. Kumpulan Artikel Harian Warta Kota 12. Kumpulan Artikel Indonesiana Tempo 13. Kumpulan Artikel Kompasiana Kompas 14. Kumpulan Artikel Tabloid GO 15. Kumpulan Lagu 16. Kumpulan Naskah Drama 17. Kumpulan Quote 18.  Mementaskan Drama itu Mudah 19. Mengelola Sekolah Sepak Bola yang Benar 20. Panduan Menulis Karya Ilmiah 21. Panduan Pelatih Sepak Bola Akar Rumput 22. Program Edukasi Suporter Sepak Bola Indonesia (PESSI). 

Semoga #dirumahaja, dapat membuat saya fokus menyelesaikan buku-buku tersebut. Apakah buku-buku tersebut nantinya dapat berguna bagi masyarakat, terpenting saya hanya niat berbagi, seperti selama ini saya cukup konsisten menulis artikel untuk berbagai media. 

Ayo fokus selesaikan buku-buku itu! Mumpung sekarang banyak waktu #dirumahaja. Tetap setia pada menulis artikel, tetapi jangan lupakan proses penyelesaian buku-buku itu. #niatberbagi, selalu menyemangati diri sendiri dalam berbagai situasi. Pasti bisa. Aamiin.

Ikuti tulisan menarik Supartono JW lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler