x

Iklan

Nurani fitria

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 11 April 2020

Sabtu, 11 April 2020 14:24 WIB

Dampak Covid-19 Terhadap Kegiatan Pendidikan Anak Usia Dini


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 

            BANDUNG- Virus Covid-19 atau yang biasa disebut virus corona ini adalah virus yang dapat menginfeksi burung dan mamalia termasuk manusia. Gejala awal terinfeksi virus ini mulai dari flu hingga infeksi pernafasan. Penyakit ini dapat ditularkan melalui cairan dari orang yang terifeksi virus tersebut dan masuk melalui mata, hidung dan mulut.

 Virus corona ini bisa dicegah dengan melalukan hidup sehat dan bersih seperti melakukan kebiasaan mencuci tangan, berjemur dibawah sinar matahari selama 15 menit, makan makanan yang sehat dan dianjurkan untuk meminum vitamin untuk menjaga imunitas tubuh, selain itu kita perlu mengurangi aktivitas diluar agar tidak terinfeksi virus tersebut dan harus jaga jarak hingga 1 meter agar tidak terinfeksi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Terkait dengan wabah penyakit tentunya akan berpengaruh besar terhadap aktivitas masyarakat seperti membatasi jarak antara satu orang dengan yang lainnya, keberadaan virus ini juga membuat kegiatan belajar mengajar terganggu seperti yang dialami oleh seorang guru Pendidikan Anak Usia Dini(PAUD) Flamboyan Kota Bandung, Fury(33) yang menyatakan bahwa ia memiliki kendala dalam proses pembelajaran PAUD .

“Karena pandemi ini kami sebagai guru paud hanya bisa memantau anak melalui laporan orang tua saja tidak bisa berinterakasi secara langsung” ujarnya, Minggu (5/4/20).

Untuk sementara waktu ini PAUD mengubah proses pembelajaran kepada setiap anak namun tidak wajib dengan memberikan tugas kepada siswa. Tugas itu berupa mengerjakan makalah dan buku tulis dimana setiap anak mengerjakan satu halaman majalah dan menulis huruf setiap hari.

Lalu orang tua memberikan berupa foto anak ketika mengerjakan soal kepada wali kelas dan akan diteruskan kepada kepala sekolah. Laporan tersebut di teruskan kepada penililik PAUD

Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang dilakukan akan dilakukan hingga tanggal 13 April 2020 mendatang sesuai dengan keputusan Pak Nadiem Anwar Makarim yang bertugas sebagai menteri di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), namun pihak PAUD masih menunggu konfirmasi selanjutnya.

 

oleh :

Nurani Fitria Solihat (IK-2B)

19311050

Fakultas Komunikasi dan Desain

Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia

Ikuti tulisan menarik Nurani fitria lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB