KKM [12] Lingkungan Administratif serta Regulasi dan Kewirausahaan Kaum Muda - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

ilustr: Link Associates

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Kamis, 18 Juni 2020 06:31 WIB
  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • KKM [12] Lingkungan Administratif serta Regulasi dan Kewirausahaan Kaum Muda

    Dibaca : 519 kali

    Sebagian besar negara telah mengakui perlunya memberikan fokus dan bantuan untuk membangun kewirausahaan kaum muda dalam masyarakat mereka. Banyak upaya telah dilakukan untuk membangun dan memelihara semangat wirausaha melalui pendidikan di tingkat sekolah dan perguruan tinggi. Upaya semacam itu juga telah didukung dengan program pelatihan khusus dan kampanye media untuk mempertahankan upaya dalam mendorong dan memberdayakan kewirausahaan kaum muda.

    Banyak peneliti yang fokus pada memahami hambatan yang dihadapi oleh wirausahawan muda dalam upaya mereka untuk memulai usaha mereka sendiri. Terlepas dari kurangnya keterampilan dan pengetahuan bisnis yang diperlukan, tidak tersedianya skema pembiayaan utang mudah dan formalitas administrasi telah muncul sebagai hambatan utama yang menghalangi kaum muda untuk mencoba memulai bisnis mereka di sektor formal. Banyak yang lebih suka memulai usaha kecil di sektor informal sehingga menghindari masuk ke dalam dokumentasi dan prosedur yang diperlukan untuk perusahaan besar.

    Persyaratan Administrasi dan Registrasi

    Dalam kasus negara maju, lingkungan peraturan dan persyaratan kepatuhan bisnis sangat banyak dan kompleks. Banyak waktu dan usaha perlu dihabiskan terus menerus oleh pengusaha agar patuh. Biaya dan upaya menjadi patuh melibatkan banyak waktu yang pengusaha tidak mampu bayar. Untuk memulai usaha bisnis yang baru, seseorang harus melalui berbagai proses administrasi untuk mendapatkan pendaftaran bisnis, lisensi, berurusan dengan hukum dan hak cipta, membangun persetujuan dan izin, mendapatkan izin dari kotamadya serta keselamatan dan kepatuhan SDM dalam segala hal. Daftar agen dan departemen yang terlibat dan proses kepatuhan dapat bervariasi dan banyak. Jumlah persyaratan registrasi dari berbagai lembaga bervariasi dari satu negara ke negara, dari minimal dua hingga dua puluh pendaftaran di negara-negara seperti Uganda, Paraguay dan lain-lain.

    Meskipun tidak ada biaya administrasi yang terlibat dalam pendaftaran seperti itu di beberapa negara seperti Denmark, biaya yang sama dapat sangat tinggi di beberapa negara lain seperti Yaman, Suriah, dan lain-lain. Dalam hal wirausahawan baru, mereka tidak memiliki pengetahuan serta waktu dan sumber daya untuk mengikuti semua prosedur sambil harus memperhatikan hal-hal lain yang lebih mendesak dari bisnis mereka. Sangat sering pengusaha kecil cenderung mengabaikan atau masuk ke sektor informal dan masuk ke pasar abu-abu di mana mereka merasa lebih mudah untuk beroperasi dan mendapatkan keuntungan dalam jangka pendek. Jika seseorang mengambil rute ini, kecil kemungkinannya ia akan membangun dan menumbuhkan organisasi di masa depan.

    Undang-Undang Kepailitan

    Undang-undang kepailitan di beberapa negara sangat parah ketika menyangkut hukuman yang dijatuhkan pada bisnis yang bangkrut dan gagal. Aspek biaya bersama dengan keterlambatan yang tak terkendali dan waktu yang diambil dalam prosedur dapat membuktikan menjadi penghambat bagi wirausahawan muda yang lebih suka bermain aman daripada mengambil risiko pribadi seperti itu. Kegagalan bisnis sangat nyata dan kaum muda pada kelompok usia 18 hingga 29 tahun tidak memiliki pengalaman dan kepercayaan yang cukup untuk mendukungnya. Tidak semua kaum muda gegabah dan berani mengambil risiko ketika harus memilih kesempatan kerja mandiri dengan risiko seperti itu.

    Peraturan Hak Cipta, Paten dan Merek Dagang

    Banyak wirausahawan muda yang telah memulai usaha sendiri untuk mempromosikan produk, desain, dan perangkat lunak inovatif mereka, dan sangat sulit dan mahal untuk menangani masalah hak cipta dan paten. Memperoleh paten adalah proposisi yang sangat mahal dan juga memakan waktu. Dalam teknologi dan bidang lain seperti ilmu farmasi dan kedokteran, wirausahawan muda dapat kehilangan penemuan dan produk mereka untuk bersaing dan pemain yang lebih besar karena ketidakmampuan mereka untuk mendapatkan paten pada waktunya.

    ***
    Solo, Rabu, 17 Juni 2020. 9:35 pm
    'salam sukses penuh cinta'
    Suko Waspodo
    antologi puisi suko


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.