x

Iklan

Dikhi Setia Kurniawan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 8 Juni 2020

Kamis, 18 Juni 2020 15:37 WIB

Bantu Pencegahan Covid-19, Mahasiswa KKN UM Lakukan Penyemprotan Disinfektan


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tulungagung. Saat ini Indonesia tengah menghadapi wabah Covid-19 dimana jumlah orang yang positif sudah mencapai 38.277 orang terhitung tanggal 14 Juni 2020. Hal ini tentu sangat memprihatinkan mengingat jumlah tersebut setiap bulannya semakin tinggi.

Oleh karena itu pemerintah menghimbau agar masyarakat melakukan berbagai upaya untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 diantaranya dengan menjaga kebersihan, social distancing, pola hidup sehat, menggunakan masker, rajin mencuci tangan, dan rajin berolahraga.

Salah satu upaya  yang dilakukan Mahasiswa KKN UM dalam membantu memutus rantai penyebaran Covid-19 adalah dengan melaksanakan program kerja “penyemprotan desinfektan”. Penyemprotan desinfektan kali ini dilaksanakan pada hari Minggu, 14 Juni 2020. Penyemprotan kali ini adalah yang kedua kalinya, sebelumya sudah dilaksanakan penyemprotan desinfektasn putaran pertama yang dilaksanakan pada tanggal 7 Juni 2020 Minggu lalu.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Briefing sebelum penyemprotan

Penyemprotan desinfektan merupakan salah satu proker rutin mahasiswa KKN UM desa Bendo yang dilakukan setiap satu minggu sekali sebanyak 5 putaran. Tujuan dari penyemprotan adalah mensterilkan tempat-tempat umum dari virus untuk mencegah meluasnya penyebaran Covid-19 di Desa Bendo.

“Melihat kondisi saat ini, kami berharap kegiatan Penyemprotan  dapat berjalan dengan lancar dan memberi manfaat bagi warga Desa Bendo,” kata Ketua Pelaksana, Achmada.

Proses penyemprotan oleh mahasiswa KKN UM Desa Bendo Tulungagung 2020

Bahan yang digunakan untuk desinfektan yaitu karbol (wipol) yang dicampur dengan air, kemudian cairan desinfektan disemprotkan menggunakan pompa otomatis. Proses penyemprotan juga dengan pengepelan, sehingga cairan yang telah disemprotkan akan merata dan tidak licin. Penyemprotan desinfektan dilakukan pada tempat yang sering digunakan berkurumun orang banyak seperti masjid, mushola, sekolah, dan balai desa.

Mahasiswa KKN UM mengepel lantai setelah disemprot desinfektan

“Meskipun dari desa sendiri sudah mengagendakan penyemprotan, namun kami sangat senang dan merasa terbantu jika mahasiswa juga melakukan hal tersebut,” kata Kepala Desa Bendo, Pak Maryadi.

 

Pewarta           : Elvi Masfiatur R. – Mahasiswa Jurusan Pend. IPA UM

Pewarta Foto   : Lutfiana Farida – Mahasiswa Jurusan Pend. Jasmani dan Kesehatan UM

 

Ikuti tulisan menarik Dikhi Setia Kurniawan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB