x

Tentang Public Relations bagian ke empat

Iklan

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Senin, 4 Mei 2020 08:48 WIB

Public Relations [4] - Jenis Alat Public Relations

Tentang Public Relations bagian ke empat.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Organisasi mempekerjakan para pakar public relations untuk memposisikan diri mereka dengan kuat di benak audien sasaran, investor, pemangku kepentingan, karyawan, dan semua orang lain yang terkait dengannya. Kegiatan PR dirancang khusus untuk menciptakan citra merek yang kuat. Pakar PR harus memastikan audien sasaran mereka menyetujui apa yang ingin mereka jual dan dengan demikian meningkatkan serta mempertahankan reputasi organisasi mereka melalui cara-cara etis.

Ada berbagai cara kegiatan PR berlangsung:

Hubungan Media

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pakar PR menciptakan kesadaran dan memasarkan organisasi dan produk/layanan mereka ke berbagai sumber media yang meliputi TV, Radio, internet, surat kabar, majalah, dan sebagainya. Pakar PR mengembangkan dan merancang berbagai cerita menarik dan kreatif tentang organisasi dan produk mereka dan menyampaikannya ke berbagai media. Organisasi mengandalkan hubungan mereka dengan saluran media untuk meningkatkan reputasi merek mereka.

Berikut ini adalah alat yang digunakan dalam hubungan media:

Kit Pers
Kit pers termasuk materi tertulis tentang organisasi dan orang-orang topnya.

Rilis Audio
Rilis audio atau rilis video adalah pesan yang direkam sebelumnya yang didistribusikan ke berbagai saluran media.

Rilis Matte
Surat kabar lokal kecil menerima artikel yang ditulis oleh organisasi ketika mereka tidak memiliki artikel atau cerita yang cukup untuk diterbitkan. Rilis semacam itu disebut rilis matte.

Ruang Pers Situs Web
Pakar PR mempromosikan organisasi mereka dan produk/layanannya melalui ruang pers online.

Tur Media
Pakar PR mempublikasikan organisasi mereka dan produk-produknya melalui tur media di mana orang-orang penting organisasi melakukan perjalanan ke tempat-tempat dan lokasi-lokasi penting dan mempromosikan produk-produk mereka melalui berbagai wawancara dengan orang-orang media. Mereka berinteraksi dan berbagi manfaat dan USP produk / layanan mereka dengan orang-orang dari berbagai saluran berita, saluran radio, dan bahkan media cetak. Organisasi juga mempekerjakan selebritas atau orang lain yang populer di kalangan massa untuk mempromosikan dan mempublikasikan organisasi mereka.

Nawala
Nawala tidak lain adalah publikasi yang didistribusikan secara berkala (bulanan, triwulanan) di antara khalayak sasaran. Pakar PR mengumpulkan informasi lengkap (nama, alamat, agegroup) dari target pelanggan mereka dan mendistribusikan buletin untuk menciptakan kesadaran tentang produk mereka. Nawala harus mencakup informasi tentang organisasi, wawancara dari orang-orang penting, informasi produk, testimoni dari klien dan sebagainya.

Acara/Fungsi
Pakar PR mengorganisir acara khusus, pertemuan, pesta, untuk menargetkan pelanggan mereka dan mempromosikan organisasi mereka dan produk-produknya di antara mereka. Orang-orang dari media juga diundang untuk liputan.

Keterlibatan Berbicara
Salah satu cara tidak langsung untuk mempublikasikan organisasi dan produk-produknya adalah melalui interaksi dengan pelanggan potensial dan audiens target. Pejabat perusahaan berbicara kepada audien sasaran dan tidak hanya membahas tentang produk dan layanan mereka. Mereka umumnya lebih suka topik apa saja yang akan menarik minat audien sasaran.

Interaksi Karyawan Secara Teratur
Sangat penting bagi pengusaha untuk tetap berhubungan terus-menerus dengan karyawan dan tetap mengikuti perkembangan terbaru dan kejadian dalam organisasi. Pakar manajemen atau hubungan masyarakat harus mengedarkan acara terbaru, meluncurkan produk baru di antara karyawan melalui email, surat edaran, pemberitahuan atau sekadar berkomunikasi dengan mereka.

Amal/Tanggung Jawab Sosial Perusahaan
Pakar public relations terlibat dalam berbagai kegiatan sosial dan amal untuk mempublikasikan organisasi mereka dan produk-produknya. Organisasi mendistribusikan produk di antara audien sasaran untuk menciptakan niat baik organisasi mereka.

***
Solo, Minggu, 3 Mei 2020. 8:27 pm
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
antologi puisi suko

Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu