x

Sekelompok warga melintasi Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, memakai masker antisipasi wabah virus corona. Tempo/Hilman Fathurrahman W

Iklan

Robianda Agustin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 21 Juli 2020

Rabu, 22 Juli 2020 10:24 WIB

Menuju New Normal, Apa yang Perlu Dipersiapkan?

Sudah hampir 5 bulan pandemi Covid-19 melanda Indonesia terhitung sejak 2 Maret 2020. Corona menyebar luas ke 34 Provinsi yang ada di Indonesia. Hingga hari ini dilansir dari worldmeters, Indonesia masuk dalam 10 besar kasus positif terbanyak di Asia. Dan sekarang pemerintah siap terapkan new normal. Masyarakat harus bekerja, beraktivitas, dan produktif di luar rumah. Untuk tetap aman dari Covid-19 perlu disiplin diri dengan mentaati protokol kesehatan Beberapa hal yang harus dipersiapkan saat berada diluar rumah, adalah sebagai berikut:

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sudah hampir 5 bulan pandemi Covid-19 melanda Indonesia terhitung sejak 2 Maret 2020. Pada saat itu Presiden Jokowi mengumumkan ada dua orang yang positif terjangkit virus corona di Indonesia. Hingga hari ini dilansir dari worldmeters, Indonesia masuk dalam 10 besar kasus positif terbanyak di Asia.

Corona menyebar luas ke 34 Provinsi yang ada di Indonesia, termasuk juga salah satunya Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Dimana hal tersebut membuat panik masyarakat Bangka Belitung, karena dengan kondisi provinsi yang bisa dibilang sangat kecil membuat masyarakat berfikir bahwa virus akan sangat mudahnya menyebar.

Tapi kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan yang dianjurkan dalam rangka pencegahan penyebaran rantai virus corona, dapat membantu pemerintah. Khususnya para tenaga medis dalam menghadapi Covid-19 ini.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dan sekarang pemerintah siap terapkan new normal di tengah pandemi virus corona ini. Masyarakat harus bekerja, beraktivitas, dan produktif diluar rumah. Untuk tetap aman dari Covid-19 kita harus menerapkan disiplin diri dengan mentaati protokol kesehatan

Beberapa hal yang harus dipersiapkan saat berada diluar rumah, adalah sebagai berikut:

Rajin mencuci tangan.

Panduan cara mencuci tangan yang baik dan benar menjadi imbauan yang terus disosialisasikan. Untuk menjaga kebersihan mencuci tangan harus menggunakan sabun dan air mengalir.

Ada tujuh langkah mencuci tangan menurut anjuran WHO, yakni meliputi telapak tangan, punggung tangan, sela-sela jari, kuku, hingga pangkal jari. Dan apabila dalam kondisi tertentu tidak ada air dan sabun atau tidak dapat menggunakan air dan sabun untuk membersihkan tangan, solusi lainnya adalah menggunakan hand sanitidzer.

Hindari Menyentuh wajah

Menghindari menyentuh wajah, khususnya mata, hidung, dan mulut, dalam kondisi tangan yang belum bersih.

Gunakan masker
Saat merasa memiliki gejala sakit atau gangguan pernapasan, gunakan masker medis saat keluar rumah atau berintraksi dengan orang lain. Untuk menghindari tertular, bagi anda yang sehat juga dianjurkan untuk menggunakan masker non-medis atau masker kain.

Jaga jarak sosial

Agar terhindar dari paparan virus corona yang mewabah seperti saat ini, maka perlunya selalu menjaga jarak dengan orang minimal 1 meter. Physical distancing atau jaga jarak ini dihimbau agar masyarakat tidak mendatangi kerumunan.

Isolasi mandiri

Hal ini dilakukan bagi yang merasa tidak sehat, seperti memiliki beberapa gejala sakit, yakni demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan atau sesak napas. Saat merasa hal yang demikian maka secara sadar melakukan isolasi mandiri dirumah.

Menjaga kesehatan

Selama berkegiatan diluar rumah, pastikan kesehatan fisik selalu terjaga dengan berjemur dibawah sinar matahari pagi selama beberapa menit, mengkonsumsi makan bergizi, dan melakukan olahraga ringan.
Selalu membawa alat makan dan botol minum pribadi. Membawa perlengkapan idabah pribadi saat hendak solat berjamaah di masjid

Ikuti tulisan menarik Robianda Agustin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler