Kualitas Pelayanan BPJAMSOSTEK Semakin Baik - Analisis - www.indonesiana.id
x

Ferguso Kubangun

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 6 Juni 2020 06:57 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Kualitas Pelayanan BPJAMSOSTEK Semakin Baik

    Sudah, sudah, setop mengeluh tersendatnya antrian online pengurusan klaim Jaminan Hari Tua (JHT).

    Dibaca : 1.122 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Sudah, sudah, setop mengeluh tersendatnya antrian online pengurusan klaim Jaminan Hari Tua (JHT).

     

    Jika Anda gagal sekali naik bus gara-gara penumpang penuh, maka cobalah naik angkutan umum selanjutnya. Tunggu saja beberapa saat.

     

    Jangan menggerutu ke supir bus kota kenapa banyak menaikkan penumpang. Bukan Anda lebih dulu. Hei, yang ingin cepat sampai ke tujuan dan naik bus kota bukan Anda saja. Penumpang lain juga.

     

    Nah begitulah proses antrian online pengurusan klaim JHT di BPJAMSOSTEK. Yang terdampak PHK krisis ekonomi akibat pandemi wabah virus Covid-19 sangat melonjak jumlahnya.

     

    Makanya antrian online dari peserta yang mengajukan klaim JHT banyak.

     

    Namun BPJAMSOSTEK tidak tinggal diam menyikapi realita lonjakan PHK karena pandemi wabah virus Covid-19. Gerak cepat peningkatan kualitas layanan dilakukan BPJAMSOSTEK.

     

    Harus diakui begitu yang dilakukan BPJAMSOSTEK.

     

    Kapasitas server diperbesar. Supaya pelayanan proses klaim JHT tidak tersendat secara teknologi.

     

    Akses jumlah pendaftar pengajuan klaim JHT melalui sistem online juga makin ditambah. Supaya pekerja terdampak PHK bisa lebih banyak kesempatan mendaftar.

     

    Begitu juga keleluasaaan mengantri online untuk pendaftaran klaim JHT boleh di kantor cabang BPJAMSOSTEK mana pun. Sehingga menghindari penumpukan antrian online di 1 lokasi saja.

     

    Semua telah mudah. Ada perubahan mekanisme Layanan Tanpa Kontak Fisik (Lapak Asik) dari awal diluncurkan sebagai bagian dari protokol kesehatan mencegah penularan virus Covid-19.

     

    Sistem pengurusan klaim JHT melalui Lapak Asik telah lebih baik dan dinamis. Semua demi kepentingan peserta juga saat situasi krisis ekonomi akibat pandemi.

     

    Kenyataannya: BPJAMSOSTEK berbenah menambah kualitas kinerja layanan online pengurusan klaim JHT.

     

    Kok masih ada yang menggerutu? Mungkin yang menggerutu belum coba memanfaatkan Lapak Asik, tapi 'termakan' isu dari pembenci BPJAMSOSTEK.

     

    Pembenci yang tak ingin melihat peserta BPJAMSOSTEK mendapatkan kemudahan pelayanan.*

    Ikuti tulisan menarik Ferguso Kubangun lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.








    Oleh: Hadirat Syukurman Gea

    3 hari lalu

    Analisis Sistem Jual-Beli Ijon pada Komoditas Mangga Berdasar Ekonomo Makro

    Dibaca : 204 kali

    Mangga merupakan salah satu komoditas buah yang digemari hampir seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Mangga turut menyumbang perekonomian Indonesia karena menjadi komoditas yang di ekspor. Pada tahun 2015, ekspor mangga sebesar 1.515 jutatonyangsebagianbesarmerupakanjenis Mangga Gedong Gincu dan Mangga Arumanis. Kabupaten Kediri merupakan salahsatudaerahyang menjadikan mangga khususnya Mangga Podang sebagai oleh - oleh khas daerah dikarenakan banyaknya pohon mangga yang tumbuh di sekitar lereng GunungWilis.ManggaPodangkhasKediri banyak ditemukan di daerah sekitar lereng Gunung Wilis yaitu Kecamatan Banyakan, Tarokan, Grogol, Mojo, dan Semen. Semakin berkembang perekonomian suatudaerahmakasemakinberagam pula cara produsen dan konsumen melakukan jual beli.Salah satu sistem jual beli yang dilarang dalam Islam adalah jual beli yang mengandung unsur gharar. Sistem jual beli ijon adalah salah satu sistem jual beli yang mengandung unsur gharar sehingga dilarang oleh Allah SWT. Ijon berkaitan dengan perilaku produsen dan konsumen. Hal ini dapat dikaitkan dengan ekonomi mikro berupa keputusan pengusaha dan konsumen, terbentuknya harga barang atau jasa dan faktor produksi tertentu di pasar, dan alokasi sumber daya ekonomi.Penelitian ini menggunaka nmetode penelitian studi literatur. Jenis data yang digunakan berupa data sekunder dengan metode pengumpulan data berupa pengumpulan sejumlah studi pustaka. Berdasarkan studi literatur terkait sistem jual beli ijon dan ekonomi mikro, diperoleh hasil analisis bahwa sistem jual beli ijon dan ekonomi mikro saling berhubungan. Hal ini dikarenakan ijon berkaitan langsung dengan perilaku produsen dan konsumen dan ekonomi mikro turut mengatur perilaku produsen dan konsumen. Keywords: Ijon, Komoditas Mangga,Ekonomi Mikro