Cara Mengunci Aplikasi di HP OPPO Tanpa Aplikasi - - www.indonesiana.id
x

Maz Atca Berliando

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 5 April 2020

Jumat, 22 Mei 2020 16:20 WIB

  • Topik Utama
  • Cara Mengunci Aplikasi di HP OPPO Tanpa Aplikasi

    Cara Mengunci Aplikasi di HP OPPO Tanpa Aplikasi

    Dibaca : 3.404 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Sebagai pengguna Smartphone yang aktif, tentunya Anda harus menjaga keamaan data atau aplikasi pada HP tersebut. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga keamaan pada HP tersebuta adalah mengunci aplikasi. Untuk pengguna HP OPPO, Anda bisa memanfaatkan fitur kunci aplikasi bawaan untuk mengunci aplikasi yang menurut Anda penting.

    Dibeberapa versi atau model HP OPPO, memilih cara yang berbeda untuk mengunci aplikasinya, ada yang menggunakan fitur App encrypt atau App Lock. Untuk itu Anda harus menyesuaikan terlebih dahulu apakah fitur tersebut ada pada HP OPPO yang Anda gunakan. Dari pada Anda kebingungan, langsung saja simak penjelasan berikut ini untuk mengunci aplikasi di HP OPPO.



    Cara Mudah Mengunci Aplikasi di HP OPPO
    Untuk mengunci aplikasi pada HP OPPO tersebut, Anda bisa menggunakan fitur bawaan. Namun, sayangnya setiap HP OPPO terutama untuk HP OPPO model baru dan lama memilki fitur bawaan pengunci aplikasi yang berbeda. Namun, Anda tidak perlu khawatir, pada kesempatan kali ini kami akan membahas lengkap bagaimana Cara mudah mengunci Aplikasi untuk semua tipe HP OPPO.


    Cara Mengunci Aplikasi di HP OPPO Baru
    Jika Anda menggunakan Smartphone OPPO terbaru, khususnya yang keluar atau diproduksi pada tahun 2019 keatas dan menggunakan ColorOS terupdate, maka untuk mengunci aplikasi pada HP tersebut Anda bisa menggunakan fitur app lock, seperti berikut ini.

    1. Pertama, silakan hidupkan HP OPPO tersebut.
    2. Lalu masuk ke menu atau aplikasi phone manager, Anda bisa melihat aplikasi ini pada homescreen.
    3. Pada phone manager tersebut, Anda bisa mencari dan memilih menu Privacy Permissions.
    4. Lanjut dengan menekan menu App Lock.
    5. Pada tahap selanjutnya, Anda akan diminta untuk memilih aplikasi mana saja yang ingin dikunci.
    6. Jika semua aplikasi yang ingin dikunci sudah terpilih tekan menu Enable Encryption.
    7. Tahap terakhir, Anda akan diminta untuk memasukkan pin atau password dari HP tersebut sebagai tindakan konfirmasi.



    Setelah berhasil memasukkan pin dengan benar, maka aplikasi yang Anda pilih tadi akan secara otoamtis terkunci. Setiap aplikasi yang sudah dikunci tadi bisa Anda buka dengan cara memasukkan pin yang Anda gunakan tadi. Selain itu untuk mempermudah Anda Anda juga bisa menggunakan fitur sidik jari pada HP OPPO tersebut.


    Cara Mengunci Aplikasi di HP OPPO Lama
    Nah, jika Anda menggunakan Smartphone OPPO dengan model lama atau setelah mengikut cara diatas Anda tidak menemukan menu yang sesuai dengan tutorialnya, maka Anda bisa mengikut cara dibawah ini dengan menggunakan fitur App Encrypt.

    1. Tahap pertama, silakan buka Security center, Anda bisa menemukan aplikasi ini pada bagian homescren.
    2. Jika sudah masuk ke security center, silakan pilih menu App Encrypt.
    3. Untuk menggunakan fitur App Encrypt Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu dengan cara menekan slider pada bagian kanan hingga berwarna hijau atau biru.
    4. Pada bagian selanjutnya, Anda akan diminta untuk memasukkan password encrypt tersebut, mau itu menggunakan Pattern Encrypt atau password encrypt.
    5. Lalu pilih aplikasi yang ingin Anda kunci, pada bagian kanan Anda bisa menekan opsi enable.



    Sama seperti cara sebelumnya, untuk membuka aplikasi yang sudah Anda kunci tadi, bisa menggunakan metode keamanan yang sebelumnya Anda pilih, mau itu pattern atau password encrypt. Untuk lebih mempermudah Anda juga bisa menggunakan opsi fingerprint.


    Penutup,
    Demikianlah cara mengunci aplikasi di HP OPPO dengan sangat mudah dan tentunya tanpa menggunakan aplikasi tambahan apapun. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, sebelum memulai mengunci aplikasi Anda harus menyesuaikan dengan model HP OPPO Anda dan apakah fitur tersebut ada pada HP OPPO  yang sedang Anda gunakan. Semoga bermanfaat, terima kasih.

    Ikuti tulisan menarik Maz Atca Berliando lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.