x

Iklan

joko

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 16 Mei 2020

Rabu, 20 Mei 2020 14:38 WIB

Meningkatkan Ketahanan Tubuh Bawaan Sebelum New Normal


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Assalamualaikum wr wb.
Beberapa hari sebelum new normal diberlakukan pastikan seluruh rakyat Indonesia harus sudah melakukan peningkatkan ketahanan tubuh bawaan.

Begini caranya. Lakukan hal-hal sebagai berikut untuk meningkatkan ketahanan tubuh bawaan

1. Konsumsi / minumlah ekstrak nutrisi mikro secara rutin setiap hari, karena kebutuhan nutrisi dihitung sekian miligram per hari
2. Khusus bagi saudara-saudara kita yang masih tetap bekerja di tempat yang ramai, misalnya di pasar, toko, rumah makan, kantor, rumah sakit dan lain-lain, minumlah asupan tambahan ekstrak nutrisi mikro sebanyak-banyaknya secara periodik setiap 1 – 2 jam sekali .
3. Minumlah selalu minuman yang sudah diperkaya dengan nutrisi mikro (misalnya diperkaya dengan jeruk nipis, tomat, buah bit, jahe, wortel, dll) atau diperkaya dengan ekstraks nutrisi mikro, kurangi atau hentikan minum air putih, karena kandungan nutrisi mikro pada air putih sangat minim sekali
4. Jangan sampai terlambat makan
5. Konsumsi makanan yang bernutrisi
6. Olah raga secara teratur
7. Istirahat cukup (jangan sampai kecapekan)
8. Pola hidup bersih
9. Tetap jaga jarak, pakai masker, pakai sarung tangan kesehatan (bagi yang tetap bekerja) dan ikuti anjuran pemerintah lainnya
10. Jangan mudah terpengaruh dengan iklan / promosi. Karena sebenarnya nutrisi mikro yang paling baik adalah nutrisi mikro buatan anda sendiri .

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

- Apa itu ekstraks nutrisi mikro? Ekstraks nutrisi mikro adalah larutan yang mengandung nutrisi mikro, yang diambil dari sayuran, buah, empon-empon, dan hasil tumbuhan lainnya, harganya murah, mudah dibuat, praktis, dan dijamin sangat ampuh dalam meningkatkan ketahanan tubuh bawaan.
- Sayuran, buah-buahan, empon-empon, dan hasil tumbuhan lainnya, merupakan bahan terbaik sumber nutrisi mikro untuk meningkatkan ketahanan tubuh .
- Dalam jangka waktu 10–30 hari sesudah mengkonsumsi ekstraks nutrisi mikro secara rutin setiap hari, sudah ada hasil peningkatan ketahanan tubuh yang signifikan, sedangkan untuk peningkatan energi hanya perlu waktu 1 – 2 hari sudah terasa betul peningkatannya.
- Apabila masa inkubasi virus dihitung 14 hari, maka dalam waktu 24 – 44 hari sudah ada hasil penurunan kejadian infeksi virus .
- Aturan mengkonsumsi / minum ekstraks nutrisi mikro dihitung berdasarkan berapa gram berat bahan baku. Misalnya 100 gram atau 200 gram bahan yang dibuat ekstraks nutrisi per hari. Bukan berdasarkan jumlah volume mili liter ekstrak perhari.

Untuk pemula bisa menggunakan bahan sebanyak 100–200 gram per hari selama 30 hari pertama, selanjutnya penggunaan bahan bisa ditingkatkan menjadi 300 gram atau lebih/org per hari tergantung aktivitas pekerjaannya. Pada aktivitas pekerjaan yang memerlukan tenaga dan fisik yang kuat, bisa mengkonsumsi dari bahan yang lebih banyak dan dari bermacam-macam jenis.

Semakin bermacam-macam jenis bahan yang digunakan semakin baik, karena tubuh kita terdiri dari beberapa macam organ tubuh yang membutuhkan nutrisi yang berbeda-beda. Misalnya nutrisi yang diperlukan jantung berbeda dengan nutrisi yang diperlukan paru-paru .

Langkah-Langkah ini diambil atas dasar :

1. Memperhatikan jenis bahan, jumlah bahan, cara pengolahan dan pola makan dari menu makanan pokok sehari-hari yang kita konsumsi pada umumnya kandungan nutrisi mikronya (vitamin, minral, elemen) masih sangat rendah dan tidak mencukupi kebutuhan tubuh. Tetapi kandungan nutrisi makronya (karbohidrat, protein, lemak) relatif cukup atau lebih. Ini bearti apabila hanya mengandalkan makanan pokok sehari-hari, maka bisa dipastikan kekurangan nutrisi mikro dan terjadi ketahanan tubuh yang lemah. Maka agar nutrisi mikronya tercukupi, diperlukan asupan tambahan ekstraks nutrisi mikro.

2. Kuat atau Lemahnya Ketahanan Tubuh Bawaan tergantung cukup atau tidaknya asupan nutrisi. Apabila asupan nutrisinya cukup (benar-benar cukup sesuai dengan yang diperlukan oleh tubuh) maka akan terbentuk ketahanan tubuh yang kuat dan tidak akan pernah terserang penyakit apapun.
Yang perlu dipikirkan dan ditindaklanjuti adalah, bagaimana hal ini bisa segera dilakukan ?

Pengadaan Ekstrak Nutrisi Mikro bisa dilakukan :
1.Pengadaan Secara Mandiri
2. Pengadaan Secara Kelompok
3. Pengadaan dan Distribusi yang dilakukan oleh pemerintah, yang menjadi “Program Nasional Asupan Tambahan Nutrisi Mikro”

Apabila pengadaan dan distribusi dilakukan oleh pemerintah, maka bisa ditunjuk institusi mana yang bisa bertindak cepat, misalnya institusi TNI yang mempunyai struktur komando yang sistematis, kompak dan bertindak cepat, soal memproduksi itu mudah, mudah sekali dan bisa dilakukan secara bertahap berdasarkan skala prioritas obyek sasaran.

Demikian langkah-langkah ini harus dilakukan beberapa hari sebelum New Normal diberlakukan, sehingga pada saat new normal diberlakukan sudah ada kepastian bahwa ketahanan tubuh bawaan seluruh Rakyat Indonesia sudah kuat dan bisa memasuki hidup normal yang baru dengan norma-norma hidup yang baru juga.

Dan langkah-langkah ini hanya satu dari beberapa ketentuan-ketentuan lainnya sebagai persyaratan.
Tubuh Kuat, Pikiran Tenang, dan Bisa Bekerja Kembali, Amin,
Wassalam .

Catatan : Mengenai bagaimana cara membuat ekstraks nutrisi mikro dan minuman yang diperkaya dengan nutrisi mikro apabila diperlukan akan segera saya sampaikan. Juga untuk teman-teman yang membaca tulisan saya ini.

Ikuti tulisan menarik joko lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

10 Mei 2016

Oleh: Wahyu Kurniawan

Kamis, 2 Mei 2024 08:36 WIB

Terkini

Terpopuler

10 Mei 2016

Oleh: Wahyu Kurniawan

Kamis, 2 Mei 2024 08:36 WIB