Cara Membasmi Rayap di Rumah Secara Efektif dan Aman - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Sarah Amelia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 19 Mei 2020

Senin, 13 Juli 2020 13:38 WIB
  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Cara Membasmi Rayap di Rumah Secara Efektif dan Aman

    Dibaca : 508 kali

    Sebener nya kenapa rayap itu bisa menjadi hama, karena ia memiliki sifat merusak bangunan khusus nya yang terbuat dari kayu secara ekonomi dan estetik.

    Kenapa demikian? Banyak orang orang yang tinggal di apartmen atau rumah konvensional yang bagian tertentu terbuat dari kayu.  Mereka kebanyakan tidak menyadari akan adanya serangan rayap.

    Sehingga dalam jangka waktu beberapa tahun si rayap sudah beranak pinak menjadi banyak sehingga menyebabkan banyak nya kerusakan pada bagian rumah yang terbuat dari bahan kayu .

    Dalam kesempatan kali ini penulis akan coba berbagi tips cara membasmi rayap Nah, disini saya akan coba bahas dari awal kedatangan rayap hingga cara menumpas nya .

    Klasifikasi rayap

    Pada dasarnya, rayap dapat diklasifikasikan berdasarkan tempat hidupnya. Mereka adalah rayap tanah (hidup di tanah), rayap kayu yang hidup di kayu.

    Diantara dua jenis rayap ini, sebenarnya ada hal unik dimana kehidupan rayap ini memiliki pola unik dan berbeda dari kita, yaitu koloni dengan berbagai kasta.

    Kasta ini terbagi menjadi tiga, yaitu :

    1. kasta reproduksi : Untuk kasta ini hanya diisi oleh 1 jenis rayap, yaitu sang ratu. Dimana tugas ratu ini sebagai reporduktif/bertelur guna kelangsungan hidup 1 koloni. Uniknya si ratu ini mampu bertelur setiap 3 detik dengan total telur per hari sebanyak 50 ribu butir.

    2. Kasta pekerja : Tugas dari kasta ini adalah untuk mencari makan. Simpelnya si rayap ini sukanya mengkonsumsi kayu yang memiliki kandungan selulosa.

    3. Kasta prajurit : tugas utama dari kasta prajurit ini ialah untuk melindungi sarang koloninya dari predator . 

    Cara mengendalikan / membasmi rayap 

    Salah satu cara yang paling aman dan baik adalah dengan cara mengindari produk produk yang terbuat dari kayu. Karena pada dasarnya ketika kita membeli produk furnitur, kita tidak dapat mengetahui apakah sudah diberi anti rayap sebelumnya, atau juga apakah kayu sudah terdapat rayap sebelum nya.

    Melakukan langkah prevfentif bisa juga menjadi pilihan, misal ketika sobat hendak membangun rumah ada baik nya lakukan treatmen dengan anti rayap terlebih dahulu .

    Menggunakan buah bintaro

    Walaupun beracun, buah bintaro ini memiliki banyak manfaat. Salah satunya dapat digunakan untuk memusnahkan rayap dari rumah anda.

    Cara menggunakannya pun cukup mudah. Sobat hanya perlu cari buah ini di sekitar rumah anda, ambil 500 gram buah bintaro, sediakan 500 ml air bersih lalu blender keduanya hingga tercampur merata.

    Diamkan hasil blenderan tadi hingga 1 minggu, lalu setelah itu saring serta pisahkan ampas buah bintaro, jadikan sebagai bahan semprotan untuk kemudian digunakan menyemprot lokasi yang ada rayapnya .

     

    Menggunakan daun mint

    Daun mint memang cukup familiar digunakan dalam berbagai produk keperluan manusia, sebut saja makanan dan pasta gigi .

    Mint juga bisa jadi anti rayap alami. Nggak cuman rayap, mint juga mampu mengusir serangga jenis lain, lho. Selain berfungsi sebagai anti rayap, mint juga bisa memperindah rumah kamu.

     

    Menggunakan bawang putih

    Sudah menjadi pengetahuan umum bawang putih sejak jaman dulu selain sebagai penyedap masakan sudah seringkali digunakan untuk bahan alami menangkal segala jenis serangga, termasuk disini serangga rayap.

    Untuk menangkal rayap, sobat bisa membuat ramuan semprotan berbahan dasar hasil blenderan bawang putih. Hancurkan bawang putih dan potong kecil-kecil. Campurkan dengan air dan diamkan selama kurang lebih enam jam. Saring untuk memisahkan ampasnya dan tambahkan sabun pencuci piring secukupnya. Semprotan anti rayap dari bawang putih pun sudah jadi dan siap digunakan.

     

    Basmi rayap dengan menggunakan solar

    Selain memanfaatkan bahan bahan alami diatas, mengendalikan hawa rayap juga dapat menggunakan solar .

    Cara nya juga terbilang simpel, cukup oleskan saja solar ke berbagai bagian rumah yang terbuat dari kayu, seperti kusen, pintu, jendela, kerangka atap , lemari dll.

     

    Menggunakan air garam

    Bahan alami lain yang sobat dapat gunakan untuk membasmi rayap adalah dengan menggunakan air rendaman garam.

    Cara satu ini terbilang cukup ramah lingkungan, sebab air garam tidak mengotori rumah maupun perabotan dikarenakan cepat kering dan tidak membekas .

    Caranya, cukup sediakan air lalu masukan garam untuk didiamkan selama 24 jam. Setelah itu jadikan air rendaman tadi sebagai bahan semprotan keseluruh bagian rumah yang terindikasi ada rayapnya.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.