x

Masjid Agung Demak

Iklan

ranika saraswati

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 23 Maret 2020

Selasa, 12 Mei 2020 06:08 WIB

Wisata Edukasi Religi dari Kota Demak Jawa Tengah


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pariwisata di Kabupaten Demak menyuguhkan beberapa destinasi wisata religi yang ramai dikunjungi pada waktu tertentu. Demak kental dengan sejarah penyiaran Islam di Pulau Jawa. Satu dari 35 kabupaten yang tersebar di seluruh Jawa Tengah (Jateng) itu bahkan dijuluki sebagai Kota Wali karena kaya jejak peninggalan wali sanga atau wali sembilan yang aktif berdakwah pada masa awal penyiaran Islam di Pulau Jawa.

 11 Tempat Wisata Demak, Aneka Keindahan Di Nagari Para Wali

Banyaknya jejak peninggalan para wali itu membuat Demak kaya destinasi wisata religi atau wisata ziarah yang hingga kini ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Dan salah satu contohnya  destinasi wisata regiligi yang sering di kunjungi wisatawan yang berkunjung ke kota demak yakni Makam Raja- Raja demak.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Makam Raja- Raja yang berasal dari Demak  Bintoro menurut Babad Tanah Jawi merupaka kerajaan Islam pertama di Tanah Jawa yang muncul setelah surutnya pengaruh Kerajaan Majapahit. Posisi itu membuat raja-raja Kasultanan Demak menjadi penting dalam catatan sejarah siar Islam di Pulau Jawa. Tak heran, makam raja-raja Demak juga kerap menjadi tujuan para wisatawan penziarah yang singgah ke kabupaten Demak.

Makam raja-raja Demak, sebagaimana diulas tempatwisataunik.com, terletak di bagian utara Masjid Agung Demak, masih di Kauman, Kelurahan Bintoro, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak. Saat memasuk area dalam Masjid Demak, wisatawan harus memilih arah kiri sesampai serambi yang berada di kolam untuk tempat wudu untuk menemukan makam raja raja Demak terdahulu itu.

Makam raja-raja Demak itu terawat dengan baik karena adanya juru kunci yang selalu menjaga permakaman tersebut. Di permakaman itu, antara lain antara lain dikuburkan Pangeran Trenggono, Raden Patah, Syekh Maulana Maghribi, sampai dengan Arya Penangsang. Wisatawan bisa beristirahat di pendapa dan paseban yang menghadap permakaman jika mengunjungi objek daya wisata ini.

  Liburan , Yuk Ziarah Ke Makam Sunan Kalijaga Di Demak | PIYE ...

sehingga motivasi wisatawan yang datang berasal dari berbagai daerah di Indonesia ketempat ini,  peziarah ini biasanya melakukan kegiatan zikir dan berdoa  di depan makam Sunan Kalijaga, Kadilangu, Demak sering kali menjadi lokasi wisata religi edukasi bagi kalangan pelajar sekolah dasar hingga masyarakat umum .   

Ikuti tulisan menarik ranika saraswati lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu