x

Gambar oleh Milada Vigerova. Pixabay.com

Iklan

Achmad Luqman Chakim

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 28 Juli 2020

Minggu, 9 Agustus 2020 06:29 WIB

Geografi : Pengertian, Konsep, Sejarah, dan Prinsip


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pengertian Geografi -  Geografi adalah salah satu cabang yang paling dipelajari di dunia. Hanya Tidak bahwa geografi juga banyak diminati oleh banyak orang sehingga sangat menarik untuk dipelajari.

Selain itu, ia juga telah mempelajari geografi tanah sehingga banyak ilmuwan yang tertarik dalam belajar. Nah, jika kita bisa melihat apa artinya, itu benar-benar masuk akal geografi bervariasi banyak tapi tujuan dan esensi tetap sama.

Jadi, bagi anda yang ingin mengetahui definisi, konsep, prinsip, jenis, hingga pendekatan geografi. Segera, berikut ini adalah pemahaman geografi dengan penjelasan.

Pengertian Geografi

seperti yang anda lihat dan mungkin memahami penjelasan di atas. Geografi juga mempunyai banyak makna, tetapi juga maksud dan intipati adalah sama.

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

Oleh karena itu, untuk orang-orang yang ingin tahu arti dari geografi itu seperti, berikut ini adalah pemahaman geografi dari beberapa ahli di dunia. Berikut penjelasannya.

1. Pengertian Geografi Menurut Ullman

Para ahli yang pertama telah menemukan ilmu geografi Ullman. Ullaman mana seorang ilmuwan pada tahun 1954 dan telah menyatakan pemahaman mereka tentang geografi. Di mana geografi adalah interaksi antara runag.

Memahami bahwa itu diungkapkan tentu sangat singkat, tetapi maknanya sangat baik bahwa geografi telah menyatakan bahwa ini berhubungan langsung dengan ruang di permukaan langsung dengan ruang yang berada di permukaan bumi.

2. Pengertian Geografi Menurut Lobeck

Para ahli kedua yang telah memperkenalkan gagasan geografi kedua adalah Lobeck, yang mengatakan bahwa geografi adalah studi atau ilmu yang berkaitan dengan hubungan - hubungan yang ada antara kehidupan di bumi dengan lingkungan fisik.

3. Pengertian Geografi Menurut Imanuel Kant

Ahli berikutnya adalah Emmanuel Kant, yang adalah seorang ilmuwan terkenal yang ada di dunia ini. Hal ini juga memberikan pendapat tentang definisi ilmu yang geografi. Di mana geografi adalah ilmuyang mana objek - objek ada adlah benda, hal, atau gejala yang memperpanjang secara langsung pada daerah di permukaan bumi.

4. Pengertian Geografi Menurut Claudis Plotomaneus

Para ilmuwan diikuti adalah claudis ilmiah Plotomaneus juga dikenal oleh banyak orang dan dunia, para ilmuwan juga telah menyediakan pemahaman geografi, sesuai dengan apa geografi diperkenalkan melalui peta bagian yang di permukaan bumi

5. Pengertian Geografi Menurut Hartshorne

Pada tahun 1960, Hatshorne juga telah menyatakan pandangannya pada pemahaman geografi. Di mana geografi adalah ilmu yang mengacu mampu memberikan deskripsi - deskripsi yang begitu sadar, rasional dengan sifat yang tidak teratur dari variabel-variabel yang ada di muka bumi ini.

Dengan demikian, atas informasi tertentu tentang pemahaman geografi para ahli mengatakan Anda bisa melihat. Bahkan, jika Anda melihat dari rasa dan makna, tentu saja, sangat bervariasi, tetapi tujuan dan maksud adalah sama seperti di bumi ini.

Konsep Geografi

Setelah membahat sebelumnya tentang geografi dalam pengertian umum dan rasa menurut beberapa ahli, kali ini hanya membahas tentang konsep geografi. Geografi adalah sebuah konsep desain atau deskripsi dari objek, proses atau hal yang berkaitan dengan ilmu geografi.

Konsep Geografi adalah unsur yang sangat penting dalam memahami fenomena dan peristiwa yang baik geografi dan sifat sosial. Penjelasan dari konsep geografi itu sendiri selalu dikaitkan dengan hubungan, tawaran, fungsi, bentuk, pola, dan terjadinya geografi. konsep geografi Seminar Lokakarya menurut Asosiasi Indonesia Geografer (Semlok GII) di Semarang pada tahun 1988 terdiri dari 10 item.

Berikut adalah 10 konsep geografi lengkap dengan deskripsi:

1.Lokasi

Lokasi atau biasa disebut desain adalah tempat di mana keberadaan link ke sebuah objek di muka bumi. Oleh karena itu, jika kita berbicara secara umum, konsep lokasi dapat dibagi menjadi dua lokasi absolut dan lokasi relatif.

Lokasi absolut - lokasi absolut adalah lokasi di daerah yang telah melihat dari garis ukut saja.

lokasi relatif - definisi lokasi relatif dari tempat atau lokasi yang dapat dilihat dari daerah lain yang berada di dekat.

2. Jarak

Jarak juga dapat dikatakan termasuk dalam salah satu dari dasar-dasar keputusan geografi. Dimana dalam kisaran ini kehidupan mereka memiliki arti yang sangat penting. Oleh karena itu, jiika dilihat secara umum, konsep jarak dibagi menjadi dua jenis jarak absolut dan jarak relatif

jarak absolut - jarak dalam jarak absolut atau mutlak disebut jarak geometrik dinyatakan sebagai satuan panjang adalah meter (m) dan kilometer (km). konsep pada jarak ini memiliki sifat tetap dan tidak dapat mengubah - ubah.

jarak relatif - jarak relatif adalah jarak waktu diukur dalam satuan waktu seperti hari, jam, detik, menit ke yang lain. Konsep jarak ini dapat bervariasi tergantung pada kondisi tertentu.

3. ketergantungan

Selain itu, konsep geografi nomor 3 adalah ketergantungan. Dimana niat ketergantungan sini adalah kemudahan akses ke mil untuk sampai ke titik. Jika diartikan, dengan kata lain jarak dapat dicapai dengan sangat baik naik dari satu daerah ke daerah yang lain.

4. Pola

Dalam geografi tentu mereka memiliki pola atau disebut juga pola. Ketika pola ini adalah bentuk, struktur, dan distribusi fakta dan fenomena yang ada di bumi, baik fenomena alam dan gejala sosial.

5. Geomorfología

Geomorfologi adalah ilmu yang telah mempelajari tentang bentuk permukaan bumi. Dalam geografi itu sendiri tidak pernah meninggalkan bentuk permukaan bumi, seperti dataran, pegunungan, lembah-lembah bukit sehingga dapat menyebabkan permukaan bumi menjadi objek studi geografi.

6.Argolomasi

Aglomerasi konsep ini sendiri memiliki makna yang mana kecenderungan menuju pengelompokan fenomena yang terkait langsung dengan aktivitas manusia di bumi. kelompok jenis ini adalah untuk melakukan apa yang salah satu objek studi geografi.

7. Nilai Kegunaan

Gunakan nilai dapat dinyatakan tidak ada hubungannya dengan konsep geografi. Ketika nilai utilitas ini adalah manfaat yang diberikan kepada daerah yang ada di bumi, terutama dalam hal-hal yang hidup dan tidak akan pernah sama pada semua orang.

Tidak hanya itu, manfaat yang telah terjadi secara alami adalah sangat reaktif dan oleh karena itu memiliki potensi untuk mendukung pengembangan daerah tertentu.

8. Interaksi atau saling ketergantungan

Tujuan dari interaksi atau interdependi memang hubungan yang dapat mempengaruhi satu sama lain dalam gejala dengan gejala lainnya. Jika kita melihat dari definisi lain yang menyertakan link dan keterggantungan di daerah dengan daerah lain untuk bertemu orang lain untuk kebutuhan sehari-hari.

9. diferensiasi Arel

Konsep diferensiasi spasial adalah fenomena yang sangat berbeda di mana mereka berada di suatu tempat di tempat lain. Menghormati Daerah ini juga telah dibandingkan di dua daerah untuk dapat menunjukkan adanya perbedaan yang terjadi antara satu daerah dengan daerah lain, karena setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri akan atau bisa disebut unik.

10. Ruang Linkage

Untuk konsep geografi yang terakhir adalah rasio ruang, rasio ruang adalah hubungan langsung antara fenomena terkait dengan faktor-faktor lain, mengakibatkan hubungan spasial. Hal ini dapat menyebabkan penyebab dan dampak yang terjadi antara daerah ini.

Prinsip Geografi

Geografi adalah studi tentang fenomena fisik dan manusia di bumi. Ada banyak cabang geografi di lingkup geografis telah mencakup banyak aspek dari potongan, serta geografi. Dalam geografi itu sendiri juga memiliki empat prinsip geografi. prinsip - prinsip cakupan geografis, prinsip difusi (distribusi), pasangan (interaksi), pengambaran (deskripsi), dan yang terakhir adalah gabungan (korologi)

Berikut ini adalah penjelasan dari prinsip-prinsip geografi, yang terdiri dari

propagasi 1. Prinsip atau distrbutor

Prinsip pertama dari geografi yang prinsip pengungkapan atau distribusi disertakan dan salah satu yang paling penting dan deografi prinsip-prinsip pertama. Fungsi ini penyebaran awal umumnya digunakan untuk meneliti fenomena dan gejala geografi sudah tersebar di permukaan bumi, baik tidak merata atau tidak rata.

Pada awal penyebaran atau distributor fokus pada fenomena geografi, di mana fenomena tersebut dapat memeriksa yang sama pada tanaman, hewan dan manusia dan pemandangan alam. Tujuan lain yang dapat digunakan pada distributor atau penyebaran prinsip ini adalah untuk mengungkapkan hubungan yang telah terjadi dalam fenomena dengan fenomena lain yang dapat sepenuhnya dilakukan bahkan secara merata.

2. Prinsip link atau hubungan timbal

Prinsip berikut adalah prinsip sendi atau hubungan timbal balik. Dimana fungsi dari prinsip ini dapat digunakan untuk memilih hubungan yang saling berhubungan dengan gejala-gejala yang ada gejala dengan gejala lain dari geografi, tetapi tetap salah satu kamar.

Tujuan dari asosiasi ini adalah prinsip yang dapat berfungsi untuk dapat menguraikan hubungan yang ada di ruang antara gejala gejala dengan gejala lain juga. Untuk ini kita perlu hubungan yang intertwines antara manusia dan alam yang memerlukan prinsip-prinsip tertentu dari hubungan ini, atau dapat dianggap sebagai kausal.

Prinsip ini akan mungkin keterkaitan antara manusia satu manusia lain, sifat manusia dengan alam dengan alam.

3. Prinsip representasi atau deskripsi

Fungsi dari prinsip-prinsip ini dapat digunakan untuk memberikan penjelasan yang lebih rinci dari gejala adalah bagaimana di bumi dapat diamati. Pada prinsipnya, perkembangan ini dapat memberikan penjelasan lebih dalam tentang bagaimana karakteristik gejala geografi tertentu.

4. Prinsip atau gabungan Korologi

Tujuan dari prinsip ini dikombinasikan atau korologi untuk memeriksa atau mempertimbangkan tentang gejala, fakta-fakta, sehingga ada masalah di suatu tempat untuk menjadi dalam hal jangkauan, interaksi, hubungan timbal balik sehingga integrasi mereka ke dalam ruang yang diberikan.

Aspek Geografi

Berikut ini adalah diskusi tentang aspek geografi, serta jenis dan penjelasan lengkap, hanya berikut adalah penjelasannya.

fisik 1.Aspek

Aspek fisik merupakan aspek yang telah meninjau semua fenomena geografis membentuk geosfer telah mampu mempengaruhi kelangsungan hidup manusia itu sendiri. Aspek fisik terdiri dari beberapa aspek: kimia, biologi, astronomi, dan semua fenomena alam dapat diamati secara langsung.

Ada tiga (3) jenis aspek fisik, yaitu, penampilan topografi, aspek aspek biotik dan abiotik. Berikut ini adalah berbagai fisik, serta penjelasan lengkap.

untuk. aspek topografi

Aspek topografi geografi fisik merupakan aspek yang telah dikaitkan dengan lokasi atau lokasi dari area spesifik. Secara keseluruhan, aspek topografi ini telah dibahas pada isu-isu yang berkaitan dengan lokasi daerah dan letah Negara dari muka permukaan bumi dan batas-batas daerah yang memiliki karakteristik tertentu.

Iya. biotik

Aspek biotik adalah jenis aspek fisik geografi makhluk hidup. Secara umum, aspek biotik membahas tentang isu-isu yang berkaitan dengan unsur tanaman, unsur kajiang hewan Serja populasi.

C. aspek abiotik

tidak ada aspek biotik pengetahuan geografi fisik yang berkaitan dengan tanah dan air dari suatu daerah. Secara umum, non-biotik membahas unsur-unsur masalah tanah, hidrologi baik perairan darat dan laut dan kondisi cuaca di wilayah tertentu.

2. Aspek Sosial

Selain aspek fisik, ada juga aspek geografis makan aspek sosial serta aspek-aspek non-sosial. Memahami aspek sosial umumnya aspek geografis adalah fenomena yang terjadi di geosfer yang masih berkaitan dengan aktivitas manusia.

Tujuan dari aspek sosial adalah untuk mengetahui pola hubungan manusia dengan lingkungan. Aspek sosial ini mungkin termasuk sosial, ekonomi, politik dan budaya. Berikut ini adalah berbagai aspek kehidupan sosial dan deskripsi sepenuhnya.

untuk. Aspek sosial

Aspek sosial adalah semacam aspek sosial geografi yang mungkin terkait dengan unsur-unsur sosial lainnya. Secara keseluruhan, aspek sosial adalah isu-isu yang berkaitan dengan unsur-unsur tradisi, adat istiadat, masyarakat, masyarakat sipil dan lembaga-lembaga sosial di dunia.

Iya. aspek ekonomi

Aspek ekonomi merupakan aspek geografi sosial yang mungkin berhubungan dengan hal-hal ekonomi. Secara keseluruhan, aspek ekonomi adalah tentang hal yang berkaitan dengan unsur-unsur pertanian, perkebunan, pertambangan, industri, perikanan, perdagangan, transportasi dan pasar.

Aspek C. Budaya

aspek budaya ini merupakan aspek geografi sosial pada unsur-unsur sosial budaya. Secara umum, membahas aspek budaya masalah yang berhubungan dengan unsur pendidikan, agama, bahasa, seni, dan keragaman budaya lainnya.

kembali. isu-isu politik

Aspek politik merupakan aspek geografi sosial yang terkait dengan unsur politik. Secara umum, aspek politik tentang isu-isu yang berkaitan dengan unsur pemerintah yang telah terjadi dalam kehidupan masyarakat.

Sumber referensi :restuemak.com

Ikuti tulisan menarik Achmad Luqman Chakim lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu