Pelatihan Barista, Cocok untuk Peserta Kartu Prakerja - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Manfaat dan keuntungan yang diperoleh peserta pra kerja dari mengikuti pelatihan barista dan usaha warung kopi

Robenito deHarianja

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Juli 2020

Senin, 6 Juli 2020 06:55 WIB
  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Pelatihan Barista, Cocok untuk Peserta Kartu Prakerja

    Dibaca : 284 kali

    Indonesia merupakan negara pengkonsumsi kopi terbesar kedua di dunia dengan oplah 4,55 juta karung kopi (berukuran 60kg)? Tak ayal kopi jadi komoditi yang sangat menguntungkan dalam dunia bisnis.

    Keadaan ini merupakan salah satu peluang bagi anda yang sedang mencari kerja, atau pekerja yang terdampak akibat pandemi seperti saat ini, dan terkhusus bagi peserta program kartu pra kerja untuk mendapatkan penghasilan memanfaatkan komoditi kopi. Bahkan selain mendapatkan income juga bisa membuka lapangan kerja.

    Menjadi barista, dan mengelola usaha warung kopi adalah beberapa profesi yang bisa dijajal dengan peluang dan pangsa pasar kopi saat ini. Terlebih lagi usaha mikro pada sektor kuliner sudah teruji selama krisis yang melanda perekonomian beberapa tahun terakhir.

    Namun tentu saja anda tidak bisa serta merta menjadi barista profesional atau pemilik kedai kopi kekinian kelas atas bila anda belum pernah melakukannya.


    Manfaat Mengikuti Pelatihan Barista Prakerja

    Agar siap menjadi barista dan mampu mengelola sekaligus mengembangkan usaha gerai kopi racikan sendiri adalah dengan mengikuti pelatihan-pelatihan, misalnya pelatihan barista dan kursus bisnis kedai kopi.

    Apa manfaat buat anda bila mengikuti pelatihan barista di tahun 2020 ini ?

     

    1. Mengetahui Seluk Beluk Kopi

    Apakah anda tahu apa saja jenis-jenis kopi yang ada di dunia ? Tahukah anda perbedaan dari masing-masing jenis kopi tersebut ? Lalu apa bedanya kopi buatan manual dengan kopi kemasan ? Di kursus barista anda akan mendapatkan banyak informasi tentang sejarah dan seluk beluk kopi yang selama ini hanya ada ketahui ceritanya secara turun temurun.

    2. Memahami Karakter dan Aroma Kopi

     Di Kursus barista anda juga akan mendapatkan pengetahuan mengenali macam-macam aroma kopi serta karakter dari setiap jenis kopi. Anda juga akan dibekali teknik bagaimana mengenali karakter dari setiap aroma kopi tersebut.

     

    3. Terampil Membuat Kopi

     Ini yang paling penting, yaitu bagaimana barista dapat membuat racikan dan seduhan kopi aromatik yang punya ciri khas. Melalui kursus barista, peserta dapat mempelajari sekaligus mempraktekkan cara membuat kopi manual dan membuat kopi menggunakan mesin. Anda juga akan mendapatkan keterampilan membuat kopi dengan mesin espresso, yang selama ini hanya bisa anda lihat di televisi, atau ketika nongkrong di coffe shop.

     

    4. Dibimbing Memulai Usaha Kedai Kopi

     Tidak sedikit kursus-kursus bertema kewirausahaan digelar saat ini, namun pada pelatihan tertentu tentang kebaristaan ada materi yang khusus membahas peluang dan pengembangan usaha warung kopi. Bagaimana memulainya, bagaimana menganalisa untung ruginya, serta bagaimana mengelola gerai kopi hanya dengan modal tipis, bisa anda dapatkan melalui pelatihan usaha kedai kopi.

     

    5. Peluang Sponsorship Untuk Warung Kopi Anda

     Dengan kemampuan meracik dan membuat kopi serta bekal kewirausahaan kopi anda bisa memulai melakukan kerja anda sebagai barista sekaligus mengelola warung kopi sendiri. Bahkan anda bisa mendapatkan mitra dan sponsosorship untuk kedai kopi anda. Misalnya bila anda mengikuti pelatihan barista dan usaha warung kopi dari Bencoolen Coffe yang menawarkan kemitraan berkonsep franchise untuk outlet kopi.


    Nah, itulah keuntungan dan manfaat yang anda peroleh bila mengikuti pelatihan kopi barista dan wirausaha gerai kopi. Tidak ada yang instan, karena itu anda mesti tekun berlatih meskipun telah menyelesaikan sesi-sesi materi pelatihan barista. Selamat mencoba.

    sumber : https://www.ulastopik.com/2020/06/kursus-barista-dan-usaha-warung-kopi.html


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.